Apa Itu CGM Bogor Street Festival ? Pernah Kah Anda Hadir Disana

Apa Itu CGM Bogor Street Festival ? Pernah Kah Anda Hadir Disana

Apa Itu CGM Bogor Street Festival ? Pernah Kah Anda Hadir Disana

CGM Bogor Street Festival kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Festival Jalanan CGM Bogor.

CGM sendiri merupakan singkatan dari kata Cap Go Meh. Kata ini berasal dari bahasa Tionghoa/Cina yang berarti hari ke 15 dari Tahun Baru Cina.

Dalam tradisi etnis Tionghoa, rangkaian perayaan penyambutan datangnya Imlek akan diakhiri pada hari ke-15 ini. Kegiatannya diisi dengan berbagai hal, mulai dari bersih-bersih rumah dan vihara sampai atraksi mengarak Liong dan Barongsay.

Tanggalnya menurut kalendar Masehi akan berubah setiap tahunnya karena kalendar Imlek berbasiskan pada bulan sedangkan kalendar Gregorian/Masehi yang dipakai secara internasional menggunakan peredaran matahari sebagai dasarnya. Jadi, tanggal pasti Cap Go Meh tidak akan sama setiap tahun.


CGM Bogor Street Festival meskipun menggunakan momen yang bertepatan dengan tradisi etnis Cina tidak serta merta khusus hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja. Justru, event ini dipergunakan untuk memperlihatkan kepada semua orang bahwa Indonesia itu beragam.

Oleh karenanya, dalam pagelaran festival jalanan tahunan ini akan hadir berbagai seni budaya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam beberapa kali penyelenggaraan utusan dari Bali, Sumatera Barat, Ciamis, dan masih banyak lagi daerah lainnya hadir menyemarakkan acara ini.

Bentuk ajang ini sesuai dengan namanya adalah Street Festival atau festival jalanan. Untuk itu dalam setiap penyelenggaraan Jalan Suryakencana - Siliwangi, Kota Bogor akan ditutup dan dijadikan sebagai panggung jalanan.

Para peserta akan melakukan parade sambil memperlihatkan aksi dan kemahiran mereka untuk menari dalam pakaian yang menyolok.

Para penonton pun biasanya akan menonton di sepanjang jalan dan tidak jarang peserta parade akan berusaha mengikut sertakan para penonton.

CGM Bogor Street Festival pertama kali diadakan tahun 2009 dan sejak itu menjadi salah satu ajang tahunan yang hadir di Kota Hujan itu.

Pernah mencoba datang kesana? Seru lho!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar