10 Tips Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Memperindah dan Mempernyaman Rumah Anda

Tips Memilih Furniture Untuk Memperindah dan Mempernyaman Rumah Anda

Setiap rumah butuh furniture atau perabotan. Bukan hanya karena fungsinya, tetapi furniture penting karena memiliki fungsi dekoratif dan untuk menambah nilai estetika sebuah rumah. Oleh karena itu memilih furniture yang tepat sealin dapat memperindah rumah Anda juga sekaligus memberi kenyamanan bagi penghuninya.

Sebaliknya, "kesalahan" dalam melakukannya, hal itu bisa berefek buruk juga karena membuat setidaknya perasaan dan mata tidak nyaman.


Pemilihan furniture yang tepat bagi sebuah rumah sebaiknya mempertimbangkan dua hal, yaitu

  • Fungsi praktis : fungsi utama dari sebuah perabot dalam ruangan, seperti rak buku untuk menyimpan buku, rak pajangan untuk memajang hiasan, atau kursi untuk duduk
  • Fungsi estetis :  fungsi yang terkait dengan memberi unsur keindahan dalam tata ruang dimana furniture itu berada
Ada beberapa langkah yang mungkin bisa membantu untuk memastikan bahwa furniture yang dibeli dapat menghadirkan suasana yang diidamkan oleh Anda, pemiliknya, seperti tersebut di bawah ini.

  10 Tips Memilih Furniture

Yang harus disadari dalam hal pemilihan furniture adalah tidak ada salah atau benar. Hal seperti ini terkait pada selera dan tentunya setiap orang akan berbeda.

Oleh karena itu, saat memilih funiture fokus utamanya adalah Anda dan keluarga. Decak kagum orang lain adalah bonus tambahan dan bukan keharusan. Jangan dibalik menjadi orang lain bengong karena terkagum-kagum, tetapi Anda merasa tidak nyaman. Sia-sia kalau hal itu terjadi dan Anda yang melihat dan menggunakannya setiap hari bisa merasa tersiksa.

Jadi, fokuskan pada selera penghuni rumah Anda.

Oleh karena itu langkah-langkah memilih furniture yang tepat untuk rumah Anda, harus dimulai dengan :

1. Ide apa yang ada di kepala?

Anda yang punya rumah itu. Jadi, tentunya yang paling utama adalah Anda harus tahu mau ditata seperti apa rumah Anda? Apakah mau diberi nuansa klasik ala zaman Romawi? Ataukah mengikuti konsep minimalis nan sederhana?

Tentukan dulu di awal apa yang Anda kehendaki.

Hal ini lebih baik daripada sekedar asal-asalan membeli sesuatu hanya karena "suka". Kadang kalau ini dilakukan biasanya menjadi sistem tambal sulam dan hasilnya kerap tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Temukan ide tata ruang yang Anda inginkan. Silakan baca berbagai majalah atau berkelana di dunia maya untuk mencari konsep tata ruang yang sesuai dengan selera. Lalu, putuskan ide yang "terbaik":

Kalau memang ada biaya dan rasanya ruwet untuk menata sendiri, jangan ragu untuk menggunakan jasa seorang profesional. Setidaknya untuk mendapatkan pandangan dan masukan secara teknis.

Tips Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Memperindah dan Mempernyaman Rumah Anda


2. Minta Pendapat Keluarga

Kecuali Anda tinggal sendiri, sebaiknya tanyakan kepada anggota keluarga yang lain tentang apa saran atau ide mereka tentang futniture apa yang mereka inginkan.

Jangan sampai nanti setelah semuanya selesai dibeli dan dipasang ternyata ada anggota keluarga yang merasa tidak nyaman dengan hal itu.

Bisa menjadi duri dalam daging kalau hal itu terjadi. Iya nggak?

3. Ukur Ruang dan Buat Denah !

Tidak bakalan nyaman kalau hanya karena lupa berapa tepatnya ukuran ruangan dimana kursi dan meja dipasang, hasilnya pintu rumah tidak bisa dikunci karena terhalang mebel.

Perhitungkan ukuran ruangan dimana furniture akan diletakkan seakurat mungkin. Jangan lupakan untuk menyisakan jarak untuk berlalu lalang atau jarak antara kursi dan meja. Tentunya tidak akan nyaman duduk dengan posisi seperti di dalam angkot.

Membuat denah ruangan bisa menjadi salah satu cara yang bijaksana sehingga saat memilih furnitur Anda sudah tahu berapa dimensia furniture yang diperlukan.

4. Selaraskan Warna

Furniture yang dipamerkan di pusat perbelanjaan atau di toko biasanya sudah disetting sedemikian rupa agar terlihat menarik dan memikat mata siapapun yang melihat. Wajar saja namanya juga promosi dan mereka tentunya mengharapkan penjualan.

Tetapi, kerap hal itu membuat kita lupa dengan warna cat tembok di rumah.

Mengapa hal itu penting?

Karena kombinasi warna yang tidak harmonis antara cat tembok dengan furniture akan menghadirkan ketidaknyamanan sendiri pada saat melihatnya. Perpaduan warna yang tidak serasi bisa terjadi karena terdorong oleh apa yang kita lihat di pameran yang sebenarnya tidak sesuai dengan warna yang sudah ada di rumah.

Coba selaraskan antara warna dinding rumah atau ruangan dengan warna meja dan kursi yang dipakai. Seperti apabila warna tembok cream , mungkin mebel berwarna kayu akan membuatnya menjadi serasi.

5. Fungsi Ruang dan Furniture

Jangan lupakan bahwa furniture itu dibeli dan dipasang dengan tujuan agar benda itu melaksanakan salah satu fungsi, seperti meja makan tentunya untuk keluarga menikmati sarapan atau makan malam bersama.

Tentuanya, meja makan haruslah diletakkan di ruang makan atau sebuah area dalam rumah yang ditetapkan sebagai "ruang makan".

Jangan sampai karena tergiur oleh tawaran diskon yang diberikan oleh Sales Promotion Girl, Anda membeli sebuah lemari jati berukir untuk pajangan, tetapi sesampainya di rumah Anda bingung hendak menggunakannya untuk apa. Hal itu akan mempersulit untuk mencari posisi terbaik bagi furniture itu.

7 Tips Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Memperindah dan Mempernyaman Rumah Anda


6.  Desain dan Bentuk


Anda menginginkan sebuah ruang tamu yang terkesan minimalis dan sederhana, tetapi kemudian karena terkena rayuan salesman ganteng di toko, Anda membeli sebuah meja terbuat dari jati dengan ukiran-ukiran yang rumit dan ruwet dan ditambah dengan lemari pajangan berbahan sama beserta ukirannya.

Kira-kira apakah akan sesuai dengan tema minimalis yang hendak dipakai?

Jawabnya tidak.

Ukiran-ukiran rumit tidak sesuai dengan tema "minimalis" karena memang terkesan ruwet. Untuk itulah maka saat memilih furniture, kita perlu juga memperhatikan desain dan bentuknya agar sesuai dengan tema yang hendak diterapkan dalam sebuah ruangan.

7. Pemilihan Bahan

Ruang makan adalah sebuah tempat dimana noda akan banyak sekali terjadi. Kopi atau kuah sayur santan kental yang tidak sengaja tersenggol kerap membuat furnitur juga menjadi rawan ternoda.

Oleh karena itu, selayaknya, pada ruang yang beresiko seperti ini, pemilihan bahannya pun harus menyesuaikan, yaitu dengan memakai bahan yang lebih tahan terhadap tumpahan makanan atau minuman. Kalaupun harus terkena tumpahan, maka bahan itu harus juga mudah dibersihkan.

Seperti contoh, jangan memakai bahan beludru untuk ruang makan. Nyaman memang, tetapi membersihkannya akan terasa menyebalkan sekali.

8. Dimensi Furniture

Rumah BTN tipe 45 tentunya tidak cocok dengan lemari ukiran Jepara berukuran 2 1/2 meter x 1 meter x 2 1/2 meter. Bukan hanya akan menyita hampir seluruh ruang yang ada, tetapi akan sangat menyulitkan untuk membawanya masuk ke dalam rumah.

Perhatikan dimensi dari furniture, selain terhadap ruang yang ada juga terhadap benda-benda lain yang sudah ada. Jangan dipaksakan hanya karena kita menyukainya atau karena seseorang menjual dengan harga sangat murah.

9. Konstruksi

Kursi aluminium memang murah, tetapi harus diakui ringkih/tidak kokoh dan biasanya tidak tahan lama. Selain itu nilai estetisnya juga kurang.

Berbeda dengan kayu dari kayu jati dari Jepara. Biasaya akan lebih tahan lama, kukuh, dan nilai estetisnya lebih baik. Hanya, biasanya lebih mahal.

Jika memang tidak terlalu suka gonta ganti perabot, mungkin furniture dari kayu jati akan cocok, tetapi kalau Anda orang yang bosanan dan gemar merubah tata ruang, pilihan pertama lebih baik karena tidak akan terlalu membuang biaya besar.

10. Harga dan budget

Bagian terpenting dari rangkaian 10 tips memilih furniture yang tepat ini diletakkan di bagian akhir, yaitu soal harga dan budget.

Kalau memang dana tidak terbatas, tentunya akan enak sekali memilih yang disukai dan tinggal mencocokkan. Tetapi, kalau tidak maka harus sedikit memutar otak dan mencoba berkreasi dalam keterbatasan.

Yang pasti, jangan sampai hanya karena tergiur dan ingin mengikuti tren, semua dibeli dengan cara kredit atau mencicil. Cara seperti ini tidak bijaksana karena pada akhirnya akan memberatkan keuangan dan justru membuat hidup tidak nyaman.

Tetaplah pada budget yang sudah ditentukan karena bagaimanapun fungsi harus lebih diutamakan dibandingkan nilai estetis. Kalau memang dana yang tersedia hanya cukup untuk membeli sebuah kursi tamu biasa, kenapa tidak. Toh yang terpenting tamu dan Anda sekeluarga bisa duduk.

Itulah 10 tips memilih furniture yang tepat untuk rumah Anda.

Yang terpenting pada dasarnya adalah mencoba memadupadankan segala sesuatunya agar terlihat serasi. Terkadang furniture yang berharga murah kalau diimbangi dengan kreatifitas dalam menata dan memanfaatkan ruang tidak akan kalah dibandingkan furniture mahal sekalipun.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: