43 Fakta Tentang Vampir - Mana Yang Sudah Anda Tahu?

Fakta Tentang Vampir - Mana Yang Sudah Anda Tahu?

Vampir adalah makhluk penghisap darah yang merupakan salah satu sosok menyeramkan yang mewarnai dunia "makhluk halus" di kebudayaan Barat. Entah benar atau tidak karena tetap ada sebagian masyarakat di dunia yang mempercayai keberadaan makhluk yang bisa menyedot darah lewat gigitan pada leher ini.

Populernya sosok vampir dalam budaya Barat tercermin dari begitu banyaknya film yang dibuat berlandaskan pada sosok menakutkan ini, seperti Interview with the Vampire, Underworld, dan masih banyak lagi lainnya.

Bukti tambahan lagi adalah banyak orang yang mengumpulkan berbagai fakta vampir. Ada 40 fakta vampir yang dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti tersebut di bawah ini.

43 Fakta Vampir

1) Sekelompok vampir memiliki banyak sebutan seperti sarang, klan, kumpulan

2) Vampir paling terkenal adalah Count Dracula

3) Salah satu figur dalam serial TV Muppet Show , Count von Count dari Sesame Street, didasarkan pada mitos vampir

4)  Salah satu cara untuk mencegah vampir adalah melempar biji (biasanya mustard) di luar pintu atau tempatkan jaring ikan di luar jendela. Dengan demikian, vampir dipaksa menghitung biji atau lubang di jaring, dan akan menunda mereka sampai matahari terbit. Silakan percaya atau tidak.

5) Monumen batu prasejarah yang disebut "dolmens" telah ditemukan di atas makam di Eropa barat laut. Antropolog berspekulasi bahwa mereka telah ditempatkan di atas kuburan untuk mencegah vampir bangkit dari kubur.

6) Penyakit langka yang disebut porfiria (juga disebut penyakit "vampir" atau "Dracula") memperlihatkan gejala yang mirip vampir, seperti kepekaan ekstrem terhadap sinar matahari . Dalam kasus yang ekstrim, gigi penderita bisa berwarna cokelat kemerahan. Penyakit ini bisa menyebabkan kegilaan bagi penderitanya

7) Legenda vampir mungkin didasarkan pada Vlad dari Walachia, juga dikenal sebagai Vlad the Impaler (c. 1431-1476). Dia punya kebiasaan memakukan topi ke kepala orang lain, mengulitinya hidup-hidup, dan menusuk mereka di pasak yang terpancang ke tanah. Dia juga suka mencelupkan roti ke dalam darah musuh-musuhnya dan memakannya. Nama Vlad, berarti putra naga atau Dracula, yang telah diidentifikasi sebagai Drakula. Meskipun Vlad the Impaler dibunuh pada 1476, makamnya dilaporkan kosong

8) Beberapa jenis gangguan medis yang kerap dituduhkan sebagai vampir diduga karena seseorang menderita penyakit, seperti hematematia, yang menyebabkan penderita haus akan darah, dan hemeralopia atau kebutaan siang hari. Anemia ("tidak berdarah") sering disalahartikan sebagai gejala serangan vampir.

9) Salah satu "vampir sejati" yang paling terkenal adalah Countess Elizabeth Bathory (1560-1614) yang dituduh menggigit daging gadis-gadis sambil menyiksa mereka dan mandi dalam darah mereka untuk mempertahankan kecantikan mudanya. Dia adalah seorang wanita yang sebenarnya sangat menarik tetapi memiliki masalah kejiwaan.

10) Salah satu kisah paling awal tentang vampir ditemukan dalam mitos Sumeria dan Babilonia kuno yang berasal dari 4.000 SM, Mitos ini menggambarkan ekimmu atau edimmu (orang yang direnggut). Ekimmu adalah sejenis uruku atau utukku (roh atau iblis) yang tidak dikubur dengan benar dan  kembali sebagai roh pendendam untuk menghisap kehidupan dari mereka yang hidup.

11) Menurut teks Mesir Pert em Hru (Kitab Orang Mati Mesir), jika ka (satu dari lima bagian jiwa) tidak menerima persembahan khusus, ia akan keluar dari makamnya sebagai kha untuk mencari makanan, yang termasuk minum darah orang yang hidup. Selain itu, dewi Mesir Sekhmet dikenal meminum darah. Dewi bertaring kuno Kaliof India juga memiliki keinginan kuat untuk darah.

12) Banyak ahli berpendapat kata "vampir" berasal dari vampir Hungaria atau dari bahasa Turki, atas, yang berarti "penyihir." Ada juga yang mengatakan istilah yang berasal dari kata Yunani "minum" atau dari bahasa Yunani nosophoros yang berarti "wabah". pembawa”. Kata ini juga mungkin berasal dari Serbia atau pirati Serbo-Crotian. Ada banyak istilah untuk "vampir" yang ditemukan di seluruh budaya, menunjukkan bahwa vampir tertanam dalam kesadaran manusia.

13) Vampir Tionghoa disebut ch'iang shih (mayat melompat) . Mereka memiliki mata merah dan cakar bengkok. Mereka dikatakan memiliki dorongan seksual yang kuat yang menyebabkan mereka menyerang wanita. Ketika mereka semakin kuat, ch’iang shih memperoleh kemampuan untuk terbang, tumbuh rambut putih panjang, dan juga bisa berubah menjadi serigala.

14) Sementara vampir dan zombie umumnya sama dengan "mayat hidup," ada perbedaan di antara mereka tergantung pada mitologi dari mana mereka muncul. Misalnya, zombie cenderung memiliki IQ yang lebih rendah daripada vampir, lebih memilih otak dan daging daripada darah. Zombie kebal terhadap bawang putih dan kemungkinan besar memiliki refleksi di cermin (vampir tidak). Sebagian besar mitos ini didasarkan pada mitos Afrika. Zombie bergerak lebih lambat karena otot yang membusuk. , dapat memasuki gereja, dan tidak perlu takut dengan api atau sinar matahari.


15) Karya fiksi  pertama tentang seorang vampir dalam bahasa Inggris adalah The Vampyre karya John Polidori, yang salah ditulis sebagai  Lord Byron. Polidori (1795-1821) adalah dokter Byron dan mendasarkan vampirnya pada Byron.

16)  Film vampir pertama seharusnya Secrets of House No. 5 (Rahasia Rumah No. 5) pada tahun 1912. Nosferatu, fil hitam putih yang disutradarai FW Murnau lahir setelah itu pada tahun 1922. Namun, itu Dracula karya Tod Browning's Dracula-yang penuh dengan adegan erotis, menawan, dan tuxedo- berpakaian aristokrat dengan pemeran Bela Lugosi — yang menjadi ciri khas film vampir.

17) Seorang vampir diduga memiliki kendali atas dunia hewan dan dapat berubah menjadi kelelawar, tikus, burung hantu, ngengat, rubah, atau serigala.


18)  Pada tahun 2009, tengkorak seorang perempuan abad ke-enambelas dengan batu yang terjepit di mulutnya ditemukan di dekat sisa-sisa korban wabah. Kebiasaan pada abad itu adalah memasukkan batu atau batu bata di mulut seorang yang dicurigai sebagai vampir untuk mencegahnya memakan mayat korban wabah lainnya atau menyerang makhluk hidup. Vampir wanita juga sering disalahkan karena menyebarkan penyakit pes di seluruh Eropa.


19)  Menurut beberapa legenda, jika seseorang digigit oleh seorang yang dicurigai sebagai , dia harus meminum abu vampir yang terbakar. Untuk mencegah serangan, seseorang harus membuat roti dengan bahan salah satunya darah vampir dan memakannya.


20) Vampir Hollywood dan dalam karya sastra biasanya menyimpang dari cerita rakyat vampir. Misalnya, vampir Hollywood biasanya pucat, aristokrat, sangat tua, membutuhkan tanah asli mereka, cantik atau ganteng, dan biasanya harus digigit oleh vampir lain untuk menjadi vampir. Sebaliknya, folklore vampir (sebelum Bram Stoker) biasanya adalah para petani, yang baru saja mati, pada awalnya tampak sebagai "kantong-kantong darah" yang tidak berbentuk, tidak membutuhkan tanah asli mereka, dan sering dikremasi dengan atau tanpa dipasak pada jantungnya.


43 Fakta Tentang Vampir - Mana Yang Sudah Anda Tahu?


21) Vampir tidak masuk melalui  pintu.

22)  Sebelum agama Kristen menyebar, metode untuk menolak dan membunuh vampir adalah dengan menggunakan bawang putih, cabang hawthorn, pohon rowan (kemudian digunakan untuk membuat salib), hamburan biji, api, pemenggalan kepala dengan sekop kuburan, garam (terkait dengan pelestarian dan kemurnian), besi, lonceng, ayam jantan gagak, peppermint, air mengalir, dan mengubur vampir yang dicurigai di persimpangan jalan. Juga umum untuk meletakkan mayat dengan menghadap ke bawah/tanah sehingga kalaupun ia hidup kembali maka mayat itu akan menggali ke arah yang salah dan tersesat di bumi.


 23) Setelah munculnya agama Kristen, metode penolak vampir mulai memasukkan air suci, salib, dan wafer Ekaristi. Metode-metode ini biasanya tidak fatal bagi vampir, dan efektivitasnya tergantung pada kepercayaan pengguna.

24)  Bram Stoker terinspirasi untuk menulis Dracula setelah mengunjungi kota Inggris Whitby pada tahun 1890


25) Bram Stoker's Dracula (1897) tetap menjadi pengaruh abadi pada mitologi vampir . Beberapa ahli mengatakan ini jelas merupakan alegori Kristen; yang lain menganjurkan itu mengandung masalah psiko-seksual terselubung yang mencerminkan masa Victoria.

26) Bawang putih, penolak vampir tradisional, telah digunakan sebagai bentuk perlindungan selama lebih dari 2.000 tahun. Orang Mesir kuno percaya bawang putih adalah hadiah dari Tuhan, tentara Romawi berpikir bawang putih memberi mereka keberanian, pelaut percaya kalau hal itu bisa melindungi mereka dari kapal karam, dan penambang Jerman percaya kalau itu melindungi mereka dari roh jahat ketika mereka pergi ke bawah tanah. Dalam beberapa budaya, pengantin membawa bawang putih di bawah pakaian mereka untuk perlindungan, dan bawang putih digunakan untuk melindungi orang-orang dari berbagai macam penyakit. Ilmuwan modern menemukan bahwa minyak pada bawang putih, allicin, adalah antibiotik yang sangat efektif.


27) Sinar matahari dapat membunuh vampir tampaknya menjadi penemuan modern, mungkin hal ini digembar gemborkan  oleh pemerintah AS untuk menakut-takuti gerilyawan di Filipina pada 1950-an yang masih percaya pada tahayul. Sementara sinar matahari dapat digunakan oleh vampir untuk membunuh vampir lainnya, seperti dalam novel populer Ann Rice, Interview with the Vampire (Wawancara dengan Vampir), beberapa vampir lain seperti Lord Ruthven dan Varney dapat berjalan di siang hari.


28) Legenda bahwa vampir harus tidur dalam peti mati mungkin muncul dari laporan penggali kubur  yang menggambarkan mayat tiba-tiba duduk di kuburan atau peti mati mereka. Fenomena yang menakutkan ini sebenarnya mungkin disebabkan oleh proses penguraian.


29) Menurut beberapa legenda, seorang vampir mungkin melakukan hubungan intim dengan mantan istrinya, yang sering menyebabkan kehamilan. Kenyataannya, keyakinan ini mungkin memberikan penjelasan yang tepat tentang mengapa seorang janda, yang seharusnya hidup selibat, menjadi hamil. Anak yang dihasilkan disebut gloglave dalam bahasa Bulgaria atau vampirdzii dalam bahasa Turki. Alih-alih dikucilkan, anak itu dianggap sebagai pahlawan yang memiliki kekuatan untuk membunuh seorang vampir.


30) Serial buku/film Twilight (Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn) oleh Stephanie Meyers juga menjadi populer di dunia ternyata tidak melalui proses penelitian tentang mitologi vampir. Vampir-vampir dalam serial ini mematahkan banyak tradisi yang populer tentang vampir . Misalnya, bawang putih, benda-benda suci, dan sinar matahari tidak membahayakan mereka. Beberapa kritikus memuji buku untuk menangkap perasaan remaja akan unsur suspense atau ketegangan.

31) Sebuah kerangka manusia berusia 800 tahun pernah ditemukan dalam keadaan dadanya ditusuk batang besi. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan penguburan "vampir"

32) Histeria vampir dan mutilasi mayat untuk "membunuh" vampir yang dicurigai merasuki masyarakat di Eropa selama pertengahan abad kedelapan belas adalah bahwa beberapa penguasa menciptakan hukum untuk mencegah penggalian mayat. Di beberapa daerah, histeria massa menyebabkan eksekusi publik terhadap orang-orang yang diyakini sebagai vampir.

33) Kisah rakyat bahwa seseorang dapat menjadi vampir tidak hanya melalui gigitan, tetapi juga jika mereka pernah menjadi manusia serigala (werewolf), berlatih sihir, dikucilkan, melakukan bunuh diri, menjadi anak haram, atau lahir mati atau meninggal sebelum dibaptis. Selain itu, penyebab seseorang menjadi vampir termasuk siapa pun yang telah memakan daging domba yang dibunuh oleh serigala, putra ketujuh, anak dari seorang wanita hamil yang dipandang oleh vampir, seorang biarawati yang melangkahi tubuh yang tidak dikubur, memiliki gigi ketika mereka dilahirkan, atau memiliki kucing yang melompat di mayat mereka sebelum dikuburkan.

34) Dalam cerita rakyat vampir, vampir awalnya muncul sebagai bentuk buram lembut tanpa tulang. Dia adalah "kantong darah" dengan mata merah, bersinar dan, bukannya hidung, memiliki moncong tajam untuk menghisap darah. Jika dia bisa bertahan hidup selama 40 hari, dia kemudian akan mengembangkan tulang dan tubuh dan menjadi jauh lebih berbahaya dan sulit untuk dibunuh.


35)  Dalam beberapa cerita rakyat , vampir dapat menikah dan pindah ke kota lain di mana mereka mengambil pekerjaan yang cocok untuk vampir, seperti tukang daging, tukang cukur, dan penjahit.

36)  Dalam beberapa budaya, meminum darah korban memungkinkan peminum untuk menyerap kekuatan korban mereka, mengambil kualitas hewan, atau bahkan membuat wanita lebih subur. Warna merah juga terlibat dalam banyak ritual vampir.

37) Daerah-daerah tertentu di Balkan percaya bahwa buah, seperti labu atau semangka, akan menjadi vampir jika mereka ditinggalkan lebih lama dari 10 hari atau tidak dikonsumsi sebelum Natal. Labu Vampir atau semangka umumnya tidak ditakuti karena mereka tidak memiliki gigi. Setetes darah pada kulit buah adalah tanda bahwa ia akan berubah menjadi vampir.

38) Vampir paling populer dalam fiksi anak-anak dalam beberapa tahun terakhir adalah Bunnicula, kelinci kecil yang lucu yang hidup bahagia sebagai vampir vegetarian.


39) Beberapa sejarawan berpendapat bahwa Pangeran Charles adalah keturunan langsung dari Vlad the Impaler, putra Vlad Dracula.

40) Putri duyung juga bisa menjadi vampir — tetapi alih-alih menghisap darah, mereka menghisap nafas korbannya.

41) Carmilla dalam novel karya Sheridan Le Fany adalah prototipe untuk vampir perempuan dan lesbian masa depan. “Carmilla,” dianggap sebagai prototipe untuk vampir wanita dan lesbian dan sangat dipengaruhi oleh Drakula milik Bram Stoker. Dalam cerita, Carmilla akhirnya ditemukan sebagai seorang vampir dan, sesuai dengan pengobatan cerita rakyat, dia dipaku pada  peti matinya  yang dipenuhi darah, dipenggal, dan dikremasi.


42)  Pada akhir abad ke-20, lebih dari 300 film dibuat tentang vampir, dan lebih dari 100 gambarnya menampilkan Dracula. Lebih dari 1.000 novel vampir diterbitkan, sebagian besar dalam 25 tahun terakhir.

43) Perkembangan mitologi vampir terbaru yang paling dikenal adalah Buffy the Vampire Slayer dan spin-off, Angel. Buffy menarik karena menggambarkan kehidupan vampir di dunia abad ke-20. Film ini menggambarkan seorang remaja pembunuh vampir yang dimainkan oleh Sarah Michelle Gellar . Film ini menjadi penting karena pertunjukan tersebut telah mengarah pada penciptaan “Studi Buffy” dalam dunia akademis.

----------

Referensi : dikutip dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: