Untuk Memulai Sesuatu Berhenti Berbicara Mulai Bekerja - Walt Disney

Untuk Memulai Sesuatu Berhenti Berbicara Mulai Bekerja - Walt Disney


The way to get started is to quit talking and begin doing ~ Walt Disney (Cara terbaik untuk memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan ~Walt Disney)
Banyak orang ingin memulai sesuatu dengan cepat tetapi terlalu takut untuk melangkah. Mereka berusaha untuk terus menemukan cara terbak untuk memulai dan mencoba mengesampingkan dan menihilkan resiko yang akan dihadapinya.

Sesuatu yang sebenarnya tidak akan membuat mereka memulai sesuatu. Mereka akan terus menerus berbicara, berdiskusi, dan berteori tanpa melakukan sesuatu yang nyata.

Rasa ketakutan untuk melakukan kesalahan adalah sesuatu yang pada akhirnya menjadi penghambat untuk memulai sesuatu. Mereka takut untuk menghadapi resiko yang akan ditemuinya, oleh karena itu mereka terus berusaha untuk menghindari dan berusaha menemukan cara untuk meniadakannya.

Padahal, kehidupan dimanapun tidak demikian. Resiko itu akan selalu ada dan begitu pula hambatannya. Pasti akan selalu ada. Dan, kesemua itu tidak akan bisa diprediksi dan diduga sebelum melangkan. Banyak hal yang baru akan ditemukan setelah kita memulai sesuatu.

Jadi, apa yang dikatakan Walt Disney menunjukkan bahwa berbicara terlalu banyak dan berusaha untuk meminimalkan resiko dan hambatan bukanlah cara terbaik. Cara terbaik untuk memulai sesuatu adalah berhenti membahasnya dan berusaha menemukan potensi hambatan dan resiko yang akan hadir.

Mulai lah melangkah. Sudah pasti suatu waktu kita akan menemukan hambatan dan rintangan, dan pada saat itulah pemecahan harus dan bisa dicari. Bukan pada saat sebelum melangkah.

Tentu saja, bukan berarti kita tidak boleh membuat rencana dan perhitungan, tetapi yang pasti kalau prosesnya terlalu lama, justru kita tidak akan pernah melangkah untuk memulai apapun yang kita kerjakan. Butuh ketegasan dan jadwal waktu yang bisa dipergunakan untuk membahas rencana agar kemudian bisa ditindaklanjuti.

Analogi yang cocok adalah ketika Anda mau pergi ke Jakarta, dan kemudian berdiskusi cara terbaik untuk mencapainya dan takut menghadapi kemacetan. Kita berdiskusi terus menerus tentang apakah sebaiknya naik mobil atau motor atau kendaraan umum dan melihat berbagai resikonya.

Jika pembahasan itu dilakukan tanpa henti, pada akhirnya kita tidak akan pernah sampai ke Jakarta. Kita akan tetap saja berada di tempat semula.

Iya kan?

(Walt Disney adalah pengusaha, animator, pengisi suara, dan produser film kenamaan dunia. Ia yang membidani kelahiran Mickey Mouse tahun 1928)

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar