Bus Terpanjang di Dunia Saat Ini : Autotram Extra Grand

Bus Terpanjang di Dunia ; Autotram Extra Grand
Foto : Daily Mail
Autotram Extra Grand sementara ini masih merupakan bus terpanjang di dunia yang operasional. Walaupun demikian, gelar ini seperti sebentar lagi akan segera berpindah karena Volvo Brazil sudah mengelurkan chasis dari Volvo Artic 300 yang melebihi bus ini.

Autotram diluncurkan pada tahun 2012 di Dresden. Bus ini merupakan bus gandeng yang terdiri dari 3 buah kompartemen. Panjangnya mencapai 100 feet atau sekitar 30.73 meter. Bus terpanjang di dunia saat ini memiliki 2 titik mirip sendi yang membuatnya mampu berbelok dengan baik.

Bus terpanjang di dunia ini mampu mengangkut 256 orang dalam sekali angkut.

Kendaraan yang merupakan hasil Fraunhofer IVI, Universitas Dresden dan Wittur Electric Drive GmbH ini menggunakan tenaga yang berasal dari 2 mesin diesel. Meskipun demikian, bus ini juga memiliki cadangan tenaga yang berasal dari baterai lithium-ion.  Penggunaan dua sumbe rtenaga ini menjadikannya bus hibrida.

Posisinya sebagai bus terpanjang di dunia akan segera berakhir ketika Artic 300 hasil produksi Volvo Brazil keluar. Bus ini akan memiliki panjang 101 feet, sedikit lebih panjang dari Autotram. Kapasitasnya lebih besar karena bisa menampung 300 orang sekali jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel