44 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel

44 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel

44 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel

Menara Eiffel, salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Paris dan dunia. Setiap tahunnya ada  hampir 7 juta orang yang berkunjung ke menara ini yang sudah berusia 129 tahun ini (dihitung pada hari ini). Menara Eiffel memiliki banyak fakta menarik baik dalam segi fisik bangunan dan sejarahnya.

Silakan lihat di bawah ini.

1. Selesai dibanguna pada tanggal 31 Maret 1889, menara adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia selama 41 tahun sebelum selesainya Bangunan Chrysler di New York pada tahun 1930.

2. Tingginya 324 meter (termasuk antena) dan memiliki berat 10.100 ton.

3. Ini adalah struktur tertinggi di Perancis sampai pembangunan pemancar militer di kota Saissac pada tahun 1973. The Millau Viaduct, selesai pada tahun 2004 dengan tinggi 343 meter.

4. Pengunjung bisa naik tangga hingga ke atas ada 1.665 undakan/langkah, meskipun demikian sebagian besar orang memilih untuk naik lift saja.

5. Lift di Menara Eiffel secara total menempuh jarak 103.000 km setiap setahun . Angka ini sama dengan dua setengah kali lingkar Bumi.

6. Victor Lustig, seorang penipu, "menjual" Menara Eiffel sebagai besi tua pada dua kesempatan terpisah.

7. Selama cuaca dingin, menara menyusut sekitar enam inci.

8. Gustave Eiffel, insinyur dan arsitek di belakang menara, juga terlibat dalam upaya yang gagal oleh Prancis untuk membangun kanal di Panama, dan reputasinya rusak parah akibat kegagalan usaha itu.

9. Eiffel juga mendesain elemen interior dari Patung Liberty.

10. Dia meninggal saat mendengarkan Simfoni ke-5 Beethoven.

11. Sejak pembukaannya lebih dari 250 juta orang telah mengunjungi menara.

12. Hari ini menara menyambut hampir 7 juta orang per tahun, menjadikannya monumen berbayar paling banyak dikunjungi di dunia.

13. Pembangunannya memakan waktu dua tahun, dua bulan, dan lima hari - 180 tahun lebih sedikit dari daya tarik utama Paris lainnya, Notre Dame.

14. Selama pendudukan Jerman, kabel lift menara dipotong, dan menara ditutup untuk umum. Tentara Nazi kemudian mencoba untuk melampirkan swastika , lambang Nazi ke atas, tetapi usaha itu gagal karena ukurannya terlalu besar dan robek dan kemudian harus diganti dengan yang lebih kecil.

15. Pada tahun 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, untuk menghancurkan Menara Eiffel, bersama dengan bagian lain dari kota. Sang jenderal menolak.


44 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel


16. Mencat ulang menara, yang terjadi setiap tujuh tahun, membutuhkan 60 ton cat.

17. Menara ini adalah pameran utama di Pameran Eksposur 1889 (World's Fair), yang diadakan untuk memperingati seratus tahun Revolusi Perancis.

18. Salah satu peserta pada Pameran Dunia 1889 adalah Sir John Bickerstaffe, Walikota Blackpool. Begitu terkesan dia di atraksi baru, dia memiliki menara serupa yang dibangun di tepi laut Inggris.

19. Menara ini muncul dalam film Bond 1985 A View to a Kill. Ada adegan di restoran Jules Verne, dan perkelahian di tangga.

20. Semolina Pilchard menaiki Menara Eiffel dalam lagu The Beatles, I Am the Walrus.

21. Ada sejumlah replika lain di seluruh dunia, termasuk satu di Las Vegas dan satu lagi di taman tema Window of the World di Shenzhen, Cina.

22. Menara Eiffel memainkan bagian dalam kemenangan Sekutu di Pertempuran Pertama Marne, pada tahun 1914. Salah satu pemancarnya pernah membuat macet komunikasi radio Jerman dan menghambat kemajuan mereka.

23. Awalnya dimaksudkan untuk berdiri selama 20 tahun sebelum dibongkar, tetapi penggunaannya sebagai pemancar telegraf nirkabel (dalam kasus-kasus seperti di atas) berarti diizinkan untuk tinggal.

24. Produsen mobil Perancis Citroen menggunakan menara ini sebagai papan reklame raksasa antara 1925 dan 1934 - nama perusahaan itu terpampang di menara menggunakan seperempat juta bola lampu - dan dicatat sebagai iklan terbesar dunia oleh Guinness Book of Records.

25. Pada tahun 2008 seorang wanita , Erika La Tour menikahi Menara Eiffel, mengubah namanya menjadi Erika La Tour Eiffel untuk menghormati 'pasangannya'.

26. Menara ini terdiri dari 18.000 bagian logam, bergabung bersama dengan 2,5 juta paku keling.

27. Untuk menandai ulang tahun ke 125 dari penyelesaian Menara Eiffel, Kepulauan Virgin Inggris meluncurkan koin berbentuk $ 10 berbentuk menara khusus.

28. Sejumlah penerbang telah menerbangkan pesawat di bawah lengkungan menara. Pada 1926 Leon Collet tewas setelah upaya yang gagal.

29. Menara bergoyang sekitar enam hingga tujuh sentimeter (2-3 inci) saat cuaca berangin.

30. Gustave Eiffel menyimpan sebuah apartemen kecil di lantai tiga untuk menjamu teman-teman. Sekarang terbuka untuk umum.

31. Menara Eiffel dan Margaret Thatcher memiliki nama panggilan yang sama - La Dame de Fer ("The Iron Lady").

32. Pada tahun 1960 Charles de Gaulle mengusulkan untuk sementara membongkar menara dan mengirimnya ke Montreal untuk Expo 67. Rencana itu ditolak.



44 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel


33. Nama-nama 72 insinyur, ilmuwan dan matematikawan terukir di sisi menara, yang masing-masing berkontribusi pada konstruksinya.

34. Dalam permainan komputer Call of Duty: Modern Warfare 3, menara digulingkan oleh serangan udara.

35. Ada 20.000 bola lampu yang digunakan di Menara Eiffel untuk membuatnya bersinar setiap malam.

36. Pernah ingin membangun Menara Eiffel Anda sendiri? Ada set LEGO untuk itu - nomor 10181 (berisi 3.428 batu bata).

37. Biayanya € 19 untuk mengambil lift ke atas.

38. Mayoritas pengunjung (10,4%) adalah Perancis, diikuti oleh Italia dan Spanyol (masing-masing 8,1%), Amerika Serikat (7,9%), Inggris (7,4%), Jerman (5,8%) dan Brasil (5,5%).

39. Pada tahun 1905, sebuah surat kabar lokal mengorganisasi suatu kejuaraan memanjat tangga di menara. M.Forestier menang, mengambil tiga menit dan 12 detik untuk mencapai tingkat kedua.

40. Pierre Labric bersepeda menuruni tangga menara pada tahun 1923. Ia memenangkan taruhan, tetapi ditangkap oleh polisi setempat.

41.Menara Eiffel awalnya diniatkan untuk didirikan di kota Barcelona, ​​Spanyol. Tetapi, mereka menolaknya, khawatir itu akan merusak pemandangan yang sudah ada

42. Masyarakat Paris pada awalnya tidak menyukai Menara . lebih dari 300 tokoh Paris menandatangani petisi yang memprotes konstruksi monolit, menyebutnya "tidak berguna dan mengerikan," sebuah "kebodohan yang mengejutkan," dan "kolom najis dari logam yang dibaut." Bahkan setelah monumen itu selesai dua tahun kemudian, penulis Guy de Maupassant membuat acara makan siang setiap hari di kafe tepat di bawahnya - satu-satunya tempat di Paris di mana dia tidak bisa melihat Menara Eiffel.

43.  Pembangunan Menara Eiffel menelan biaya 7,799,401.31 franc emas Perancis pada tahun 1889, atau sekitar $ 1,5 juta.

44. London pernah mencoba membuat Menara Eiffel versi mereka dan gagal. Sementara banyak yang merayakan pembukaan menara pada tahun 1889 orang lain iri karya Eiffel dan bersumpah untuk mengalahkannya secepat mungkin. Dan pada tahun 1891, seorang pengusaha kereta api, Edward Watkin, memutuskan untuk membangun struktur serupa untuk mengunggulinya di London.
Menara ini dipasarkan sebagai "Menara Besar London" tetapi juga dikenal sebagai Menara Watkin. Tetapi menara itu terbukti sangat tidak stabil dan tidak pernah selesai. Apa yang dibangun akhirnya dibongkar pada tahun 1907. Situs yang berdiri sekarang ditempati oleh Stadion Wembley.

---
Referensi :
  • - The Guardian
  • - Reader Digest
  • - History.com
  • - Live Science

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar