Mengapa Festival Cap Go Meh Dalam Bahasa Inggris Disebut Festival Lentera?

Mengapa Festival Cap Go Meh Dalam Bahasa Inggris Disebut Lantern Festival?

Lain negara lain bahasanya. Festival Cap Go Meh adalah istilah dalam bahasa Indonesia untuk tradisi dari etnis Tionghoa/Cina yang tinggal di Indonesia untuk perayaan penutup dari perayaan Tahun Baru Imlek. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan masyarakat Tionghoa pada hari ini, mulai dari membersihkan rumah dan tempat ibadah sampai mengarak Liong dan Barongsay.

Asal muasal tradiri ini lahir berpuluh abad yang lalu. Diperkirakan Cap Go Meh sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Mulanya diadakan hanya untuk kalangan elit istana saja, tetapi kemudian menyebar dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Tionghoa/Cina dimanapun.

Dimanapun karena dispora etnis Tionghoa menyebar ke seluruh dunia dan termasuk salah satu etnis yang bisa ditemukan di negara manapun.

Lalu, apakah sama istilahnya di negara lain?

Tentu saja tidak.

Kalau sesama etnis Cina, tentunya istilahnya akan dimengerti, tetapi tidak bagia yang mereka tidak menguasai bahasa dan hidup di budaya yang sama. Masing-masing bahasa akan memiliki istilahnya sendiri.

Anda tahu istilah Festival Cap Go Meh dalam bahasa Inggris? Bukan Cap Go Meh Festival, tetapi Lantern Festival atau Festival Lentera.

Istilah ini mengambil dari sebuah kebiasaan yang dilakukan masyarakat Cina dalam menyambut Imlek, yaitu memasang lentera. Bukan hanya saat parade saja lentera itu dibawa, tetapi setiap rumah akan memasang lentera. Silakan lihat rumah etnis Tionghoa saja sejak Imlek hingga hari ke-15.

Bentuk dan warnanya bisa beragam, tetapi biasanya warna yang dipergunakan untuk lentera adalah merah. Warna ini adalah perlambang keberuntungan dan nasib baik dalam tradisi masyarakat Tionghoa.

Mengapa Festival Cap Go Meh Dalam Bahasa Inggris Disebut Lantern Festival?

Jadi, itulah alasan mengapa Festival Cap Go Meh dalam bahasa Inggris disebut dengan Lantern Festival.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel