Patung Dua Anak Bermain Di Halaman Belakang Istana Bogor

Patung Dua Anak Bermain Di Halaman Belakang Istana Bogor

Tahukah Anda bahwa Istana Bogor sangat mirip dengan museum. Di tempat itu tersimpan banyak sekali benda bernilai seni yang berasal dari berbagai negara, dibuat oleh berbagai seniman, dan dari berbagai masa. Paling tidak ada 200 lukisan dan lebih dari 300 patung yang berada di istana yang dulunya bernama te Buitenzorg ini.

Dan, sebenarnya tidak semua tersimpan di dalam istananya. Banyak yang diletakkan di luar ruangan dan bisa terlihat oleh umum. Salah satu tempat dimana beberapa karya seni berbentuk patung diletakkan adalah di halaman belakangnya. Ada beberapa patung bernilai tinggi berdiri disini, seperti Patung Tangan Tuhan, sebuah replika dari karya terkenal pematung dunia dan merupakan persembahan dari Raja Swedia pada tahun 1950-an.

Bagian ini yang terhubung dengan Kebun Raya Bogor membuat para pengunjung Kebun Botani seluas kurang lebih 87 hektar ini bisa melihat beberapa benda seni itu dari sekitar Danau atau Kolam Gunting di dekat Pintu Utama.

Salah satu yang menarik adalah patung dua anak bermain.

Patung yang menggambarkan dua sosok anak tanpa baju sama sekali sedang bermain dan bercengkerama. Mungkin pematungnya hendak menggambarkan dua anak yang sedang bermain air karena satu "bocah" terlihat sedang memonyongkan mulut, seperti sedang menyemburkan air dan yang satunya menutupi wajahnya, seperti sedang mencoba menghindari semburan air itu.

Patung Dua Anak Bermain Di Halaman Belakang Istana Bogor

Entah siapa pematungnya, tetapi yang pasti kemungkinan besar adalah salah satu dari seniman patung di Indonesia.

Hal itu bisa diduga karena patung dua anak bermain ini mirip dengan kehidupan masa kanak-kanak beberapa puluh tahun lalu, sebelum internet dan televisi mewabah. Anak-anak masih bermain bersama di luar, seperti berenang di kali atau di sawah.

Patung Dua Anak Bermain Di Halaman Belakang Istana Bogor

Sayang memang tidak diketahui asal muasalnya karena sudah pasti seperti juga banyak benda seni di Istana Bogor lainnya, patung ini pasti memiliki cerita tersendiri di belakangnya. Sesuatu yang bisa menjadi bahan pendidikan tentang seni budaya Indonesia, terutama dalam hal seni patung, di masa lalu.

Jika Anda ingin melihatnya, datang saja ke KRB dan masuk dari Pintu Utama. lalu berjalan lurus hingga terlihat bagian belakang Istana Bogor. Mendekatlah hingga ke tepian Kolam Gunting. Dari sana akan terlihat "Patung Dua Anak Bermain" ini.

Subscribe to receive free email updates: