164 Fakta Tentang Mesir

199 Fakta Tentang Mesir Yang Sangat Mencengangkan

Mesir, sebuah negara di benua Afrika yang terkenal dengan piramidanya, menyimpan banyak sekali fakta menarik yang bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Memang tidak mengherankan mengingat betapa banyak penemuan di negara ini yang menunjukkan perkembangan peradaban manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Bukan hanya pengetahuan tentang kehidupan masa lalu yang membuat negara ini menjadi menarik untuk diamati, tetapi juga tidak terhitung misteri yang belum terpecahkan mengundang perhatian banyak orang tidak beda dengan gula menarik semut.

Ada banyak fakta menarik yang tentang negara yang satu ini dan mayoritas dari fakta itu ternyata mencengangkan, membuka mata, serta mematahkan berbagai mitos di dunia ini.

Beberapa diantaranya terangkum di bawah ini, yang dikutip dan disadur dari berbagai sumber.

199 Fakta Tentang Mesir

 1. Seorang ayah Mesir menamai anaknya yang baru lahir "Facebook" untuk memperingati peran yang dimainkan Facebook dalam revolusi Mesir 2011. Nama lengkapnya adalah Facebook Jamal Ibrahim. 

2. Ada lebih dari lima juta pengguna Facebook di Mesir, lebih banyak dari negara Timur Tengah lainnya. Pada 2009, Mesir memiliki 20.136 juta pengguna Internet, peringkat 21 di dunia.

3. Mesir memiliki populasi Arab terbesar di dunia.

4. Itulah mengapa nama resmi Mesir adalah Republik Arab Mesir.

5. Sekitar 90% orang Mesir adalah Muslim (terutama Sunni), 9% adalah Koptik, dan 1% adalah Kristen.

6. Firaun Pepi II (2246-2152 SM) memiliki pemerintahan terlama dalam sejarah — 94 tahun. Ia menjadi raja Mesir ketika ia baru berumur 6 tahun.


7. Firaun Pepi II memiliki kebiasaan aneh dengan mengolesi budak telanjang dengan madu supaya lalat lalat menjauh darinya dan memilih madu pada tubuh si budak.

8. Bangsa Mesir kuno percaya bahwa jiwa raja naik mengikuti  sinar matahari dan menuju ke haribaan ke dewa matahari

9. Bentuk piramida Mesir kuno dianggap terinspirasi oleh sinar matahari yang menyebar.

10. Bendera Mesir mirip dengan bendera Suriah, Irak, dan Yaman dan terdiri dari tiga pita warna dari bendera Pembebasan Arab — merah, putih, dan hitam — dengan elang emas Saladin di pita putih. Pada bendera Mesir, hitam melambangkan penindasan, merah melambangkan perjuangan berdarah melawan penindasan, dan putih adalah simbol dari masa depan yang cerah.

11. Tingkat melek huruf untuk pria Mesir adalah 83% dan 59,4% untuk wanita.

12. Rata-rata, hanya satu inci (2,5 centimeter) hujan turun di Mesir per tahun

13. Sejarah Mesir umumnya dianggap telah dimulai pada 3200 SM. ketika Raja Menes (juga disebut Narmer) menyatukan Kerajaan Atas dan Bawah. Dinasti pribumi terakhir jatuh ke Persia pada 341 SM. dan digantikan oleh orang Yunani, Romawi, dan Bizantium. Arab memperkenalkan Islam dan bahasa Arab ke Mesir pada abad ketujuh.

14. Pada Juli 2011, populasi Mesir adalah 82.079.663, menjadikannya negara terpadat ke-15 di dunia. Sekitar 99% dari populasi hidup di wilayah yang hanya sekitar 5,5% dari total luas Mesir (maklum banyak gurun pasir disana)

15. Piramida Agung yang terkenal di Giza dibangun sebagai tempat pemakaman Raja Khufu (2589-2566 SM) dan membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk dibangun. Piramida ini dibangun dari lebih dari dua juta blok batu kapur, masing-masing seberat dua setengah gajah. Tingginya sekitar 460 kaki (149 m) tinggi — lebih tinggi dari Patung Liberty. Landasan dimana Piramida Besar ini memiliki luas tanah hampir sebanyak ruang lima lapangan sepakbola.

16. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa mumifikasi (menjadikan mayat sebagai mumi) memastikan orang yang meninggal dunia mendapatkan tempat yang aman di akhirat. Proses mumifikasi memiliki dua tahap: pertama pembalseman tubuh, kemudian pembungkus dan penguburan tubuh. Organ disimpan dalam stoples kanopi, setiap toples mewakili dewa.

17. Bangsa Mesir Kuno memumikan bukan hanya orang tapi juga hewan. Arkeolog menemukan  mumi buaya sepanjang 15 kaki (4,5 m). Buaya ini dikenal sebagai “penghancur hati manusia” dalam Kitab Kematian Kuno.

18. Pada saat Ramses II meninggal pada usia sekitar 90 tahun, ia menderita masalah gigi yang parah, arthritis dan pengerasan arteri

19. Ramses II (1279-1212 SM) sering dianggap sebagai firaun terbesar ("rumah besar") dari kerajaan Mesir. Dia memerintah Mesir selama 60 tahun dan merupakan satu-satunya firaun yang membawa gelar "Agung" setelah namanya. Dia memiliki lebih dari 90 anak: sekitar 56 anak laki-laki dan 44 perempuan. Dia memiliki delapan istri resmi dan hampir 100 selir. Dia juga memiliki rambut merah, yang dikaitkan dengan dewa Seth.

20. Wanita Mesir Kuno memiliki lebih banyak hak dan keistimewaan daripada kebanyakan wanita lain di dunia kuno. Misalnya, mereka dapat memiliki properti, melakukan transaksi bisnis, dan memulai perceraian. Perempuan dari keluarga kaya bisa menjadi dokter atau pendeta.

21. Bagi orang Mesir kuno, roti adalah makanan dan bir sebagai minuman favorit mereka. Model pembuat bir bahkan dimasukkan ke dalam makam untuk memastikan bahwa almarhum memiliki banyak bir di dunia berikutnya.


22. Bangsa Mesir kuno memiliki tiga kalender yang berbeda: kalender pertanian sehari-hari, kalender astronomi, dan kalender bulan. Kalender pertanian 365 hari terdiri dari tiga musim empat bulan. Kalender astronomi didasarkan pada pengamatan bintang Sirius, yang muncul kembali setiap tahun pada awal musim hujanr. Akhirnya, para imam menyimpan kalender lunar (berdasarkan bulan) yang memberi tahu mereka kapan harus melakukan upacara untuk dewa bulan Khonsu.

23. Hieroglif dikembangkan sekitar 3.000 SM. dan diduga dimulai sebagai lukisan dinding .

24. Berbeda dengan 26 huruf Inggris, ada lebih dari 700 hieroglif  Mesir.

25. Piramid pertama Mesir adalah piramid langkah yang dibangun oleh arsitek Mesir terkenal Imhotep untuk Djoser Firaun pada 2600 SM

26. Orang Mesir kuno menyembah lebih dari 1.000 dewa dan dewi yang berbeda. Dewa terpenting dari semuanya adalah Ra, dewa matahari.

27. Selama sejarah panjangnya, Mesir telah dikenal dengan banyak nama yang berbeda. Misalnya, selama Kerajaan Lama (2650-2134 SM), Mesir disebut Kemet atau Tanah Hitam, yang merujuk pada tanah yang gelap dan subur di Lembah Nil. Itu juga disebut Deshret, atau Tanah Merah, yang merujuk pada padang pasir Mesir yang luas. Belakangan, itu dikenal sebagai Hwt-ka-Ptah atau “Rumah Ka dari Ptah.” Ptah adalah salah satu dewa tertua di Mesir. Orang Yunani mengubah Hwt-ka-ptah menjadi Aegyptus.

28. Pariwisata menyerap 12% tenaga kerja di Mesir.

29. Gurun Sahara pada satu waktu adalah padang rumput yang subur . Overgrazing dan / atau perubahan iklim di 8000 SM. mulai mengubah daerah itu dari tanah subur menjadi padang pasir. Gurun ini sekarang ini adalah gurun panas terbesar di dunia dengan luas lebih dari 3.630.000 mil persegi — kira-kira seukuran Amerika Serikat.

30. Orang Mesir kuno menganggap kecantikan sebagai tanda kekudusan, itulah sebabnya kosmetik menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari

31. Di Mesir, baik pria maupun wanita mengenakan riasan mata yang disebut kohl, yang terbuat dari bahan mentah yang dicampur dengan minyak. Mereka percaya itu memiliki kekuatan penyembuhan magis yang dapat memulihkan penglihatan yang buruk dan melawan infeksi mata.

32. Firaun pertama di Mesir dianggap sebagai Raja Menes, yang mempersatukan Kerajaan Atas dan Bawah pada 3150 SM. Dia menamakan ibu kota dari tanah persekutuan, Memphis, yang berarti “Keseimbangan Dua Tanah.” Legenda mengatakan ia memerintah selama 60 tahun sampai ia dibunuh oleh seekor kuda nil.


33. Harapan hidup orang Mesir adalah sekitar 72,66 tahun, yang menempati urutan ke 124 di dunia. Harapan hidup laki-laki adalah sekitar 70,07 tahun dan 75,38 tahun untuk perempuan. Monaco memiliki harapan hidup tertinggi di dunia di 89,73 tahun. Amerika Serikat adalah 50, dengan harapan hidup 78,37 tahun.


34. Tingkat kesuburan di Mesir adalah 2,97 anak per wanita, yang merupakan tingkat kesuburan tertinggi ke-66 di dunia. Niger menempati urutan pertama dengan 7,60 anak per wanita. Amerika Serikat adalah 124 dengan 2,06 anak per wanita.

35. Mesir adalah negara terbesar ke-30 di dunia berdasarkan wilayah. Sedikit lebih besar dari tiga kali New Mexico, wilayah Mesir adalah 386.560 mil persegi (1.001,450 km persegi).

36. Orang Mesir kuno adalah orang pertama yang memiliki tahun yang terdiri dari 365 hari dibagi menjadi 12 bulan. Mereka juga menemukan jam.

37. Untuk tetap tenang dan menghindari kutu, baik pria maupun wanita di Mesir kuno mencukur kepala mereka dan sering mengenakan wig. Bahkan, karena wig menunjukkan status sosial, mereka menjadi salah satu aksesori fesyen terpenting di Mesir kuno. Orang kaya mengenakan wig yang terbuat dari rambut manusia, sementara orang miskin memakai wig yang terbuat dari wol atau serat nabati.

38. Polymath Mesir Imhotep ("orang yang datang dalam damai") ​​dikenal sebagai dokter pertama, insinyur pertama, dan arsitek pertama.

39. Sungai Nil di Mesir adalah yang terpanjang di dunia, dengan panjang 4.135 mil (6.670 km). Bangsa Mesir Kuno akan mengukur kedalaman Sungai Nil menggunakan "nilometer." Kata Inggris "Nil" berasal dari nahal Semit, yang berarti "sungai." Mesir Kuno menyebut sungai iteru, yang berarti "sungai besar."

40. Dalam upaya untuk mengendalikan banjir tahunan Sungai Nil, salah satu bendungan terbesar di dunia dibangun di Mesir pada tahun 1971,  Bendungan Aswan . Sayangnya, lumpur tebalyang biasanya membuat subur daratan Mesir yang kering bermukim di Danau Nasser setelah pembangunan bendungan, memaksa para petani untuk menggunakan satu juta ton pupuk buatan setiap tahun.

41. Bangsa Mesir kuno percaya air mata dewi Isis membuat sungai Nil meluap setiap tahun. Mereka merayakan banjir dengan festival yang disebut “Night of the Tear Drop (Malam Airmata)”

42. Seorang pendeta sering mengenakan topeng kepala dewa Anubis pada saat membuat mumi. Bangsa Mesir Kuno mengaitkan Anubis (dewa kematian) dengan serigala karena serigala akan menemukan mayat dari pemakaman Mesir dan memakannya.

43. Orang Koptik adalah komunitas Kristen terbesar di Mesir dan di Timur Tengah. Karena agama Kristen adalah agama utama di Mesir antara abad keempat dan keenam, istilah "Koptik" aslinya berarti semua orang Mesir.

44. Di Perancis, piramida kaca berdiri di luar museum Louvre yang terkenal sebagai penghargaan bagi bangsa Mesir kuno dan dunia mereka yang menakjubkan.

45. Pemukul lalat yang terbuat dari ekor jerapah merupakan barang mode populer di Mesir kuno.

46. Kualitas yang paling dihargai orang Mesir kuno disebut ma'at, yang berarti perilaku yang baik, kejujuran, dan keadilan. Ma'at juga merupakan nama dewi kebenaran yang, menurut mitos, membebani setiap hati orang Mesir setelah kematian.

47. Sebelum seorang juru tulis Mesir kuno menulis apa pun, ia selalu menuangkan air yang dicampur dengan tinta sebagai persembahan kepada dewa Thoth, utusan para dewa dan pelindung ahli-ahli Taurat dan pembelajaran. Orang Mesir yang bisa menulis diyakini memiliki kekuatan dari para dewa.

48. Bangsa Mesir kuno percaya bahwa dewa Thoth menciptakan tulisan dan memberikan rahasianya kepada manusia. Simbolnya adalah burung yang disebut ibis dan babon.

49. Hanya 150 tahun yang lalu, orang Amerika dan Eropa percaya bahwa mumi memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa. Mereka merubah mumi menjadi bubuk dan menggunakannya sebagai obat untuk semua jenis penyakit.

50. Kata fir'aun dimulai sebagai nama panggilan untuk raja Mesir. Kata ini berarti "rumah besar" karena semua orang percaya bahwa tubuh manusia raja adalah rumah bagi dewa. Istilah ini sebenarnya tidak digunakan hingga dinasti ke-20 (1185-1070 SM).

164 Fakta Tentang Mesir


51. Piramida Besar di Giza memiliki ventilasi yang mengarah ke konstelasi Orion sehingga roh mumi dapat terbang lurus ke arah dewa.

52. Di Mesir kuno, setiap kota besar mendukung satu dewa favorit, serupa dengan orang-orang yang mendukung tim sepak bola hari ini.

53. Bangsa Mesir kuno perlu memprediksi kapan sungai Nil akan banjir. Hal inilah yang mengarah pada pengembangan kalender pertama di dunia.

54. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa mereka dibuat dari tanah liat di atas roda tembikar oleh dewa sungai Khnum.

55. Meksiko, bukan Mesir, memiliki piramida terbesar di dunia dalam hal volume. Piramida Cholula (kadang-kadang disebut sebagai Quetzalcoatl) dibangun sekitar tahun A.D. 100. Meskipun ketinggiannya hanya 40% dibandingkan Piramida Agung Cheops di Giza di Mesir. Luas ini mencakup area seluas 39,5 hektar. Sebaliknya, Piramida Besar hanya sepanjang 480 meter dan mencakup 13 hektar. Selain itu, piramida Meksiko memiliki volume 4.300.000 meter kubik, sedangkan Piramida Besar memiliki 3.360.000.

55. Piramida Mesir bukan hanya yang tertua dari tujuh keajaiban dunia kuno, mereka adalah satu-satunya yang bertahan hingga saat ini. Sebuah pepatah Arab melambangkan daya tahan piramida: "Manusia takut pada Waktu, namun Waktu takut pada piramida." Keenam keajaiban lainnya adalah (1) Taman Gantung Babel, (2) Kuil Artemis di Efesus, (3) Patung Zeus di Olympia, (4) Mausoleum of Halicarnassus, (5) Colossus of Rhodes, dan (6) Lighthouse of Alexandria.

56. Pekerjaan tertua yang masih hidup tentang matematika ditulis oleh juru tulis Mesir kuno Ahmes sekitar 1650 SM. Karyanya ditemukan dalam Papirus Matematika Rhine berjudul "Pintu Masuk ke Pengetahuan tentang Segala Sesuatu yang Ada dan Semua Rahasia yang Tidak Jelas."

57. Hukuman mati tertua yang tercatat ditemukan di Mesir kuno. Ditemukan di Amherst papyri, seorang remaja laki-laki pada tahun 1500 SM. dihukum untuk bunuh diri kemungkinan dengan racun atau tikaman karena mempraktikkan sihir.

58. Hieroglif digunakan hanya untuk tujuan ritual dan prasasti resmi. Untuk penggunaan sehari-hari, orang Mesir menggunakan skrip yang disebut "hieratic." Pada tahun 700 SM, skrip kedua yang disebut "demotic" digunakan, yang salah satu turunannya digunakan oleh orang Kristen Koptik hari ini.

59. Pembangun makam Mesir Kuno tinggal di desa-desa yang dijaga sendiri. Mereka diberi makan dan dirawat karena pekerjaan mereka sangat penting.

60. Standar berat tertua yang tercatat adalah beqa, satuan Mesir kuno yang setara antara 6,66 dan 7,45 ons. Masih digunakan hari ini.

61. Pada tahun 2011, arkeolog menemukan patung besar firaun Mesir kuno Amenhotep III (kakek Tutankhamen). Salah satu patung terbesar yang pernah ditemukan. Patung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1923 dan kemudian direstorasi.

62. Obelisk kuno yang dikenal sebagai Jarum Cleopatra telah mengalami lebih banyak kerusakan dalam 125 tahun saat berada di penyimpanannya di New York City . Kerusahannya disebabkan oleh polusi dan cuaca daripada dalam ribuan tahun ia berdiri di Mesir.

63. Prasasti hieroglif yang terakhir diketahui dibuat pada tahun 394 di kuil Isis di Philae.

64. Meskipun gagasan populer bahwa pasukan Napoleon menembak jatuh hidung Sphinx di Giza, sebuah sketsa Sphinx dari 1737 menunjukkan bahwa patung itu sudah tanpa hidung, lebih dari 60 tahun sebelum Napoleon mencapai Mesir. Satu-satunya orang yang diketahui telah merusaknya adalah seorang ulama Islam, Sa'im al-dahr, yang digantung pada tahun 1378 karena vandalisme.

65. Para sarjana percaya bahwa orang Mesir kuno adalah orang pertama yang menjahit luka sekitar 4.000 tahun yang lalu. Dokter Mesir sering menyimpan jarum bedah mereka dalam sebuah kantung yang terbuat dari tulang burung.

66. Kumbang scarab itu suci bagi orang Mesir dan mewakili kehidupan setelah kematian atau kebangkitan.

67. Karena kumbang scarab muda tampaknya muncul secara spontan dari liang mereka, orang Mesir kuno menyebutnya mereka "Khepera," yang berarti "ia datang dari antah berantah"

68. Kuda nil dianggap pertanda buruk dan dikaitkan dengan Seth dewa jahat. Mereka lebih berbahaya daripada buaya dan mereka sering perahu terbalik ke sungai Nil.

69. Orang pertama di Mesir yang diidentifikasi dengan nama (Mery) dihukum karena penggelapan pajak dan dikenakan hukuman 100 cambukan karena kejahatannya.

70. Pemeriksaan medis mengungkapkan bahwa parasit seperti cacing adalah masalah bagi bangsa Mesir kuno. Satu parasit yang umum, cacing Guinea, akan matang menjadi cacing sepanjang tiga kaki di dalam tubuh dan kemudian secara menyakitkan keluar melalui kulit setelah satu tahun.

71. Di Mesir kuno, anak-anak (bahkan anak perempuan) dianggap berkah berbeda dengan orang Yunani yang kadang-kadang meninggalkan bayi yang tidak diinginkan (paling sering perempuan) di luar rumah untuk mati.

72. Papyrus Berlin (dari abad 1800 SM) berisi petunjuk untuk tes kehamilan tertua yang diketahui. Tes melibatkan membasahi sereal dengan air kencing. Jika barley tumbuh, itu berarti wanita itu mengandung seorang anak laki-laki; jika gandum tumbuh, dia hamil dengan seorang gadis. Jika tidak tumbuh, wanita itu tidak akan melahirkan.

73. Untuk menjaga bentuk kait hidung Ramses II agar tidak roboh, para pembalsem mengisi lubang hidungnya dengan merica.


74. Toilet juga termasuk dalam beberapa makam Mesir kuno.

75. Beberapa orang menyalahkan tenggelamnya Titanic pada mumi pendeta Mesir yang diangkut kapal itu.

76. "The Beautiful House" atau Rumah Yang Indah adalah nama rumah atau tenda tempat mumifikasi di Mesir kuno.

77. Raja Inggris, Charles II (1630-1685) akan menggosok debu mumi di kulitnya karena percaya "Kebesaran" akan menular.

78. Para ahli Mesir percaya bahwa ankh dapat mewakili kombinasi esensi laki-laki dan perempuan
Para ilmuwan percaya bahwa lambang Mesir yang disebut ankh adalah asal mula dari salib Kristen di kemudian hari. Ini juga tampak seperti kunci — bagi orang Mesir kuno, kunci menuju kehidupan kekal.

79. Berlawanan dengan kepercayaan populer, Cleopatra sebenarnya adalah orang Yunani, bukan Mesir atau Afrika. Ketika Angelina Jolie berperan sebagai Cleopatra dalam film 2011, banyak yang tidak setuju dan berpendapat bahwa peran tersebut seharusnya ditujukan kepada seorang Amerika Afrika. Yang lain mengklaim bahwa peran tersebut seharusnya diberikan kepada aktris keturunan Yunani, seperti Jennifer Aniston.

80. Di dekat Tuna el-Gebel di tepi Gurun Barat Mesir, para ilmuwan telah menemukan lebih dari empat juta mumi burung bangau yang disebut ibis.

81. Ketika mumi Ramses II dibuka untuk umum pada bulan Juni 1886 hanya dalam 15 menit. Tubuhnya terkontaminasi oleh jamur dan bakteri, yang memakannya sedikit demi sedikit. Pada tahun 1975, para ilmuwan menggunakan sinar gamma untuk mensterilkan tubuhnya. Dia sekarang disimpan dalam kotak antibakteri.

82. Pembalsem yang membuat potongan pertama di sayap selama proses mumifikasi disebut "ripper." Orang Mesir menganggap memotong bagian tubuh adalah pelanggaran- secara simbolis, pembalsem yang lain akan melemparkan batu ke ripper dan dikejar. dia pergi dengan kutukan.

83. Orang Mesir menyebut piramida mer, sebuah kata yang etimologinya diperdebatkan. Kata bahasa Inggris "piramida" berasal dari kata Yunani piramida, sejenis kue gandum berbentuk seperti piramida.

84. Jika Piramida Besar dicincang menjadi batu 12 inci, akan ada cukup batu untuk mengelilingi bulan hampir tiga kali.

85. Fir'aun mula-mula dikubur bersama hamba-hamba mereka yang sebenarnya. Kemudian, digantikan dengan patung pembantu yang disebut shabti digunakan.

86. "Piramida Kekuatan" atau "piramida" mengacu pada keyakinan bahwa piramida memiliki kekuatan supranatural. Misalnya, pada tahun 1959, insinyur Radio Ceko Karel Drbal mematenkan gagasan bahwa piramida dapat mempertajam pisau cukur silet. Aktris  Gloria Swanson, tidur dengan piramida miniatur di bawah bantalnya karena "membuat setiap sel dalam tubuhnya aktif."

87. Kementerian Kesehatan Mesir melarang sunat perempuan pada tahun 1996, kecuali dalam kasus-kasus darurat. Meskipun demikian pada kenyataannya sunat perempuan masih sering dilakukan di Mesir.

88. Mumi pertama adalah, menurut legenda, Osiris yang dibunuh oleh Seth. Isis membungkusnya dengan perban dan dia hidup kembali sebagai dewa orang mati, atau akhirat.

89. Kata "mumi" berasal dari bahasa Arab kuno, yang berarti "lilin"

90. Cairan didorong keluar dari bawah kulit mumi . Mata palsu dibuat dari bawang. Alat lain berbentuk kait dipergunakan untuk menarik otak (yang selalu dibuang, bersama dengan ginjal, hati, paru-paru, dan jantung) melalui hidung.

91. Gaun tertua di dunia berasal dari Mesir. Usianya sekitar 5.000 tahun.

92. Orang Mesir tahu keberadaan Merkurius, Venus, Saturnus, Mars, dan Jupiter. Mereka memiliki nama untuk mereka seperti Sebequ, dewa yang terkait dengan Set, (Mercury), "dewa pagi" (Venus), "banteng langit" (Saturnus), "Horus si merah" atau "Horus cakrawala "(Mars), dan" Horus yang membatasi Dua Lands "(Jupiter).


93. Bagi bangsa Mesir kuno, Nil itu misterius. Tidak seperti kebanyakan sungai lain, mengalir ke selatan ke utara, banjir di musim panas, dan tidak ada yang tahu dari mana air itu berasal. Penjelajah menemukan sumber Sungai Nil di Afrika Timur hanya 150 tahun yang lalu.

94. Orang Mesir kuno mungkin adalah orang pertama yang memelihara ternak.

95. Ada tiga firaun perempuan, di antaranya yang terbesar adalah Hatshepsut (memerintah 1498-1483 SM).

96. Sphinx raksasa yang menjaga ketiga piramida Giza dianggap mewakili firaun Khafre (Chephren), putra Khufu. Sphinx umumnya diyakini telah dibangun untuk menjaga makam.

97.  Makam-makam terkenal raja-raja Mesir semuanya diserbu oleh perampok dengan satu pengecualian, makam Tutankhamen (memerintah 1334-1324 SM). Ditemukan pada tahun 1922 dan penuh dengan artefak yang tak ternilai.


98.   Bagi bangsa Mesir kuno, dunia dimulai ketika Atum-Ra (dewa matahari) —yang melambangkan kehidupan, kebaikan, cahaya, dan energi — menciptakan Bumi (Geb) dan Langit (Nut) dan seluruh dunia. Bagi orang Mesir, penciptaan adalah kejadian sehari-hari, diulang dengan setiap terbit dan terbenamnya matahari.

99.  Wanita Mesir Kuno mengenakan wig dengan kerucut berminyak yang meleleh, memberi aroma yang menyenangkan dari mur.

100.  Revolusi Mesir 2011 dimulai pada tanggal 25 Januari. Para demonstran Mesir memusatkan perhatian pada kurangnya kebebasan berbicara dan pemilihan umum yang bebas, kebrutalan polisi, korupsi pemerintah, pengangguran yang tinggi, inflasi, dan terus menggunakan hukum darurat. Diperkirakan 800 orang meninggal dan lebih dari 6.000 orang terluka dalam prosesnya. Presiden Mesir Hosni Mubarak mengundurkan diri pada 11 Februari. Revolusi Mesir memicu revolusi lain di Yaman, Suriah, Yordania, Libya, dan Bahrain.



101. Bangsa Mesir kuno menyimpan catatan banjir yang baik di sungai Nil yang digunakan para ilmuwan saat ini untuk menggunakan data mereka untuk lebih memahami pola curah hujan.

102. Karena hieroglif tidak memiliki vokal, kita tidak akan pernah tahu pasti bagaimana orang dahulu mengucapkan kata-kata mereka.

103. Orang Yunani menyebut hieroglif simbol Mesir (hieros + glyphe = "suci" + "ukiran") karena mereka melihat mereka diukir di dinding kuil dan tempat suci lainnya. [1]

104.  Selama Revolusi Mesir 2011, beberapa wanita pengunjuk rasa tidak hanya dipaksa untuk menjalani tes keperawanan, tetapi mereka juga diancam dengan tuduhan prostitusi.

105. Kairo, kota dengan penduduk terbesar di Mesir sekaligus ibukotanya.

107. Bahasa Arab adalah bahasa resmi Mesir, dan bahasa lain yang dikenal oleh beberapa orang adalah bahasa Inggris dan Prancis.

108. Gurun Mesir di Semenanjung Sinai membentang di kedua benua Afrika dan Asia.

109. Gunung Catherine setinggi 2.629 m (8625 kaki), adalah puncak gunung tertinggi di Mesir.

110. Mesir memiliki dua gurun besar, Gurun Sahara dan Gurun Libya yang mencakup sebagian besar negara.

111. Sejumlah bahaya alam dialami oleh Mesir yang meliputi kekeringan, banjir bandang, gempa bumi longsor, dan badai seperti badai debu, badai pasir dan angin badai yang disebut "Khamsin".

112. Sepak bola adalah permainan paling favorit di Mesir.

113. Mata uang utama Mesir adalah Pound Mesir.

114. Ada lebih dari 14.000 Dewa dan Dewi disembah oleh orang Mesir di zaman kuno.

115. Elang Steppe adalah hewan nasional Mesir.

116. Patung Liberty awalnya dimaksudkan untuk dipasang di Mesir.

117. Heracleion, kota yang hilang di Mesir ditemukan di bawah laut setelah 1200 tahun.

118. Kapal layar pertama kali ditemukan di Mesir.

119. Bertukar cincin kawin adalah tradisi yang pertama kali dimulai di Mesir kuno.

164 Fakta Tentang Mesir


120. Untuk meratapi kematian kucing peliharaan mereka, orang Mesir mencukur alis mereka.

121. Piramida Agung Giza masih memiliki lorong-lorong yang belum dieksplorasi.

122. Orang Mesir adalah orang pertama yang menemukan tulisan yang dikenal sebagai "Hieroglif" serta tinta, dan kertas yang mereka sebut "papyrus".

123. Raja Tutankhamun, seorang raja Mesir kuno meninggal ketika dia baru berusia 18 tahun.

124. Orang-orang di Mesir Kuno menggunakan bir sebagai mata uang nasional di zaman mereka.

125. Para Firaun menjaga rambut mereka tertutup, karena orang biasa tidak diizinkan untuk melihatnya.

126. Scatomancy adalah tindakan menceritakan masa depan melalui kotoran seseorang. Kebiasaan ini populer di zaman Mesir kuno.

127. Bangsa Mesir Kuno sangat menyukai kucing sehingga jika seseorang tidak sengaja membunuhnya bisa menyebabkannya di hukum mati.

128. Salah satu penguasa Yunani pertama di Mesir, yang bisa berbahasa Mesir adalah Cleopatra.

129. Jam pertama kali ditemukan oleh orang Mesir kuno.

130 Ada 8 sisi pada Piramida Agung Giza dan tidak empat seperti yang diyakini.

131.  Total PDB nominal Mesir adalah $ 264 miliar dan PDB per kapitanya adalah $ 3,146.

132. Negara ini berjalan di bawah republik semi-presidensial kesatuan, dan menyatakan dirinya republik pada 18 Juni 1953.

133. Mesir memiliki perjanjian perdagangan utama dengan Amerika Serikat, Yunani, Prancis, Italia, Jerman, Inggris Raya dan Jepang.

134. Ekspor utama negara ini termasuk minyak, produk makanan, kapas, dan aluminium.

135. Impor utama Mesir termasuk mesin dan peralatan manufaktur. Negara ini bukan negara industri, dan karena itu harus mengimpor semua mesin industrinya. Impor lainnya termasuk makanan, kayu dan bahan bakar olahan.

136. Kebanyakan festival dan tradisi Mesir dapat ditelusuri kembali ke masa para fir'aun. Mereka juga emngadaptasi banyak tradisi mereka dari agama Islam mereka.

137. Ramadhan dirayakan di seluruh negeri setiap tahun dan berlangsung sebulan penuh. Bulan ini adalah waktu untuk merayakan perdamaian.

138. Idul Fitri dirayakan langsung setelah Ramadhan. Ini ditandai dengan memanggang kue khusus dan memiliki teman dan keluarga untuk pesta.

139. Ulang tahun Nabi dirayakan setiap tahun untuk memperingati ulang tahun Muhammad. Orang makan halawet al-mulid yang merupakan hidangan kue-kue manis yang dimasak dengan kacang, dan anak-anak diberi boneka gula dan kuda.

140. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa Sungai Nil membanjiri setiap tahunnya karena dewi Isis menangis. Air matanya dikatakan menyebabkan banjir, oleh karena itu setiap tahun orang Mesir kuno merayakan banjir di sebuah festival yang dikenal sebagai Night of the Tear Drop.

141. Bangsa Mesir kuno percaya bahwa dewa Khnum menciptakan setiap manusia di atas roda tembikar.

142. Secara historis, di zaman Mesir Kuno , setiap kota memuja satu dewa atau dewi, sama seperti bagaimana kota-kota dunia modern mendukung tim olahraga.

143. Perempuan di Mesir Kuno sebenarnya memiliki banyak hak. Ini termasuk mampu membeli dan menjual properti, masuk ke dalam kontrak hukum, dan melayani di juri.

144. Kebanyakan firaun Mesir gemar makan. Mereka makan dengan madu, roti, bir, dan anggur menyebabkan banyak pemimpin ini menjadi kelebihan berat badan dan tidak sehat. Beberapa bahkan menderita diabetes.

145. Piramida terbesar di Mesir adalah Piramida Khufu di Giza. Piramida ini memiliki berat setara 16 Empire State Buildings.

146.  Orang Mesir kuno percaya bahwa kucing itu suci. Memelihara kucing di rumah dianggap membawa keberuntungan bagi rumah tangga.

147. Bangsa Mesir Kuno bertanggung jawab atas penemuan banyak hal yang kita nikmati hari ini. Ini termasuk kertas, pulpen, kunci, dan pasta gigi.

148. Berlawanan dengan kepercayaan populer, penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan besar Piramida Besar dibangun oleh pekerja yang digaji dan bukan budak.

149. Mesir mengendalikan Terusan Suez, yang menghubungkan Laut Tengah dengan Samudera Hindia.

150. Mesir dikenal terutama karena gurun, piramida, dan Sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di dunia.

151. Sekitar 95% orang Mesir tinggal di sepanjang Sungai Nil.

152. Lembah Nil adalah salah satu daerah yang paling padat penduduknya di dunia.

153. Pada 1953, Mesir tidak lagi di bawah kekuasaan Inggris.

154. Lebih dari 90% tanah Mesir adalah gurun.

155. Sekitar 30% dari tenaga kerja Mesir bekerja di bidang pertanian.

156. Kairo, ibukota Mesir adalah kota terbesar di Afrika.

157. Konstitusi negara itu diubah pada tahun 2005 sehingga presiden sekarang akan dipilih oleh suara rakyat. Setiap presiden menjabat selama enam tahun.

158. Mesir adalah negara terpadat di dunia Arab.

159. Adalah hal yang biasa bagi orang Mesir untuk menolak penawaran sekali untuk bersikap sopan. Jika ditolak dan tawaran dibuat lagi, maka tawaran itu tulus.

160. Mesir adalah satu-satunya negara Arab yang memiliki industri film.

161. Pemerintah mengontrol saluran televisi Mesir.

162. Wanita Mesir diharapkan untuk menjaga lengan dan kaki mereka tertutup, dan mereka juga mengenakan jilbab sebagai tanda kesopanan.

163. Pengunjung ke bangunan keagamaan selalu diharapkan untuk melepas sepatu mereka sebelum masuk.

164. Karena sangat sedikit hutan dan padang rumput di Mesir, satwa liar sangat jarang.

Nah, itulah lebih dari seratus fakta tentang Mesir, negara para Firaun.

----

Referensi : Dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: