GUDEL (Gudang Lelang) - Tempat Yang Harus Dikunjungi Pecinta Hidangan Laut di Teluk Betung

GUDEL (Gudang Lelang) - Tempat Yang Harus Dikunjungi Pecinta Hidangan Laut di Teluk Betung

Tempatnya tidak nyaman. Jauh dari kata itu malah. Tidak ada pemandangan yang memukau dan tidak akan ditemukan juga panorama yang bisa memanjakan mata. Sudah pasti tidak akan membuat orang betah berada disana kalau tujuannya untuk menikmati pemandangan dan kegembiraan tempat wisata.

Meskipun demikian, GUDEL, di kawasan Teluk Betuk, Bandar Lampung ini adalah sebuah tempat yang masuk kategori "harus" didatangi kalau Anda seorang pecinta hidangan laut, atau seafood.

Bukan apa-apa. Tempat ini akan membuat mereka penggemar udang, kepiting, dan teman-temannya hasil tangkapan dari laut bisa langsung membayangkan lezatnya rebus udang atau cumi saus tiram. Mau tidak mau pikiran itu akan segera terlintas di kepala saat berada disini.

Hal itu bisa terjadi karena kata GUDEL sendiri disana bukanlah berarti anak kerbau (seperti dalam bahasa Jawa). Gudel dalam hal ini adalah singkatan dari Gudang Lelang, begitulah penduduk disana menyebutnya.

Yang dilelang disini akan sangat disukai oleh para pecinta seafood karena yang dijual disana adalah ikan, udang, dan sejawatnya. Pasar ikan mungkin bisa memberikan gambaran lebih jelas tentang apa yang ada disana.


Di Gudel akan bisa ditemukan berbagai hasil tangkapan dari laut, seperti cumi-cumi, kepiting, udang, ikan, dan masih banyak jenis lainnya yang kalau diolah dengan benar akan bisa mengundang air liur turun tanpa disadari.

Yang membuatnya istimewa adalah karena kondisi barang yang dijual sangat segar. Hal itu tidak mengherankan kalau melihat banyaknya perahu nelayan yang bersandar di dermaga yang mengeliling si Gudang Lelang Sehat, nama resminya.

Berbagai hasil tangkapan para nelayan di laut akan segera dijual di Gudel.

Segar pastinya.

Itulah yang menyebabkan tempat ini menjadi istimewa bagi para pecinta hidangan laut. Segarnya ikan, cumi, udang disana tentunya sangat berbeda dengan yang dijual di supermarket yang sudah tersimpan dan dibekukan.

Rasa udang dan ikannya manis, gurih, dan tidak amis.

Paling tidak itulah yang dirasakan ketika mencicipi udang, cumi dan kepiting yang dibeli  dari Gudel. Padahal di masak dengan cara yang sederhana dan tidak banyak bumbu, tetapi rasa manis yang menyentuh lidah sangat terasa.

GUDEL (Gudang Lelang) - Tempat Yang Harus Dikunjungi Pecinta Hidangan Laut di Teluk Betung

Hal itulah yang membuat Gudang Lelang ini pantas menjadi salah satu tempat yang layak dikunjungi saat berada di Bandar Lampung. Tentunya, khusus untuk mereka yang menyukai makanan laut dan tidak alergi terhadapnya. Kalau alergi sih, ya jangan, namanya cari penyakit.

Hanya, bersiaplah utnuk berada dalam lingkungan yang tidak nyaman. Maklum lah pasar. Apalagi pasar ikan ini bisa dikata merupakan perwujudan di dunia nyata dari istilah "pasar becek" dan memang kondisinya sederhana dan agak becek karena banyaknya air dimana-mana.

Tetapi, tentunya hal itu tidak perlu menjadi penghalang. Bayangkan saja bahwa semua itu akan terbayar saat mencicipi udang rebus dengan saus sambal. Pasti akan lupa tentang ketidaknyamanan itu.

GUDEL (Gudang Lelang) - Tempat Yang Harus Dikunjungi Pecinta Hidangan Laut di Teluk Betung

Harganya pun jelas berbeda dengan harga di supermarket seperti Giant atau Hypermarket. Jauh lebih murah.

Maklum saja karena hasil tangkapan langsung ada di meja para pedagang sehingga tidak perlu ada biaya transportasi atau sewa lapak di toko yang lumayan itu. Belum juga termasuk komisi dan profit para tengkulak.

Jelas saja lebih murah. Apalagi kalau dibandingkan dengan harga di Jakarta, wah, jauh sekali.

Dengan rupiah yang sama, kemungkinan besar jumlah yang bisa dinikmati akan lebih banyak. Bisa lebih puas.

Yang penting pastikan saja ada tempat dan orang untuk memasaknya karena yang dijual disini dalam bentuk mentah dan belum dimasak.

Terus terang, kalau memang Anda pecinta makanan laut, Gudel, atau Gudang Lelang adalah salah satu tempat yang perlu dimasukkan dalam daftar untuk dikunjungi. Bukan untuk mencari keindahan panorama, tetapi untuk mencari cumi, udang, dan sahabat-sahabat mereka dari lautan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel