Cara Menuju Tanah Abang Dari Bekasi Dengan Commuter Line

Cara Menuju Tanah Abang Dari Bekasi Dengan Commuter Line

Langkah-langkah menuju Tanah Abang dari Bekasi dengan Commuter Line atau KRL Jabodetabek adalah sebagai berikut :

1. Beli Tiket Langsung ke Tanah Abang

Untuk menuju ke stasiun Tanah Abang, stasiun terdekat dengan pusat tekstil Indonesia itu, akan membutuhkan satu kali transit, atau pindah kereta. Dua buah stasiun transit dalam hal ini adalah Jatinegara atau Manggarai.

Tidak ada Commuter Line dari Bekasi yang langsung mengarah ke Tanah Abang.

Hanya, karena sistem pembelian tiket Commuter Line sudah sedemikian mudahnya, yang harus dilakukan adalah membeli tiket langsung ke Tanah Abang. Ingat langsung ke stasiun Tanah Abang dan bukan Jatinegara atau Manggarai.

Anda bisa membelinya di loket dengan mengatakan kepada petugas tujuan akhir atau melalui Automatic Ticket Vendor Machine atau mesin otomatis penjual tiket.

Tiket yang dibeli adalah jenis THB atau Tiket Harian Berjaminan dimana di dalamnya terdapat jaminan pengembalian kartu sebesar Rp. 10 ribu. Jaminan ini bisa di-refund atau diminta kembali dengan menyerahkan tiket ke loket (baik di stasiun Tanah Abang atau di stasiun Bekasi).

2. Masuk ke peron tunggu

Untuk naik Commuter Line, Anda harus masuk ke dalam stasiun. Caranya adalah dengan menempelkan THB yang Anda beli ke gerbang elektronik.

Caranya mudah. Hanya perlu menempelkan tiket tersebut ke label berwarna kuning bertuliskan "Tap Disini". Tunggu sebentar sampai lampu berubah hijau dan Anda hanya perlu mendorong pintu untuk masuk.

3. Cari Commuter Line dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota

Di dalam stasiun, Anda hanya perlu mencari peron dimana Commuter Line jurusan Stasiun Jakarta Kota.

Kalau kurang paham harus menunggu di peron mana, tanyakan pada petugas yang ada di stasiun. Biasanya ada beberapa petugas yang mengawasi dan bisa membantu Anda untuk menemukannya.

Perhatikan!

Setelah Anda menaiki kereta, putuskan untuk berhenti dimana, Jatinegara atau Manggarai. Disanalah Anda harus berganti kereta untuk menuju Tanah Abang.

Kalau sudah, jangan terlalu banyak ngobrol supaya tidak terlewat. Perhatikan pengumuman yang selalu dikumandangkan oleh announcer di dalam kereta.


4a) Via Manggarai

Bila Anda memakai stasiun Manggarai sebagai stasiun Transit, turunlah begitu sampai disana. Biasanya CL dari Bekasi akan masuk di jalur 1-3.

Cari kereta yang menuju ke arah Angke/Duri/Jatinegara. Yang manapun bisa dipakai karena Tanah Abang berada di jalur yang relasi ini lalui. Biasanya berada di jalur/peron 4-7 (seringnya 6-7). Kalau ragu, tanyakan kepada petugas, tetapi biasanya akan ada pengumuman via pengeras suara di peron mana kereta itu berada.

Stasiun Tanah Abang adalah stasiun ketiga bila dihitung dari arah Manggarai. Stasiun yang akan dilalui adalah Sudirman/Dukuh Atas dan Karet. Untuk lebih jelasnya silakan baca Rute Commuter Line..

Nah, silakan duduk tenang dan perhatikan pengumuman agar tidak terlewat.

Setelah itu, selesai Anda sudah tiba di stasiun Tanah Abang.

4b) via Jatinegara

Opsi kedua adalah singgah di Jatinegara.

Setelah turun di stasiun ini. Cari Commuter Line yang mengarah ke Bogor/Depok/Nambo. Yang manapun silakan dipakai. Tanah Abang akan dilalui oleh kereta relasi ini.

Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun ke-9 kalau memakai rute ini.

Sesampainya di stasiun Tanah Abang, silakan melakukan "Tap Out" di gerbang elektronik untuk keluar peron.

Jangan lupa langsung ke loket untuk menukarkan tiket dan mengambil kembali uang jaminan yang tadi Anda bayarkan saat membeli. Lumayan Rp. 10.000.-

Cukup segitu saja penjelasan tentang cara menuju Tanah Abang dari Bekasi dengan Commuter Line.

Untuk menuju pusat tekstilnya, bisa berjalan kaki atau menggunakan ojeg atau memakai angkutan umum lainnya. Kalau saya sih, mendingan jalan kaki saja, sekalian olahraga.

Selamat berbelanja di Tanah Abang!

Subscribe to receive free email updates: