Tantangan Itu Bernama Blog Gado-Gado

Tantangan Itu Bernama Blog Gado-Gado

Tantangan Itu Bernama Blog Gado-Gado

Blog gado-gado itu jelek. Bukan hanya satu tetapi ratusan bahkan ribuan blogger, terutama dari kalangan internet marketer atau blogger yang mengajarkan cara menghasilkan uang dari blog mengatakan hal yang sama.  Blog gado-gado, atau blog yang berisikan topik berbagai macam dianggap sebagai sesuatu yang tidak bagus dan tidak berpotensi menghasilkan uang dan menjanjikan kesuksesan bagi bloggernya.

Setidaknya, salah satu blogger ternama Indonesia, Mas Sugeng, secara gamblang mengatakan itu dalam salah satu postingannya . Coba saja masukkan frase " blog jelek" Anda akan menemukan pandangan dari Mas Sugeng tentang betapa blog gado-gado itu jelek.

Alasannya berbagai macam, tetapi yang paling utama bahwa "katanya" blog dengan topik yang beragam seperti itu akan memusingkan pembaca. Mereka tidak akan mengerti si blogger itu akan membahas tentang apa. Tidak ada spesialisasinya.

Berbeda dengan niche blog, atau blog yang hanya membahas satu topik saja. Pembaca akan dengan serta merta langsung menemukan apa yang menjadi inti dari blog itu.

Masalah branding atau citra pun juga dijadikan alasan. Katanya, sulit untuk menanamkan image dalam diri pembaca tentang keistimewaan sebuah blog kalau topiknya tidak tentu arah, alias berbagai macam.

Yah, itu pandangan dari banyak orang.

Tetapi, bukan saya. Saya tidak berpikir demikian.

Pengalaman saya dalam dunia marketing mengatakan bahwa masalah branding atau pencitraan bisa dilakukan bahkan ketika sebuah perusahaan memproduksi berbagai macam barang. Sebagai contohnya, Unilever, yang memproduksi mulai dari sabun, pasta gigi, sampai makanan. Perusahaan ini masih tetap bisa melakukan branding dengan baik.

Dan, hal itu sebenarnya bisa diterapkan dalam sebuah blog sekalipun.

Bukan sebuah masalah ada beragam "produk" di dalamnya.

Memang, agak lebih sulit dibandingkan membuat branding dari beragam hal dibandingkan yang hanya satu hal saja. Yang spesifik cenderung lebih mudah ditangani. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin.

Apalagi, seorang marketing yang baik tidak boleh mengatakan tidak bisa. Sulit bukan berarti tidak bisa.

Dalam dunia blogging sendiri, klaim bahwa blog gado-gado tidak bisa sukses tidak benar sama sekali. Sudah banyak sekali contoh bahwa blog yang isinya artikel dengan beragam topik pun bisa menghasilkan ketenaran dan kesuksesan. Bahkan, tidak sedikit blog yang tadinya niche blog kemudian bahkan melebar dan memasukkan topik-topik lainnya dan pada akhirnya menjadi sebuah blog salad, alias gado-gado juga.

Contohnya, di luar negeri ada Treehugger, yang awalnya blog bertema lingkungan, tetapi kemudian berkembang menjadi gaya hidup juga. Mashable yang tadinya blog teknologi, kemudian merambah ke banyak hal lain, seperti politik.

Sukses itu bukan masalah alat yang dipakainya, tetapi lebih tentang bagaimana mengolahnya. Ibaratnya seorang chef yang baik, mau memakai kompor buatan Modena atau kompor minyak tanah sekalipun, ia akan tetap bisa menghasilkan makanan yang enak. Lihat saja siaran di televisi dimana seorang chef bahkan memasak dengan tungku dan masakannya tetap saja enak dan sedap.

Itulah pandangan saya dalam hal blog gado-gado.

Tergantung dari cara mengolahnya. Disitulah tantangan utamanya, yaitu menemukan cara yang tepat agar blog gado-gado bisa maju.

Berdasarkan keyakinan terhadap hal yang satu itulah, saya tetap menjalankan dan mengelola blog Umum Sekali ini. Isinya jelas tidak tentu arah karena ada topik lingkungan, tekstil, blog, dan bahkan cerita tentang kehidupan saya sekalipun. Semua dicampur adukkan disini.

Bahkan, saya memutuskan membeli dan merubah domainnya menjadi www.umumsekali.com dari sebelumnya www.umumsekali.blogspot.com.

Karena saya tetap yakin bahwa jika blog gado-gado ini dikelola dengan baik, blog ini setidaknya akan bisa menghasilkan uang bagi saya, si pengelolanya. Tidak berbeda dengan beberapa niche blog lain yang saya kelola.

Peluangnya sama saja. 50-50.

Tinggal tergantung apakah saya bisa mengelolanya dengan baik atau tidak. Kalau bisa, berarti blog ini akan berkembang, tetapi kalau tidak, berarti ya gagal. Tetapi, selama beberapa bulan terakhir, justru keyakinan itu menguat karena blog ini mulai kedatangan pembaca lebih banyak dan tentunya sudah mulai mengucurkan recehan ke akun Adsense saya.


Jadi, terserah apa yang para dewa blogger dan internet marketer katakan atau sabdakan.  Saya akan tetap mengelola blog Umum Sekali dengan tema gado-gado. Tidak ada alasan saya harus percaya kepada mereka. Bahkan, mungkin saya akan mengatakan bahwa para dewa blogger itu sebaiknya membaca lebih banyak lagi agar pengetahuan mereka lebih berkembang dan maju.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon