Apa Itu Kain TC ? - Kain Yang Murah dan Praktis Mengurusnya

Apa Itu Kain TC ? - Kain Yang Murah dan Praktis Mengurusnya

Mengenali jenis kain itu tidak ada ruginya. Sedikit pengetahuan tentang hal itu bisa membantu kita menemukan jenis pakaian yang cocok dengan kebutuhan dan kondisi, baik dalam hal keuangan ataupun waktu untuk mengurusnya.

Hal itu juga akan membantu kita memahami apa yang dikatakan oleh penjual.

Dalam hal ini, ada satu istilah yang sering dipergunakan oleh penjual kain atau baju di berbagai tempat Indonesia, yaitu kain TC. Kain ini sangat populer di Indonesia, pertama karena harganya tidak mahal dan terjangkau, juga lebih mudah mengurusnya dibandingkan dengan kain yang terbuat dari katun 100%.

Kain ini adalah jenis kain yang umum dipergunakan sehari-hari, terutama untuk pakaian sekolah, seragam, ataupun juga untuk pakaian kantor.

Tetapi apa sih  "kain TC" itu? Mengapa bisa tidak mahal dan mudah mengurusnya?

Jawabannya sederhana sekali. Intinya ada dikata TC itu sendiri yang merupakan singkatan dari Tetoron (Polyester) dan Cotton.

Jadi kain TC adalah kain yang terbuat dari percampuran antara Tetoron/Polyester dan Cotton/Katun dimana kandungan polyesternya lebih banyak dibandingkan katun-nya.

Biasanya, dalam dunia tekstil, ada tambahan berupa angka di belakang kata TC itu sendiri, seperti TC 65/35 yang berarti Polyester 65% dan Cotton 35%.

Meskipun demikian, terkadang istilah ini juga dipergunakan untuk menunjukkan kain yang berkandungan katun lebih banyak, tetapi hal itu tidak umum dilakukan karena kain yang kandungan katunnya lebih banyak mempunyai kode tersendiri, yaitu CVC.

Jadi, kalau seorang penjual menyebutkan bahwa sebuah bahan adalah TC, maka berarti ia menawarkan kain yang komposisinya memiliki Polyester lebih banyak.

Penggunaan polyester yang lebih banyak menguntungkan, karena :

1. Harga polyester lebih murah dibandingkan dengan harga katun. Itulah mengapa kebanyakan baju yang terbuat dari bahan TC berharga lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari katun

2. Polyester memiliki sifat "anti kerut", jadi baju yang yang terbuat dari polyester atau memiliki kandungan polyster tinggi biasanya tidak sulit untuk disetrika dibandingkan yang berbahan katun

Itulah mengapa kain TC sangat populer di dunia. Tidak mahal dan mudah diurus.

Silakan cek lemari baju Anda, dan kemungkinan besar kemeja Anda atau seragam anak Anda akan terbuat dari kain TC.

Subscribe to receive free email updates: