40 Fakta Menarik Tentang Gedung Opera Sydney [Sydney Opera House]

Fakta Menarik Tentang Gedung Opera Sydney [Sydney Opera House]

Gedung Opera Sydney atau yang dikenal dengan Sydney Opera House adalah salah satu bangunan yang merupakan ikon kebanggaan dari Australia. Bangunan ini bukan hanya terkenal di negara itu saja tetapi juga ke seluruh dunia.

Bentuk bangunannya unik dan dianggap sebagai salah satu bangunan terunik dunia yang diciptakan di abad ke-20. Ditambah dengan lokasinya yang terletak di Pelabuhan Sydney yang berpemandangan indah membuat gedung tempat pementasan berbagai opera di salah satu kota tersibuk di Australia itu menjadi tempat yang tidak pernah dilewatkan para turis baik lokal maupun mancanegara untuk berfoto.

Ada banyak sekali hal-hal yang unik dan menarik dari bangunan yang seperti kubah bertumpuk itu seperti disebutkan di bawah ini :

1. Arsiteknya bernama Jorn Utzon, seorang berkewarganegaraan Denmark. Uniknya ia awalnya ditolak oleh tiga juri dalam kompetisi 1956 untuk mendesain Gedung Opera Sydney ini, tetapi karyanya dipilih oleh hakim keempat, arsitek terkenal Amerika Eero Saarinen, yang menyatakannya luar biasa. Mr Utzon mengalahkan 232 pendatang lainnya.

2. Ia memenangkan £  (GBP) 5.000 untuk desainnya.

3. Mr Utzon tidak pernah mengunjungi situs Sydney Opera House sebelum memasuki kompetisi desain, tetapi menggunakan pengalaman angkatan lautnya untuk mempelajari grafik pelabuhan

4. Pekerjaan dimulai pada tahun 1959, dengan 10.000 pembangun bekerja.

5. Mr Utzon mengundurkan diri sebagai arsitek kepala Opera House pada bulan Februari 1966, setelah pemerintahan Liberal baru terpilih dan Menteri Pekerjaan menghentikan pembayaran kepadanya. Ada protes di jalan-jalan, menuntut agar Utzon dipulihkan, tetapi dia meninggalkan Australia pada bulan April di tahun yang sama, dan tidak pernah kembali untuk melihat desainnya terbentuk.

6. Sydney Opera House Trust (Dana Gedung Opera Sydney) membuka kembali komunikasi dengan Mr Utzon lagi di akhir tahun sembilanpuluhan, dan arsitek itu ditunjuk sebagai konsultan desain untuk pekerjaan di masa depan.

7. Ketika Ratu Elizabeth II meresmikan Gedung Opera Sydney ini pada tanggal 20 Oktober 1973, Utzon dianugerahi Medali Emas Royal Institute of Architects Australia - tetapi orangnya sendiri absen dari upacara.

8. Biaya pembangunan Gedung Opera Sydney mencapai AUS $ 102 juta (£ 60 juta) yang artinya 16 kali lipat dari perkiraan biaya awal yang hanya sebesar AUS $ 7 juta (£ 4,1 juta).

9. Layar gedung opera ini dibangun menggunakan derek yang dibuat khusus untuk pekerjaan di Perancis, masing-masing seharga $ AUS 100.000 (£ 59.000)

10. Bangunan ini memiliki panjang 185 meter dan lebar 120 meter.

11. Titik atap tertinggi adalah 67 meter di atas permukaan laut - sama dengan bangunan setinggi 22 lantai

12. Atapnya tersusun dari 2.194 beton pra-cetak.

13. Setiap bagian dari beton pra-cetak ini memiliki berat hingga 15 ton masing-masing ...

14. Kesemua bagian disatukan oleh 350 km kabel baja .

15. Panjang kabel ini sama dengan jarak dari Sydney ke Canberra, ibukota Australia

16. Atap ditutupi dengan lebih dari satu juta ubin yang khusus dibuat oleh perusahaan Swedia Höganas.

17. Bangunan ini memiliki 6.225 meter persegi kaca dan 645 kilometer kabel listrik.

18. Kaca yang digunakan di gedung itu unik karena dibuat khusus untuk Gedung Opera Sydney dan dibuat di Prancis.

19. Gaya arsitekturnya adalah Modernisme Ekspresionis - yang melibatkan bentuk inovatif dan penggunaan bahan-bahan baru.

20. Seluruh situs mencakup area seluas 5.798 hektar. Luas ini cukup untuk delapan buah pesawat jumbo Boeing 747 berjejer

21. The House menyelenggarakan 3.000 acara setiap tahun.

22. Dua ratus ribu orang per tahun mengikuti tur keliling gedung.

23. Pertunjukannya mendatangkan penonton tahunan yang jumlahnya mencapai 2 juta

24. Bagian terbesar dari Gedung Opera Sydney dari tujuh buah yang tersedia adalah, Concert Hall yang memiliki 2.679 kursi.

25. Yang terkecil adalah ruang Utzon, yang hanya dapat menampung hingga 210 orang.

26. Grand Organ Concert Hall adalah versi mekanik terbesar dari instrumen ini di dunia, dengan 10.154 pipa. Butuh sepuluh tahun untuk membangunnya.

27. Total jumlah ruangan di gedung ini adalah  1.000.

28. 15.500 bola lampu diganti setiap tahun di Opera House.

29. Peringatan ke-40 dirayakan sebulan penuh di bulan Oktober, termasuk konser besar pada tanggal 27 Oktober dengan pertunjukan oleh Sydney Symphony Orchestra, Opera Australia dan Sydney Philharmonia Choirs.

Fakta Menarik Tentang Gedung Opera Sydney [Sydney Opera House]


30. Anda tidak akan kelaparan atau haus di Sydney Opera House: ia memiliki tiga restoran, kafe, bar espresso, serta opera dan bar teater.

31. Bangunan ini terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007, dan banyak orang  menggambarkannya sebagai "patung/monumen besar yang terletak di perairan yang luar biasa

32. Arnold Schwarzenegger memenangkan gelar binaragawan Olimpia terakhir di Concert Hall pada tahun 1980.

33. Selama tahun delapanpuluhan, jaring dipasang di atas lubang orkestra di Teater Opera, setelah ayam hidup berjalan dari panggung selama pertunjukan Boris Godunov dan mendarat di pemain cello.

34. Sydney Opera House adalah tempat yang dijadikan latarbelakang untuk novel kejahatan karya Jon Cleary, Helga's Web, di mana diceritakan sebuah badan ditemukan di ruang bawah tanah gedung. Buku ini dibuat menjadi film yang dibintangi, Scobie Malone, pada tahun 1975.

35. Bangunan ini terbuka untuk umum 363 hari setahun, tutup hanya pada Hari Natal dan Jumat Agung. Tetapi staf bekerja 24 jam penuh, 7 hari tiap minggu, 365 hari setahun.

36. Orang pertama yang tampil di Sydney Opera House adalah Paul Robeson - pada tahun 1960, ia menyanyikan Ol 'Man River kepada para pekerja bangunan saat mereka makan siang.

37. Opera pertama yang dilakukan di gedung ini adalah War and Peace karya Sergei Prokofiev, pada 28 September 1973.

38. Gedung ini pada awalnya adalah tempat pemutaran film populer, dengan film bertema selancar te

39. Gedung ini berfungsi pusat untuk acara-acara triatlon selama Olimpiade Musim Panas 2000.

40. Sejak membuka Gedung Opera, Ratu Elizabeth telah mengunjunginya sebanyak empat kali

Itulah 40 fakta menarik tentang Gedung Opera Sydney.

Mana yang sudah Anda ketahui sebelum membaca tulisan ini?

---
(Dikutip dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates: