10 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

10 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

10 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

Pernahkah Anda melihat kuda laut? Paling tidak Anda pasti sudah pernah melihat simbol yang berdasarkan pada hewan laut ini. Tidak percaya? Coba saja lihat logo Pertamina. Perusahaan minyak milik RI ini memakai logo berbentuk dua kuda laut yang saling berhadapan. Iya kan>

Nah, ternyata banyak fakta menarik tentang kuda laut ini. Silakan lihat di bawah ini.

1. Kuda laut adalah ikan.

Meskipun namanya memiliki nama hewan yang biasa dilihat di daratan, kuda, hewan ini adalah ikan dan bukan mamalia.

Memang ternyata tidak mudah mencapai kesepakatan tentang kategori dimana kuda laut harus ditempatkan, tetapi para ahli akhirnya sepakat bahwa kuda laut adalah ikan.

Keputusan ini diambil berdasarkan beberapa ciri dari hewan ini.
  • Mereka bernafas menggunakan insang
  • Memiliki kantung untuk mengontrol daya apung mereka
  • Memiliki sirip
Kuda laut diklasifikasikan dalam Kelas Actinopterygii, ikan bertulang. Ikan lain yang juga termasuk dalam kelas ini adalah ikan cod dan tuna. Hewan ini tidak memiliki sirip ekor, tetapi mereka memiliki 4 sirip ,  satu di pangkal ekor, satu di bawah perut dan satu di belakang setiap pipi.

02. Kuda laut adalah perenang yang buruk.

Walau termasuk ikan, kuda laut bukanlah perenang yang hebat. Mereka tidak suka berenang dan terkadang lebih suka berdiam di satu area saja. Tidak jarang mereka lebih suka menambatkan dii pada karang atau rumput selama berhari-hari.

Sirip mereka mampu bergerak 50 kali perdetik dan dipergunakan untuk maju, mundur, naik, dan turun. Hal itu membedakan mereka dari ikan pada umumnya yang tidak mampu berenang mundur.


03. Kuda laut hidup di seluruh dunia


Kuda laut bisa ditemukan di berbagai perairan tropis dan beriklim sedang di seluruh dunia. Habitat favorit kuda laut adalah terumbu karang dan hutan bakau.

Kuda laut menggunakan ekor untuk berpegang dan bergantung rumput laut dan karang bercabang. Meskipun kecenderungan mereka untuk hidup di perairan yang cukup dangkal, kuda laut sulit untuk dilihat di alam liar hal itu terjadi karena mereka lebih suka diam dan berbaur dengan lingkungan mereka.

04. Ada 53 spesies kuda laut


Menurut World Register of Marine Species, ada 53 spesies kuda laut. Ukurannya berkisar dari kurang dari 1 inci, hingga 14 inci (35 Centimeter) . Mereka dikategorikan dalam Family Syngnathidae, yang mencakup pipefish dan seadragons.

05. Kuda laut itu tukang makan


Kuda laut memakan plankton dan krustasea kecil. Mereka tidak memiliki perut, sehingga makanan melewati tubuh mereka dengan sangat cepat, dan mereka perlu makan hampir terus-menerus.

10 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

06. Kuda laut ada yang menganut monogami tapi ada juga yang poligami


Banyak kuda laut yang monogami, setidaknya selama musim kawin tunggal.

Mitos melanggengkan bahwa kuda laut kawin seumur hidup, tetapi ini tidak seratus persen benar. Karena ada juga spesies kuda laut yang berganti pasangan.

Tidak seperti banyak spesies ikan lainnya, kuda laut memiliki ritual perkawinan kompleks dan dapat membentuk ikatan yang berlangsung selama musim kawin. Ada proses pacaran yang melibatkan "tarian" di mana mereka melilitkan ekor mereka, dan tubuhnya berubah warna.

 

07. Bukan betina Yang Melahirkan.


Tidak seperti spesies lain, dimana betina yang mengandung, di dunia kuda laut, pejantan lah yang akan mengandung. Hal ini terjadi karena kuda laut betina akan memasukkan telurnya melalui saluran telur ke dalam kantong induk laki-laki.

Laki-laki bergoyang untuk menempatkan telur ke posisinya. Setelah semua telur dimasukkan, sang jantan pergi ke karang atau rumput laut terdekat dan menunggu hingga telur menetas. Proses mengandung ini berlangsung selama beberapa minggu.

Ketika saatnya untuk melahirkan, dia akan memutarbalikkan tubuhnya sampai yang semua anaknya  dilahirkan. Proses kelahiran ini bisa hanya beberapa menit atau jam.

Bayi kuda laut terlihat seperti versi miniatur orang tua mereka.

 

08. Kuda laut ahli dalam kamuflase


Beberapa kuda laut, seperti kuda laut kerdil biasa, memiliki bentuk, ukuran dan warna yang memungkinkan mereka untuk berbaur sempurna dengan habitat karang mereka. Lainnya, seperti kuda laut berduri, berubah warna untuk berbaur dengan lingkungan mereka.

 

09. Manusia memanfaatkan kuda laut dalam banyak cara.


Dalam bukunya Poseidon's Steed, Dr. Helen Scales membahas hubungan manusia dengan kuda laut.

Mereka telah digunakan sebagai obyek seni selama berabad-abad, dan masih digunakan sebagai bahan obat tradisional Asia.

Biasanya mereka yang meramu obat dengan bahan kuda laut akan memiliki akuarium dimana kuda laut diternakkan selain mengambilnya langsung dari laut.

10. Terancam Kepunahan


Kuda laut terancam keberadaannya karena ulah manusia. Selain karena perburuan untuk bahan obat tradisional, mereka terancam karena polusi dan pencemaran yang kerap merusak habitan mereka di perairan dangkal.

Belum lagi dengan semakin banyaknya orang yang menangkapnya untuk dijadikan sebagai penghias akuarium.

Itulah fakta menarik tentang kuda laut, si kuda tetapi ikan yang hidup di laut.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar