Yang Unik Pada Lambang Angkatan Udara Selandia Baru

Yang Unik Pada Lambang Angkatan Udara Selandia Baru

Yang Unik Pada Lambang Angkatan Udara Selandia Baru

Pernahkah Anda menyadari ada sesuatu yang unik pada lambang Angkatan Udara Selandia Baru (RNZAF - Royal New Zealand Air Force)?

Sama halnya dengan semua angkatan udara di seluruh dunia, pada setiap pesawatnya akan terdapat sebuah lambang. Biasanya dalam bentuk bulatan atau segilima yang mencirikan dan memberi pesawat tersebut identitas negara asalnya.

Begitu juga semua pesawat milik RNZAF, Angkatan Udara Selandia Baru.

Lambangnya adalah seperti di bawah ini.


Sebuah lingkaran dengan simbol seekor hewan, "burung" di dalamnya yang berwarna merah.

Tahukah "burung" apa yang dijadikan simbol tersebut?

Namanya KIWI, burung yang merupakan genus Apteryx dan family Aperigidae. Burung ini memang merupakan fauna khas asli negara yang jumlah biri-birinya melebihi jumlah penduduk manusianya. Terdapat banyak spesies burung ini di negara kepulauan di belahan bumi Selatan ini.

Dimana uniknya?

Angkatan udara dimanapun adalah kekuatan bersenjata yang mengandalkan pada kemampuan mereka untuk menguasai udara, alias butuh kemampuan untuk terbang..Biasanya lambang atau simbol yang dipergunakan adalah burung-burung pemangsa seperti elang atau burung predator lainnya.

Sedangkan KIWI sendiri meski termasuk dalam Kelas Burung, tetapi burung ini tidak bisa terbang. Sama seperti ayam, burung unta, Kiwi tidak bisa mengangkasa dan menjelajah udara sama sekali.






Kiwi hanya bisa berjalan dan mencari makanan di daratan saja.

Memang unik jadinya ketika sebuah angkatan udara justru memakai simbol sesuatu yang hanya bisa berada di darat saja.

Tetapi, hal itu bisa dimengerti karena KIWI dalam hal ini merupakan simbol dari Selandia Baru. Jadi, meskipun ia tidak bisa terbang, tetap saja simbolnya harus terpasang sebagai identitas nasional negara itu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon