Contoh Kain Print atau Printing

Kain print atau printing adalah jenis kain yang proses pemberian warna atau motifnya dilakukan dengan cara membuat cetakan di atas kain mentah. Prosesnya mirip dengan bagaimana mencetak gambar atau foto di atas kertas dengan printer atau sablon. Bedanya hanya bahan dimana cetakan itu dilakukan adalah kain mentah dan mesin yang dipakai berukuran besar di dalam sebuah pabrik.

Desain atau motif yang biasa dibuat untuk kain print lebi bervariasi dibandingkan kain yarn dyed yang kebanyakan kotak-kotak atau garis-garis. Motifnya bisa hampir tidak terbatas, mulai dari bunga-bunga, hewan, atau bahkan kotak-kotak dan garis-garis pun bisa dilakukan dengan metode printing.

Kain print sendiri karena proses berupa penambahan "lapisan" warna dan motif di atas kain, biasanya cenderung lebih kaku dibandingkan kain lainnya. Tetapi, dengan perkembangan teknologi di bidang tekstil, masalah kekakuan ini sudah bisa dikurangi.

Beberapa contoh kain print atau printing atau cetak bisa dilihat di bawah ini.

Contoh Kain Print atau Printing

Contoh Kain Print atau Printing

Contoh Kain Print atau Printing

Bahan dasar bagi sebuah kain print sendiri bisa bervariasi dan tidak terbatas, mulai dari katun, polyester, rayon, atau campuran dari semua jenis bahan itu.

Itulah sekilas tentang kain print atau printing.

Subscribe to receive free email updates: