Jika Ingin Foto Pemandangan Bagus Pastikan Garis Horison Lurus

Jika Ingin Foto Pemandangan Bagus Pastikan Garis Horison Lurus
Pantai Klara Lampung
Foto pemandangan adalah salah satu jenis foto yang paling banyak beredar di dunia maya. Pembuatnya beragam mulai dari yang tidak tahu apa-apa tentang fotografi hingga fotografer berkaliber internasional pastilah pernah membuat foto jenis ini.

Pemandangan memang sebuah obyek yang paling banyak dipotret, selain bunga tentunya, karena biasanya orang tergerak hatinya saat berhadapan dengan kenidahan. Apalagi bila seseorang sedang berwisata, pastilah salah satu hal pertama yang akan dijadikan sasaran kameranya adalah pemandangan sebuah tempat.

Sayangnya, banyak sekali foto pemandangan tidak enak dilihat. Keindahan yang ingin disampaikan tidaklah terasa pada hati hal yang melihat.

Biasanya hal itu terjadi karena sang pemotret lupa, atau memang tidak tahu, satu hal sederhana, yaitu bahwa garis horison dalam foto sebaiknya lurus.

Bagi yang tidak mengerti apa itu garis horison, intinya adalah garis imajiner yang terbentuk dari pertemuan langit dengan daratan. Bisa lihat contohnya di foto di atas dan tebaklah sendiri yang mana garis horison.

Mengapa garis horison pada foto lanskap sebaiknya lurus?

Pertama : disadari atau tidak mata manusia itu menyukai garis-garis simetris dan teratur

Kedua : bumi ini tidak miring dan apa yang dilihat mata manusia saat melihat pemandangan pun bukanlah sebuah garis yang miring, tetapi lurus dan datar. Dari sanalah "keindahan" sebuah pemandangan mulai tertangkap mata manusia.

Ketiga : leher akan pegal kalau melihat foto yang miring padahal garis horison itu adalah yang memberikan kesan lurus atau miring

Cobalah cari kebanyakan foto lanskap atau pemandangan karya fotografer terkenal, maka akan terlihat bagaimana mereka menjaga betul agar kelurusan garis horison terjaga dan tidak bergeser semilipun. Itu karena mereka menyadari sekali betapa pentingnya sebuah garis horison yang lurus bagi sebuah foto pemandangan.

Jadi, pastikan saja , sebelum menekan tombol shutter release, garis horisonnya tidak condong ke kanan atau ke kiri. Hal itu bisa menjadi penentu apakah yang keluar dari mulut teman, tetangga, atau saudara yang melihat foto "WOOWW" atau "YAHHH".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel