Cukup Satu Software Saja, Photoscape, Kemampuannya Lebih Dari Yang Dibutuhkan Untuk Ngeblog

Apa software yang Anda pakai untuk mengedit foto?

Kalau Anda datang ke blog ini, besar kemungkinan Anda adalah seorang blogger.

Seorang blogger pasti tahu bahwa foto adalah bagian penting dalam pembuatan artikel atau postingan. Dan, pasti juga paham bahwa ukuran foto berpengaruh banyak pada kecepatan loading, jadi hampir pasti memakai photo software editing atau perangkat lunak untuk mengedit foto

Nah, jadi, saya ingin tahu juga software apa yang dipergunakan.

Baru hari ini, saya membaca sebuah artikel tentang berbagai software yang dipakai untuk ngeblog oleh seorang blogger. Ia memakai lebih dari satu software. Yang satu untuk mengedit foto, yang satunya lagi untuk memperkecil foto, yang satu lagi untuk screen capture, dan kayaknya masih ada 2 lagi lupa untuk tujuan apa, tetapi tetap berkaitan dengan foto atau image.

Terus terang saya bingung kok sampai repot sedemikian rupa sampai harus ada beberapa software untuk melakukannya.

Memang, saya sendiri punya 3-4 software untuk mengedit foto, tetapi itu karena saya seorang penggemr fotografi juga. Jadi, selain menulis, saya juga sedang belajar menjadi fotografer dan seniman digital (digital artist). Tidak melulu untuk tujuan ngeblog.

Kalau untuk foto untuk postingan yang tidak berkaitan dengan fotografi, saya hanya mengandalkan satu software saja. Namanya PHOTOSCAPE. Tetapi, kalau untuk mengedit foto secara serius dan yang lebih rumit saya pakai GIMP (GNU Image Manipulation Program) atau Adobe Photoshop.

Dua nama yang terakhir jarang dipakai untuk sekedar memperkecil foto atau melakukan cropping. Terlalu rumit dan berbelit. Juga biasanya hanya dipakai untuk memanipulasi foto dengan kategori level "berat", dan karena itu hanya saya pakai untuk blog fotografi saja.

Kalau untuk Maniak Menulis dan beberapa blog lainnya, saya hanya mengandalkan Photoscape saja.

Kenapa Photoscape?

Karena semuanya tersedia disini dan mudah memakainya.

Kebutuhan image untuk artikel blog yang umum tidak banyak. Yang paling sering adalah untuk memperkecil ukuran saja, jadi kenapa harus memakai software kelas berat. Pakai saja yang ringan,

Tidak bagus membunuh nyamuk dengan menggunakan meriam. Lebih cocok pakai tangan saja. Begitu ibaratnya.


Photoscape memang ringan. Versi komputernya cuma 20 MB saja dan tidak akan memberatkan sama sekali.

Dan, yang pasti gratis. Benar--benar gratis dan bisa diunduh serta dipakai secara bebas. Bukan bajakan, tidak perlu pakai crack atau sejenisnya. Jadi siapapun boleh memakainya tanpa takut melanggar hak cipta seseorang.

Lalu, kemampuan dan fitur-fiturnya banyak sekali, seperti

1. Memperkecil foto (yang paling utama untuk ngeblog), satuan atau sekaligus banyak
2. Mengatur contrast dan pengeditan ringan
3. Menambahkan teks
4. Cropping
5. Merubah format RAW menjadi JPG
6. Screen Capture
7. Menggabungkan gambar
8. Membeah foto
9. Membuat GIF

dan masih banyak fitur lainnya yang bisa bermanfaat untuk seorang blogger. Fitur pengeditan foto juga banyak meski dalam skala ringan, alias kalau dibandingkan GIMP atau Photoshop masih kurang, tetapi kecuali Anda fotografer, seharusnya sudah lebih dari cukup.

Untuk yang no 1) memperkecil ukuran foto, yang merupakan hal terpenting bagi seorang blogger, Photoscape menempati peringkat pertama dibandingkan software lainnya. Sebuah foto ukuran 6 MB bisa diperkecil menjadi maksimum hanya 50-60 Kilobyte saja , ukuran 640X480 pixel  yang pas untuk ruang baca di blog. Performanya bagus sekali dalam hal ini.

Soal pengoperasian juga termasuk sangat mudah. Menurut saya hanya kalah dari Paint, bawaan Windows saja. Tidak rumit. Hanya perlu belajar sebentar dan sangat user friendly.

Jadi, kalau untuk kegiatan ngeblog (non fotografi), saya tidak memakai yang lain, meski ada. Cukup satu saja, Photoscape.

Software inilah yang membuat saya bingung kalau membaca ada blogger memakai beberapa jenis software sekedar untuk tujuan ngeblog, yang tidak berkaitan dengan fotografi. Heran juga kalau ada blogger yang mengandalkan resizer versi online yang biasanya terbatas dalam banyak hal.

Kenapa nggak pakai yang gratisan tetapi tidak murahan. Banyak kok di internet. Dan, salah satunya ya Photoscape ini.

Tapi, yah, itu pilihan masing-masing. Jadi, terserah juga sih kalau memang ada yang mau repot seperti itu.

Bagaimana dengan Anda? Masih suka merepotkan diri dalam hal foto?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel