10 Tanaman Hias Dalam Ruangan Pembersih Udara Terbaik (Versi NASA)

10 Tanaman Hias Dalam Ruangan Pembersih Udara Terbaik (Versi NASA)

Selama akhir 1980-an, NASA mulai mempelajari tanaman hias sebagai cara menyediakan udara yang lebih bersih  untuk stasiun ruang angkasa. Apa yang mereka pelajari adalah bahwa ada banyak tanaman hias yang dapat membantu untuk memurnikan udara.

Banyak tanaman menyaring senyawa berbahaya tertentu di udara dan membuat udara lebih sehat untuk pernafasan manusia.

Kabar baiknya adalah ternyata tanaman-tanaman ini mudah ditemukan dan semua orang dapat membelinya. Tidak ada jenis tanaman yang terlalu khusus. Beberapa diantaranya bahkan secara sadar atau tidak sudah ada di rumah Anda.

Kami telah mengumpulkan daftar 10 houseplants terbaik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan . Sebagian besar tanaman ini biasanya ditemukan di toko bunga lokal atau toko perbaikan rumah Anda.

Pilih saja satu atau beberapa dan rawat mereka untuk menikmati keindahan dan manfaat kesehatan yang mereka tawarkan. Tanaman akan menyaring bahan kimia berbahaya seperti formaldehida dan benzena dan memberi Anda oksigen pada saat yang bersamaan.

Lidah buaya (Aloe Vera)


Banyak orang memiliki Aloe Vera di rumah mereka karena kemampuan penyembuhannya.
Gel di dalam daun sangat baik untuk membantu menyembuhkan luka bakar .

Aloe Vera juga merupakan tanaman yang bagus untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan Anda. Sangat mudah untuk tumbuh dan membantu menjaga rumah Anda bebas dari benzena yang umumnya ditemukan dalam cat dan pembersih kimia tertentu.

Lily Perdamaian


Lily Perdamaian adalah tanaman yang indah dan yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan Anda sebanyak 60 persen.

Tanaman ini dapat membantu mengurangi tingkat spora jamur yang tumbuh di rumah dengan menyerap spora itu melalui daunnya dan kemudian menyalurkannya ke akar tanaman di mana mereka digunakan sebagai makanan.

Jika ditempatkan di kamar mandi, Lily Perdamaian dapat membantu menjaga ubin kamar mandi dan tirai bebas dari lumut dan tanaman dapat menyerap uap berbahaya dari alkohol dan aseton.

Spider Plant


Tanaman laba-laba adalah tanaman yang biasa ditemukan dan merupakan tanaman yang mudah tumbuh.

Hanya dalam dua hari, tanaman ini dapat menghilangkan hingga 90 persen racun di udara dalam ruangan Anda. Daun tumbuh dengan cepat dan membantu menyerap zat berbahaya seperti jamur dan bahan penyebab alergi lainnya sehingga tanaman ini sempurna bagi mereka yang memiliki alergi debu 

Spider Plant Ini juga membantu menyerap jejak kecil formaldehida dan karbon monoksida.

 

English Ivy

English Ivy atau European Ivy sangat cocok bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan di rumah karena dapat mengurangi jumlah kotoran di udara.

Tanaman ini juga dapat menyerap formaldehida yang umumnya ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga dan furnitur atau perawatan karpet.

Studi menunjukkan bahwa menyimpan tanaman English Ivy di meja Anda akan membantu memberi Anda fokus yang lebih baik . Tanaman ini juga dapat menyerap sejumlah kecil benzena yang merupakan bahan kimia yang biasa ditemukan di peralatan kantor.

Boston Fern (Pakis Boston)


Pakis adalah tanaman hias yang sangat populer dan Pakis Boston  adalah salah satu yang menawarkan keindahan dan manfaat bagi kesehatan.

Tanaman ini bisa bertindak sebagai pelembab dan dapat membantu mengembalikan kelembapan di udara sehingga mereka sempurna bagi mereka yang menderita kulit kering dan masalah cuaca dingin lainnya.

Tanaman ini juga dapat membantu menghilangkan jejak formaldehida dan  terlihat cantik tergantung dalam keranjang di sekitar rumah.

Heart Leaf Philodendron

Philodendron Daun Hati adalah tanaman merambat dan cocok untuk rumah tanpa hewan peliharaan kecil atau anak-anak.

Kenapa demikian? Karena tanaman itu beracun.

Namun, tanaman ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan formaldehida seperti yang biasa ditemukan di papan atau kayu lapis. Mereka relatif mudah dirawat tetapi sekali lagi, harus diletakkan di lokasi yang cukup tinggi sehingga hewan peliharaan dan anak-anak kecil tidak dapat menjangkaunya.

Eucalyptus


Tanaman Eucalyptus telah digunakan selama berabad-abad untuk semua jenis penyakit. Meski agak sulit untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan tetapi mungkin bisa dipertimbangkan kalau Anda penggemar bonsai yang rajin memangkas daun-daunnya dan menjaga agar tidak tumbuh tinggi dan membesar.

Daun tanaman Eucalyptus diisi dengan tanin yang dapat meningkatkan cairan sehat di saluran udara tubuh. Hanya menghirup aroma tanaman ini dapat membantu mengurangi masalah penyumbatan dan menangkal masuk angin.

(Mungkin karena itulah tanaman ini digemari oleh Koala? Tidak pernah dengar koala masuk angin kan?)

African Violets


African Violets berwarna ungu . Pernahkah Anda menyadari bahwa menatap tanaman dapat membantu merangsang pelepasan adrenalin dan dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak yang dapat membantu Anda untuk rileks.

Tanaman kecil dan mudah dirawat, tetapi lebih menyukai tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini dapat  tumbuh sangat baik dalam cahaya buatan sehingga mereka sempurna bagi mereka yang tidak memiliki akses ke sinar matahari langsung.

Aglaonema/Sri Rejeki (Chinese Evergreen)


Aglaonema atau sri rejeki sangat mudah untuk dirawat. Tidak butuh perlakuan khusus dan berlebihan untuk memastikannya tetap hidup subur.

Tanaman ini dikenal dapat membantu untuk membersihkan udara rumah dari sejumlah polutan.

Tumbuhan ini menghasilkan buah beri merah kecil yang indah untuk dilihat dan dapat membantu menghilangkan racun dari udara yang biasanya ditemukan dalam pembersih rumah tangga berbasis bahan kimia.

Bunga Krisan (Chrysanthemum)


Bunga Krisan adalah bunga indah yang biasanya dapat Anda temukan di banyak nursery atau toko bunga.

Warna bunganya membuat tanaman ini menjadi pilihan yang bagus sebagai tanaman hias dalam ruangan. Apalagi, tanaman hias ini menawarkan manfaat besar untuk perbaikan kualitas udara juga.

Krisan dapat membantu menyaring benzena, bahan kimia yang sangat umum ditemukan di banyak deterjen rumah tangga seperti cat, plastik dan beberapa produk lem.

Tanaman ini menyukai sinar matahari langsung dan bekerja dengan baik sebagai tanaman gantung di dekat jendela.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon