7 Manfaat dan Keuntungan Internet Banking Bagi Nasabah

Manfaat dan Keuntungan Internet Banking Bagi Nasabah

Di era internet seperti sekarang ini, nasabah perbankan adalah salah satu pihak yang paling dimanjakan. Kehadiran layanan internet banking sangat mempermudah interaksi antara bank dengan debitur atau krediturnya karena tidak lagi terikat dengan waktu dan tempat. Berbagai manfaat dan keuntungan internet banking bagi nasabah sekarang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi banyak orang dan sudah menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan ketika memilih sebuah layanan perbankan.


Nah, apa saja sih manfaat dan keuntungan internet banking bagi nasabah? Mengapa layanan ini bisa begitu menarik perhatian banyak orang?

Silakan lihat sendiri di bawah ini. Ini hanya sebagian saja dan Anda bisa menambahkan sendiri manfaat apa yang dirasakan dari layanan ini.

1. Tidak Terikat Waktu

Jam operasioal dari kasir atau teller dari sebuah bank rata-rata antara jam 08.00-15.00 saja. Setelah jam itu, biasanya kasir tidak lagi aktif dan beroperasi. Selebihnya bank harus mengurus administrasi dan melakukan kliring terhadap transaksi yang terjadi pada waktu operasional itu.

Bagaimana jika di saat itu seseorang hendak melakukan transfer untuk membeli sesuatu atau membayar tagihan yang segera jatuh tempo? Tentunya, kalau transfer atau pembayaran bisa berakibat tertundanya pengiriman pesanan atau penalti karena keterlambatan pembayaran. Dan, hal itu pengiriman uang tidak lagi bisa dilakukan via kasir bank.

Hal itu tidak menjadi masalah kalau Anda sudah biasa dengan sistem internet banking.

Kapanpun pembayaran bisa dilakukan selama ada jaringan internet dan gadget atau komputer. Pembayaran kartu kredit tidak perlu menanti sampai kantor bank buka, hal itu bisa dilakukan kapanpun Anda mau.

Layanan internet banking tersedia 24 jam. Itulah keuntungan internet banking bagi seorang nasabah yang pertama.

2. Menghemat Waktu

Semua orang sibuk dan prinsip "Time is money" sangat terasa dalam kehidupan di masa sekarang.

Bagaimana kalau kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus membayar tagihan listrik atau air, tetapi pada saat bersamaan Anda tidak bisa keluar kantor karena harus menunggu klien yang akan datang?

Kalau Anda pergi ke cabang bank terdekat, bisa jadi Anda akan terlambat hadir pada pertemuan dengan klien tersebut. Hal seperti ini tentunya tidak memberi kesan yang bagus bagi klien Anda karena ia akan merasa disepelekan. Padahal, kalau tagihan listrik tidak dibayar, bisa jadi aliran listrik di rumah akan terhenti.

Masalah seperti ini akan terselesaikan dengan menggunakan internet banking. Cukup dengan membuka website bank tersebut, Anda sudah bisa mengirimkan pembayaran tanpa harus meninggalkan kantor dan tanpa menghadirkan resiko mengecewakan klien.

3. Lebih Aman

Uang senilai1 juta rupiah memang mudah saja dimasukkan ke dalam kantung tanpa mengundang kecurigaan. Tetapi, uang senilai 100 juta rupiah akan membutuhkan kantung pembawa yang besar dan hal ini bisa mengundang kejahatan. Banyak kasus perampokan terjadi karena orang yang berniat jahat sudah mengintai gerak-gerik para pembawa uang dari atau menuju ke bank.

Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan internet banking.

Cukup dengan menekan tuts keyboard, maka uang dengan nilai berapapun bisa dikirimkan ke rekening penerima tanpa terlihat fisiknya. Tidak ada resiko mengundang niat jahat dalam hal ini.

Keamanan lebih terjamin bagi kedua belah pihak, pengirim dan penerima.

4. Menghemat Tenaga

Memang bergerak itu menyehatkan, tetapi tentunya melelahkan juga kalau harus berjalan pulang pergi ke kantor cabang sebuah bank untuk melakukan transfer. Apalagi kalau sedang berpuasa dan di siang hari bolong, rasanya pasti tidak nyaman dan tenaga terasa terkuras.

Mau tidak mau. Baik berjalan kaki atau menggunakan kendaraan sekalipun pulang pergi ke sebuah tempat akan menggunakan tenaga.

Dan, hal itu tidak akan terjadi kalau menggunakan salah satu manfaat internet banking, yaitu transaksi bisa dilakukan dimana saja. Artinya, bahkan kalau Anda sedang malas emninggalkan kamar tidur sekalipun, transaksi bisa dilakukan.

Cukup buka komputer atau gadget, buka website bank itu, dan langsung transaksi bisa dilakukan. Selesai bahkan tanpa perlu merasa kepanasan karena panasnya sinar matahari.

5. Tidak Kenal Batas

Internet memang memberikan satu keuntungan bagi umat manusia, yaitu batas negara menjadi hampir tidak ada. Seseorang bisa berkomunikasi , berinteraksi  dan bertatap muka dengan orang lain yang berjarak puluhan ribu kilometer seperti berada di dalam ruang yang sama.

Tidak ada batasan.

Ide internet inipun diadopsi oleh yang namanya layanan internet banking. Anda bisa menggunakan bank di negara manapun tanpa harus pergi ke negara tersebut. Semua bisa dilakukan dimanapun Anda berada.

6. Akurat

Pernahkah Anda menyadari bahwa angka yang dimasukkan dalam transaksi internet banking kadang aneh, seperti 1.002.014 rupiah. Kalau Anda bertransaksi di teller, maka tidak mungkin Anda bisa mengirimkan uang dengan nominasi 14 rupiah. Uang logam terkecil di Indonesia adalah Rp. 100.- dan inipun sudah banyak yang malas membawanya.

Disitulah terlihat betapa akuratnya layanan internet banking sehingga nilai transaksi pun bisa sampai ke angka terkecil. Nasabah dalam hal ini bahkan tidak dirugikan serupiah pun (jika dia tidak rela).


7. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Inilah manfaat dan keuntungan internet banking bagi nasabah yang paling disukai. Bisa dilakukan dimana saja.

Mau sedang di dalam WC sekalipun, transaksi tetap bisa dilakukan. Apalagi di zaman dimana smartphone dan gadget ada di tangan hampir semua orang.

Seorang nasabah tidak perlu lagi harus pergi ke lokasi tertentu, yang membuatnya menghabiskan ongkos, waktu, dan tenaga. Dan, yang pasti bahkan tanpa harus mengganggu jadwal acara yang sudah dibuatnya.

Ia bisa melakukannya dimana saja dia mau.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan internet banking bagi nasabah perbankan. Enak sekali bukan memiliki fasilitas seperti ini. Kehidupan menjadi lebih efisien dan nyaman.

Pertanyaannya, sudahkah Anda mencoba melakukannya sendiri? Banyak orang yang masih ragu untuk memanfaatkan layanan internet banking. Salah satu alasannya adalah karena mereka masih ragu akan kehandalan sistem. Masih banyak yang merasa lebih nyaman menggunakan layanan konvensional di kantor cabang bank dan di hadapan kasir.

Apakah Anda salah satu di antara "mereka" itu? Sayang sekali kalau begitu. Berbagai manfaat dan keuntungan internet banking menjadi tersia-sia.

Tetapi, itu adalah pilihan Anda.

Subscribe to receive free email updates: