Jembatan Terpanjang di Dunia - Grand Danyang Kunshan

Jembatan Terpanjang di Dunia - Grand Danyang Kunshan
Foto : Telegraph.co.uk
Gelar jembatan terpanjang di dunia saat ini, tahun 2018 dipegang oleh sebuah jembatan di negara Cina (Tiongkok). Namanya Jembatan Grand Danyang Kunshan.

Jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 164.9 kilometer. Namanya diambil dari dua buah nama kota yang menjadi ujung bagi jembatan itu, yaitu kota Danyang di Barat dan Kunshan di Timur. Bentangan jembatan ini secara total melintasi 4 kota, Danyang-Changzhou-Wuxi-Kunshan.

Grand Danyang Kunshan posisinya paralel dengan salah satu sungai utama di negara itu, yaitu Sungai Yangtze. Keparalelannya dimulai pada kilometer ke 8 hingga ke 80.

Sebagian badan jembatan berada di atas air, yaitu sepanjang 9 kilometer di atas Danau Yangcheng, Suzhou.

Pembangunannya dilakukan antara tahun 2010-2011. Jumlah pekerja yang dilibatkan juga raksasa, yaitu mencapai 10,000 orang. Biaya yang dihabiskan tidak kalah besarnya, yaitu US$ 8.5 Milyar yang kalau dikonversi dalam rupiah tahun 2018, nilainya sama dengan kurang lebih 117 triyun rupiah.

Jembatan terpanjang di dunia ini juga didesain untuk sanggup menahan gempa berukuran 8 skala Reichter, angin topan, dan hantaman  kapal seberat 300,000 ton.

Cina sendiri diketahui memiliki 7 dari 10 buah jembatan terpanjang yang ada di dunia. Grand Danyang Kunshan adalah yang terpanjang dari semua kategori jembatan menurut Guinness World Record.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel