Tidak Semua Bagian Antartika Tertutup Es - Lembah Kering McMurdo

Tidak Semua Bagian Antartika Tertutup Es - Lembah Kering McMurdo
Lembah Kering McMurdo - Foto Cool Antartictica
Benua Antartika yang terletak di Kutub Selatan bumi terkenal sebagai sebuah wilayah terdingin di dunia. Suhu disana selalu berada di bawah nol derajat Celcius dengan rata-rata berada di kisaran angka - (minus) 10-50 derajat Celcius. Pada tahun tahun 2010, temperatur di Antartika pernah mencapai - 93 derajat Celcius menandakan betapa ekstrimnya suhu benua yang lebih luas dari Indonesia ini.

Sebuah suhu yang memastikan bahwa mayoritas daratan benua tersebut selalu tertutup sepanjang tahunnya. Lapisan es ini tidak pernah cair sepanjang tahun mengakibatkan sulit sekali ada kehidupan.

Meskipun demikian, dengan suhu yang sedemikian ekstrim, tidak semua bagian dari Antartika tertutup oleh lapisan es. Ada wilayah yang sama sekali tidak tertutup oleh es dan sangat kering yang bisa dibandingkan dengan keringnya gurun pasir dimana kesulitan pun sulit hidup disana.

Wilayah kering di benua tersebut bernama Lembah Kering McMurdo. Luasnya pun cukup besar dan mencapai lebih dari 4000 kilometer persegi.

Keringnya wilayah ini disebabkan karena pegunungan yang mengelilingi Lembah Kering McMurdo cukup tinggi sehingga menghalangi angin yang membawa es untuk bisa mencapainya. Hal itulah yang menyebabkan tidak ada lapisan es yang ditemukan disana.

Hampir tidak ada kehidupan yang di Lembah Kering kecuali beberapa jenis bakteri yang hidup karena metabolismenya tergantung pada besi dan belerang saja yang mampu bertahan.

Nama McMurdo yang disematkan pada wilayah ini adalah nama seorang pelaut HMS Terror berpangkat Letnan dari Kerajaan Inggris yang sampai ke wilayah ini pada tahun 1841.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel