Stout Scarab ; Nenek Moyang Minibus/Minivan

Stout Scarab ; Nenek Moyang Minibus/Minivan

Stout Scarab ; Nenek Moyang Minibus/Minivan
Foto karya Michael Furman
Minibus atau minivan adalah salah satu jenis mobil yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Mayoritas keluarga di Indonesia yang berjumlah banyak serta kedekatan antar mereka sering menjadi alasan seseorang untuk memilih kendaraan yang besar dan cukup untuk mengangkut semua anggota keluarga. Itulah mengapa mobil minivan, atau minibus di Indonesia merupakan tipe kendaraan yang banyak dipilih.

Meskipun demikian, bukan itu alasan William Bushnell Stout, seorang insinyur kendaraan bermotor dan penerbangan, saat melahirkan ide tentang sebuah mobil yang termasuk pelopor kendaraan minibus/minivan di dunia. Ia ingin menggabungkan antara kemewahan dan kenyamanan dalam bertransportasi saat melahirkan Stout Scarab. Itulah mengapa mobil ini dihargai pada tahun 1930-1940 dengan bandrol yang lumayan tinggi US$ 5000 (sekitar US$ 80 ribu tahun 2010).

Stout Scarab adalah sebuah mobil yang bisa disebut modern dan inovatif pada masanya. Mobil ini dilengkapi dengan sebuah mesin Ford V-8 yang sudah maju saat itu. Bentuknya mirip sekali dengan minivan atau minubus di masa sekarang yang memiliki chasis panjang.

Pencetus idenya sendiri membuat kendaran ini panjang karena idenya adalah menjadikan mobil ini sebagai kantor berjalan. Oleh karena itu kenyamanan sangat diperhitungkan saat membuatnya.

Mobil ini tidak diproduksi oleh perusahaan mobil besar, seperti Ford, Chrysler atau General Motor. Produsennya adalah perusahaan milik William Stout sendiri, yaitu Stout Engineering Laboratories yang kemudian menjadi Stout Motor Car Company.

Stout Scarab tidak pernah diproduksi secara masal dan sejak diciptakan mobil ini hanya diproduksi di bawah 10, yaitu 9 saja.

1935 Scarab di Owls Head Transportation Museum (Owls Head, Maine) - wikimedia commons
Tidak pernah menjadi sebuah mobil yang populer, tetapi melihat bentuknya mobil ini bisa dikata merupakan nenek moyang dari para minivan atau minibus yang banyak beredar pada masa sekarang.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar