10 Fakta Menarik Tentang Kopi

10 Fakta Menarik Tentang Kopi

10 Fakta Menarik Tentang Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling banyak dikonsumsi di dunia dan juga diperdebatkan terumana tentang efeknya terhadap manusia.

Para ilmuwan sejak lama mengeluarkan beberapa hasil penelitian tentang minuman harum ini.

Beberapa diantaranya menimbulkan perdebatan panjang. Apakah  kopi akan membunuhmu atau membuatmu hidup lebih lama? Apa yang membuat secangkir kopi yang sempurna? Apakah kopi decaf benar-benar tidak mengandung kafein? Dan siapa yang menikmati cangkir pertama jawa?

Inilah fakta hasil dari berbagai penelitian terkait kopi.

1. Kafein

Banyak orang berpandangan bahwa kafein, zat yang terkandung dalam kopi bisa membunuh manusia. Kenyataannya ? Yah betul sekali kafein memang bisa menyebabkan kematian kepada manusia... tetapi... kalau jumlah yang diminum adalah 80-100 cangkir kopi yang diminum dalam waktu singkat.

Sebenarnya tidak berbeda dengan berbagai hal lain, seperti roti yang bisa menimbulkan kematian kalau dimakan terlalu banyak.

Dimanapun yang berlebihan tidak baik.

2. Kopi Bagus Bagi Kesehatan

Banyak juga yang mengatakan kopi baik kesehatan. Kenyataannya? Tidak salah juga.

Sejumlah penelitian yang dilakukan terpisah pada 2014, 2015 dan 2016 menemukan bahwa kopi baik untuk hati Anda, kopi dapat menurunkan risiko serangan jantung, mungkin mengurangi risiko kanker usus besar . Juga  seperti dilaporkan dalam jurnal Circulation, satu hingga lima cangkir sehari umumnya mengurangi risiko kematian dini.

Sebuah penelitian yang dirilis pada bulan Maret, 2016 menemukan kopi terkait dengan penurunan risiko multiple sclerosis (MS).

3.  Meningkatkan Gairah Seksual Pada Wanita

Katanya sih begitu.

Uji coba sudah dilakukan pada tikus dan tikus peminum kopi, terutama pada wanitanya menunjukkan peningkatan gairah seksual.

Namun peneliti mengatakan pada manusia, kopi mungkin meningkatkan pengalaman seksual hanya di kalangan orang-orang yang bukan peminum kopi.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Dosis rendah kafein - setara dengan dua cangkir kopi - dapat mengurangi nyeri otot pasca berolahraga, sebuah penelitian kecil menemukan. Tetapi penelitian dilakukan pada orang-orang yang bukan peminum kopi biasa. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebelum duduk untuk bekerja di depan komputer mengalami nyeri leher dan bahu yang lebih sedikit. Tidak ada penelitian yang cukup untuk menarik kesimpulan pasti tentang kemungkinan ini.

Semoga 10-20 tahun lagi sudah ada yang punya data lengkap bahwa kopi bisa mengurangi rasa sakit.

5. Membuatmu Terjaga di Malam Hari

Susah dibantah karena jutaan orang membuktikannya. Entah karena apanya, bisa jadi karena sugestinya.

Tetapi tidak ada salahnya mengetahui bahwa para ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari kopi selama 6 jam sebelum tidur, karena efek kafein dapat bertahan berjam-jam.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan kafein dapat membingungkan jam internal tubuh Anda, membingungkan sinyal yang memberi tahu Anda kapan harus tidur. Pekerja shift malam mungkin menemukan bahwa minum kopi selama jam kerja mengganggu tidur siang mereka.

6. Kopi Decaf Mengandung Kafein

Banyak salah paham bahwa kopi "decaf" atau "decafein" tidak mengandung kafein sama sekali dan aman bagi tubuh.

Tetapi, sebenarnya tidak demikian. Kopi berlabel decaf tetap mengandung kafein hanya jumlahnya 5-10 kali lebih sedikit dari kopi biasa.

7. Proses Decafein (Proses menghilangkan kafein) menggunakan bahan kimia

Ternyata begitulah adanya. Untuk emngurangi kandungan kafein dan menghasilkan kope decaf, ada bahan kimia yang digunakan.

Ketika biji kopi dikukus agar kafein yang terlarut naik ke permukaan, di mana kafein kemudian dicuci dan dibuang menggunakan pelarut organik yang disebut metilen klorida.

8. Rasa pahit kopi bukan dari Kafein

Banyak yang bilang bahwa rasa pahit kopi datang dari kafein, kenyataannya tidak begitu. Penyebab rasa pahit adalah antioksidan yang terkandaung dalam kopi.

9. Kopi Yang Enak Tergantung Pemanggangan dan Penyeduhannya

Bagaimana menghasilkan secangkir kopi yang enak rasanya? Yah ternyata perlu langkah panjang.

Langkah pertama adalah saat memanggang biji kopi. Menurut para ahli, untuk mendapatkan biji kopi yang baik adalah dengan memanggangnya pada suhu 400 derajat celcius. Sebab, pada saat itu minyak dalam biji kopi akan mengental dan semakin banyak. Semakin banyak dan kental minyak, semakin kuat rasa.


Itu baru setengah jalan.

Saat menyeduh kopi pun harus diperhatikan karena suhu air yang kurang atau terlalu panas justru membuyarkan kafein.

Ruwet ternyata. Apalagi kalau kita juga menimbang bahwa kata "enak" itu sendiri berbeda setiap orang.

10. Penemu Kopi adalah Kambing

Satu milenium lalu di gunung di benua Afrika, sekelompok kambing embuat gembalanya tidak bisa tidur karena mereka juga tidak mau tidur dan tetap terjaga setelah makan semacam buah berry siang harinya. Maklum kambing pemakan segalanya.

Gembalanya yang tidak bisa tidur kemudian membawa buah hasil temuannya kepada para biarawan yang kemudian mencobanya. Dan, ternyata para biksu itu merasakan hal yang sama alias mereka tidak mengantuk saat melakukan doa setelah minum / makan buah itu.

Paling tidak begitulah cerita penemuan kopi dalam sejarah manusia. Benar tidaknya susah dikonfirmasi karena kambing tidak bisa bicara.

Tetapi, kalau melihat alur ceritanya memang tidak terbantahkan bahwa penemu kopi adalah KAMBING.

Itulah fakta menarik tentang kopi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar