Cara Mengetahui Sudah Saatnya Berbuka Puasa Saat Berada di Atas Commuter Line atau KRL

Cara Mengetahui Sudah Saatnya Berbuka Saat Berada di Atas Commuter Line atau KRL

Adzan Maghrib di bulan Ramadhan seperti sekarang ini adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh jutaan orang setiap harinya. Maklum saja, kedatangannya merupakan pertanda sudah saatnya berbuka puasa bagi umat muslim yang menjalankan.

Sayangnya, di zaman sibuk seperti sekarang ini, banyak orang yang kurang beruntung untuk bisa berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Tidak sedikit dari mereka masih berada di atas kendaraan yang membawa mereka pulang ke rumah.

Seperti saya salah satunya, yang sudah lebih dari 20 tahun lebih banyak berbuka puasa di atas KRL (Kereta Rel Listrik) Jabodetabek, yang sekarang namanya Commuter Line itu. Kecuali hari Sabtu atau Minggu, selebihnya bedug Maghrib selalu saya nantikan, biasanya di dalam gerbong yang penuh sesak dan berhimpitan dengan penumpang lain.

Nah, bagaimana saya bisa tahu sudah saatnya berbuka puasa atau belum dalam kondisi seperti itu? Padahal, disunnahkan untuk segera berbuka puasa ketika muadzin mengumandangkan azdzan.

Tidak masalah. Ada beberapa cara untuk mengetahui sudah saatnya berbuka puasa atau belum saat berada di dalam Commuter Line yang sedang melaju. Not a big deal.

Kalau mau tahu, begini caranya :

1. Di dalam Commuter Line sekarang ada layar LCD yang tergantung di langit-langit kereta dan disana ditayangkan berbagai acara untuk menghibur dan mengurangi penat penumpang. Nah, salah satu acaranya, terutama di bulan Ramadhan adalah tayangan bedug Maghrib.  Cukup menengadahkan kepala ke atas atau memasang kuping saja, sudah akan terdengar suara bedug Maghrib pada saatnya

2. Sayangnya, belum semua rangkaian KRL diperlengkapi dengan layar LCD itu. Cuma, tetap bukan masalah juga untuk bisa mengetahui apakah sudah saatnya berbuka atau belum. Belakangan ini pelayanan di Commuter LIne membaik, termasuk dalam pemberian informasi. Dan, di bulan Ramadhan, sudah menjadi kebiasaan bahwa para announcer di kereta yang sedang berjalan akan mengumumkan via pengeras suara saat adzan Maghrib berkumandang. Jadi, tidak akan terlewat kok waku berbuka puasanya.

3. Yah, namanya manusia, Bisa saja lupa kan announcernya? Ya bisa. Manusia gitu loh. Tapi, tidak seharusnya menjadi masalah juga, di zaman hape bertebaran bak kacang goreng seperti sekarang ini, apalagi dilengkapi dengan fitur Whatsapp Call. Cukup angkat telpon dan telpon ke rumah, tanyakan sama orang di rumah, apakah sudah saatnya berbuka puasa atau belum. Smpel kan?

4. Yang paling mudah sebenarnya kalau semua yang disebutkan di atas tidak bisa dilakukan, ya cukup dengan celingak celinguk saja. Dalam kondisi demikian, biasanya para penumpang di dalam KRL akan saling berbagi, bahkan termasuk informasi. Jadi, kalau memang sudah waktunya untuk berbuka puasa, tidak jarang mereka akan memberitahukan kepada penumpang lainnya, bahkan dengan berteriak. Kemudian berita akan sambung menyambung.

Jadi, jangan pernah khawatir tidak akan tahu waktu berbuka puasa saat sedang dalam perjalanan dengan Commuter Line. Pastikan saja Anda membawa bekal untuk berbuka dan selebihnya hanya bersabar dan menunggu saja.

Percayalah. Saya sudah mengalaminya selama lebih dari 20 tahun.

Subscribe to receive free email updates: