Butuh 88 Minggu Untuk Mengembalikan Kecantikan Pantai Versova, Mumbai, India

Pantai Versova adalah salah satu pantai yang berada di kota Mumbai. Pantai ini sudah sejak lama merupakan salah satu pantai terfavorit di kota berpenduduk lebih dari 12 juta jiwa itu. Setiap tahunnya jutaan pengunjung datang menikmati keindahan pantai ini.

Sayangnya India, sama dengan Indonesia menghadapi masalah yang sama, yaitu rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dan merawat berbagai tempat wisata. Hal ini mengakibatkan pantai Versova berubah dari indah menjadi sebuah tempat yang sangat kotor karena timbunan dan tebaran sampah yang berserakan di segala penjuru.

Alhasil, pantai ini sempat dijuluki menjadi pantai terkotor di India.

Butuh 88 Minggu Untuk Mengembalikan Kecantikan Pantai Versova, Mumbai, India

Sesuatu yang membuat gerah banyak orang, termasuk Afroz Shah, seorang pengacara yang tinggak di Mumbai. Ia di tahun 2015 kemudian mendirikan sebuah gerakan bernama VRV (Versova Residents Volunteer), yang terbentuk dari mereka-mereka yang peduli terhadap pantai Versova dan berkeinginan agar pantai ini bisa kembali indah dan dinikmati oleh warga Mumbai.

Tahun 2018 ini, hasil dari gerakan itu mulai terlihat. Menjelang hari Lingkungan Sedunia yang jatuh tanggal 7 Juni, Twitter diramaikan oleh berbagai cuitan yang menunjukkan pencapaian setelah 88 minggu sejak lahirnya gerakan itu.

Twitter itu yang kemudian di-retweet oleh Wakil Presiden India M Venkaiah Nadhu, memperlihatkan kondisi Pantai Versova sebelum dan sesudah gerakan itu lahir.

Keren kan.

Yah. Gerakan itu berhasil memperlihatkan wujud asli pantai Versova yang indah.

Gerakan ini secara total telah mengangkat lebih dari 5,6 juta kilogram sampah dari pantai ini.

Sebagai peringatan menjelang Hari Lingkungan Sedunia 2018 ini, gerakan itu turun kembali pada 27 Mei 2018 yang lalu dengan kekuatan lebih besar.

Enam ribu orang bersama-sama bahu membahu membersihkan lebih dari 20o ribu kilogram atau 200 ton sampah dalam sehari. Kegiatan kali ini bukan hanya melibatkan penduduk di wilayah tersebut, tetapi juga melibatkan polisi, tentara, penjaga pantai dan banyak organisasi lainnya yang peduli terhadap lingkungan.

Gerakan ini belum selesai karena baru sampai pada minggu ke-88 dari programnya yang 136 minggu.

Meskipun demikian hasilnya sudah bisa dirasakan oleh banyak orang, yaitu kembalinya pantai Versova yang bersih dan indah seperti di masa lalu.

Afroz Shah, penggagas gerakan ini mendapat penghargaan Champions of Earth Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa atas upayanya itu.

Sebuah hal yang bisa dijadikan pelajaran bagi Indonesia yang pantainya semakin lama semakin kotor akibat semakin banyaknya orang yang tidak punya kesadaran terhadap lingkungan.

Subscribe to receive free email updates: