15 Fakta Menarik Tentang Antartika (Kutub Selatan)


15 Fakta Menarik Tentang Antartika (Kutub Selatan)
Benua Antartika adalah benua yang dingin dan besar. Wilayahnya mencakup lebih dari 5,4 juta mil persegi dan ini menjadikannya benua terbesar kelima di dunia.

Benua ini terletak hampir seluruhnya di Lingkaran Arktik, yang berarti bahwa suhu secara konsisten di bawah nol pada sebagian besar tahun. Kondisi seperti itu membuat kehidupan relatif jarang dibandingkan dengan daerah lain di dunia.

Tidak heran, bagi banyak pengamat yang tidak brpengalaman benua ini tampak sepi, tetapi sebenarnya tidak. Cukup banyak spesies hewan yang mampu bertahan dan hidup dalam kerasnya hawa dingin disana.

Antartika hingga saat ini masih dianggap misterius dan mengundang keingintahuan banyak kalangan, mulai dari peneliti, pengamat, dan banyak lagi. Hal itu disebabkan masih belum banyaknya pengetahuan yang didapat dibandingkan benua-benua lainnya  Ditambah dengan banyak hal-hal menarik yang masih belum terjelaskan tentang bagaimana bisa terjadi.

Ada beberapa fakta menarik tentang Antartika yang beberapa di antaranya tidak terbayangkan sebelumnya. Ada juga yang justru bertentangan dengan logika dan bayangan orang tentang sebuah wilayah yang sepanjang tahun ditutupi es

Beberapa fakta menarik tentang Antartika itu adalah sebagai berikut .

Fakta Menarik Tentang Antartika

1. Lembah Kering (Dry Valleys) di Antartika adalah tempat terkering di bumi. Dengan kelembaban yang sangat rendah di bagian benua ini, bahkan salju dan es tidak bisa menumpuk disana, yang membuat lembah hanya hamparan tanah berdebu.

2. Antartika adalah, rata-rata, tempat berangin paling kencang di Bumi. Ilmuwan yang mengeksplorasi daratan selatan ini telah melaporkan kecepatan angin yang telah mencapai hingga 200 mil per jam.

3. Lapisan es Antartika adalah satu-satunya es terbesar di dunia dan bisa mencapai empat mil. Benua ini secara keseluruhan mengandung sekitar 90% dari es di planet ini dan sekitar 70% dari total air tawar di Bumi!

4. Para ilmuwan mengklaim bahwa jika Lapisan Es Antartika Barat meleleh, akan meningkatkan permukaan laut secara global sekitar 16 kaki.

5. The Ross Ice Shelf - lapisan es terapung yang membentang dari daratan utama benua - mencakup lebih dari 197.000 mil persegi dan merupakan lapisan es terbesar yang pernah ditemukan.

6. Meskipun Antartika ditutupi es, sebenarnya Antartika memegang rekor sebagai salah satu pegunungan terbesar di dunia - Pegunungan Gamburtsev, yang membentang lebih dari 750 mil. Puncak tertingginya diperkirakan sekitar 9.000 kaki, atau sekitar sepertiga puncak gunung tertinggi di Bumi: Gunung Everest.

7. Fitur geografis menarik lainnya yang tersembunyi di balik lapisan es adalah Danau Vostok, danau air tawar yang terkubur di bawah 2,5 mil air beku. Danau ini berukuran seukuran Danau Ontario dan merupakan salah satu dari lebih 200 jenis aliran air yang telah ditemukan di bawah es.

8. Sementara Grand Canyon sebagian besar dianggap sebagai retakan terbesar di planet ini, para ilmuwan menemukan parit lain di Antartika yang dapat menandingi salah satu ciri alami Amerika itu. Ngarai yang tidak disebutkan namanya ditemukan pada ekspedisi 2010 dan luasnya 62 mil, lebarnya lebih dari 6 mil, dan mencapai kedalaman lebih dari 1 mil. Para ilmuwan berspekulasi bahwa hal itu bisa lebih besar lagi, namun eksplorasi lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari batasan sebenarnya dari keretakan masif ini.

9. Antartika adalah rumah bagi Gunung Erebus - gunung berapi paling selatan yang aktif di dunia - dan juga satu-satunya danau lava yang dikenal. Gunung ini menyimpan magma cair selama ribuan tahun meskipun dalam lingkungan yang dingin.

10. Ada 30 negara berbeda yang mengoperasikan 80 stasiun penelitian yang berada di sekitar benua tersebut. Manusia yang menempati fasilitas ini berjumlah sekitar 4.000 selama bulan-bulan musim panas dan hanya sekitar 1.000 selama musim dingin yang panjang dan keras.

11. Pada bulan Januari 1979, Emile Marco Palma menjadi manusia pertama yang lahir di Antartika. Sejak saat itu, hanya sepuluh orang lainnya yang lahir di benua ini.

12. Karena kemiringan bumi, matahari tidak naik di Antartika dari ekuinoks vernal ke equinox musim gugur, yang berarti benua ini tetap gelap sepanjang musim dingin secara keseluruhan.

13. Sebaliknya, selama bulan-bulan musim panas, matahari tidak terbenam di Antartika, yang berarti ia benar-benar menerima lebih banyak sinar matahari daripada khatulistiwa selama jangka waktu tersebut.

14. Pada bulan Maret 2000, sepotong es terlepas dari  Ross Ice Shelf. Pecahan es ini panjangnya 170 mil dan lebar 25 mil - kira-kira seukuran negara bagian Connecticut.

15. Deep Lake di Antartika sangat asin sehingga tidak bisa membeku, bahkan pada suhu serendah -4

Nah, itulah 15 fakta menarik tentang wilayah Antartika.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates: