Orang Amerika Memakai Sedotan Plastik 2 1/2 Kali Keliling Bumi Setiap Hari

Orang Amerika Memakai Sedotan Plastik 2 1/2 Kali Keliling Bumi Setiap Hari

Orang Amerika Memakai Sedotan Plastik 2 1/2 Kali Keliling Bumi Setiap Hari

Sebuah fakta yang mencengangkan memang. Orang Amerika memakai sedotan plastik 2 1/2 kali keliling bumi setiap harinya.

Heran?

Bayangkan saja rata-rata sedotan plastik panjangnya sekitar 20 centimeter. Nah, orang-orang disana memakai sedotan plastik sebanyak kurang lebih 500 juta buah perhari.

Kalau semua sedotan itu disambung, maka akan dihasilkan angka : 500.000.000 X 0.2 M = 100.000.000 M atau 100.000 Km. Itulah panjang total dari 500 juta sedotan plastik kalau disambung pada ujungnya.

Sedangkan keliling bumi hanya 39,931 Km saja. Bila dibulatkan menjadi 40.000 Km, maka panjang sedotan plastik tadi adalah 2 1/2 kali keliling bumi.

Dan, ini setiap hari (sumber di sini)

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena plastik, yang merupakan bahan bakunya, adalah musuh utama lingkungan. Plastik sulit terurai secara alami. Butuh waktu puluhan tahun untuk plastik bisa terurai dan kalaupun bisa akan menghasilkan bahan beracun yang mencemari tanah.

Bahaya plastik juga mengancam kehidupan satwa. Banyak penyu mati karena mereka memakan sampah sedotan plastik yang dibuang ke lautan. Warnanya yang menarik membuat hewan-hewan ini menyangkanya sebagai makanan.

Setelah hewan-hewan itu mati dan kemudian membusuk, sampah plastiknya pun akan terlepas dan kemudian kembali mencemari lingkungan.

Itulah mengapa banyak kampanye digalakkan terutama di negara-negara maju untuk menekan laju penggunaan sedotan plastik. Para penggiatnya mengatakan manusia , kecuali anak kecil dan keperluan medis, tidak memerlukan sedotan untuk minum. Mereka bisa melakukannya langsung dari cangkir atau gelas.

Banyak bar di negara-negara maju mulai menghentikan pemberian sedotan plastik kepada pelanggan mereka dengan tujuan mengurangi pemakaiannya.

Bagaimana dengan Anda? Masih menggunakan sedotan plastik untuk minum?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar