[Tidak Bijaksana] Merendam dan Mencuci Baju Berwarna Dengan Baju Putih

[Tidak Bijaksana] Merendam Baju Berwarna Dengan Baju Putih

Memang, melakukan pencucian sekaligus akan lebih efisien waktu dan juga tenaga, belum lagi dengan biaya karena untuk melakukan pencucian terpisah antara baju berwarna dan baju putih berarti ada air dan deterjen yang dipergunakan.

Tetapi sebenarnya mencuci atau merendam baju berwarna dan baju putih secara terpisah adalah sebuah tindakan yang bijaksana dan justru bisa menghindarkan dari kerugian yang lebih banyak.

Baju berwarna memiliki kecenderungan untuk luntur. Untuk mewarnai kain, produsennya memakai zat warna tekstil. Semakin tua warna kain, semakin banyak zat warna yang dipergunakan dan semakin tinggi konsentrasinya dalam serat kain.

Kalau yang dipergunakan adalah zat pewarna yang baik dan berkualitas tinggi, maka biasanya resikonya terjadinya luntur lebih kecil, tetapi tidak semua melakukannya. Tuntutan untuk menghasilkan keuntungan membuat banyak produsen kain menekan biaya dan memakai zat pewarna dengan kualitas rendah demi menghemat biaya produksi.

Biasanya sebuah zat pewarna yang baik, tidak akan luntur terlalu banyak saat direndam atau dicuci. Sebaliknya zat pewarna yang kurang baik akan melepaskan partikel zat warna ketika bersentuhan dengan air.


Nah, apabila baju berwarna dan baju putih beradan di dalam satu wadah, partikel zat warna itu akan berpindah ke baju putih. Hasilnya adalah yang disebut dengan kelunturan, partikel zat warna yang lepas akan menempel pada baju putih.

Hasilnya, tentu bisa diduga bahwa baju putih tidak akan menjadi putih lagi. Istilah dalam bahasa sehari-hari adalah kelunturan. Dan bila itu terjadi, maka baju putih yang biasanya dipakai untuk ke kantor atau ke sekolah tidak akan bisa dipergunakan lagi. Ujung-ujungnya, kita akan terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli yang baru.

Jadi, pilih mana, repot sedikit atau beresiko mengeluarkan uang lebih banyak. Rasanya menyediakan waktu dan tenaga sedikit lebih baik daripada mengeluarkan uang, yang artinya juga harus membuang waktu dan biaya untuk pergi ke toko lagi.

Subscribe to receive free email updates: