Apa Itu Tetoron ? Apa Bedanya Dengan Polyester?

Apa Itu Tetoron ? Apa Bedanya Denga Polyester?

Pernah pergi ke Tanah Abang, pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara untuk membeli kain? Tentunya, Anda pernah ditawari atau setidaknya mendengar satu istilah/nama yang merujuk pada bahan dasar pembuat kain, TETORON.

Mengertikah Anda bahan apa yang dimaksud oleh para pedagang disana?

Tetoron adalah salah satu jenis kain yang banyak sekali digunakan di Indonesia, baik dicampur dengan ktun (cotton) ataupun dalam bentuk murni alias 100%. Populernya penggunaan tetoron di Indonesia salah satunya adalah karena harganya "murah".

Hanya saya sebenarnya banyak orang masa kini yang kurang paham tentang apa itu Tetoron. Tidak sedikit orang yang heran dan merasa asing ssat istilah ini diucapkan. Mereka lebih mengenal istilah Polyester.

Padahal, keduanya merujuk pada hal yang sama.

TETORON dan POLYESTER memang sama. Tidak ada bedanya dan hanya namanya saja yang sama. Keduanya merujuk pada salah satu serat/fiber yang dihasilkan dari minyak bumi.


Tetoron adalah nama polyester di Jepang sekitar 50 tahun yang lalu. Masalah brand-lah yang menyebabkan nama polyester di negeri sakura itu berbeda.

Meskipun demikian, baik istilah tetoron dan polyester di kalangan dunia tekstil sebenarnya sama-sama umum. Hal itu tidak mengherankan karena Jepang pernah merajai pertekstilan dunia dan istilah yang mereka pergunakan hingga saat ini masih umum digunakan seperti T/C, CVC, dan banyak lagi lainnya.

Di Indonesia, penggunaan istilah Tetoron bahkan bisa disebut sangat umum hingga sekarang. Hal itu disebabkan karena banyak sekali perusahaan tekstil Jepang yang beroperasi di Indonesia dan mereka juga memasarkan produknya di negara ini.

Oleh karenanya, hingga saat ini penggunaan istilah Tetoron sendiri masih umum ditemukan.

Jadi, janganlah melongo kalau para pedagang di Tanah Abang menawari berbagai bahan yang terbuat dari Tetoron ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel