Cara Menuju Ancol-Tanjung Priok Dari Serpong Dengan Commuter Line

Cara Menuju Ancol-Tanjung Priok Dari Serpong Dengan Commuter Line

Percayalah. Penjelasan singkat tentang cara menuju Ancol-Tanjung Priok dari Serpong dengan Commuter Line ini bisa menghemat biaya transportasi ke tempat wisata favorit di Jakarta, yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Dunia Fantasi, dan Sea World.

Jelas saja karena ongkos yang harus dikeluarkan untuk ke destinasi wisata itu akan bisa dihemat kalau menggunakan jasa kereta komuter yang dulu dikenal dengan KRL Jabodetabek ini. Lumayan besar juga selisihnya dibandingkan kalau memakai taxi, atau kendaraan pribadi lainnya.

Tulisan ini ditujukan jika Anda tinggal di kawasan Serpong, Parung Panjang dan sekitarnya. Untuk yang tinggal di wilayah lain akan dibuatkan panduan terpisah. Untuk yang tinggal di Bekasi, silakan ikuti tulisan sebelumnya "Cara Menuju Tanjung Priok dari Bekasi Dengan Commuter Line"

Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Menuju Ancol-Tanjung Priok dari Serpong dengan Commuter Line.


1. Perhatikan Jadwal Commuter Line Relasi ke Ancol dan Tanjung Priok

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah tahu dulu jadwal keberangkatan Commuter Line, atau biasa disingkat CL, yang menuju ke Ancol dan Tanjung Priok.

Hal ini penting karena kereta ke arah sana tidak banyak, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda akan bisa mendapat CL sambungan yang tepat. Kalau tidak Anda bisa harus menunggu cukup lama kereta berikutnya.

Jadwalnya seperti di bawah ini.


    No KA              Jakarta Kota       Kampung Bandan       Ancol                   Tanjung Priok
230206.3506.4206.5006.55
230607.4307.5007.5808.03
231009.0509.1209.2009.25
231811.4011.4711.5512.00
232213.0513.1213.2013.25
232614.2514.3214.4014.45
233417.0017.0717.1517.20

2. Dua Kali Transit

Untuk menuju Ancol-Tanjung Priok dari Serpong dengan Commuter Line harus transit di dua stasiun, yaitu :

  • Stasiun Tanah Abang
  • Stasiun Kampung Bandan

3. Cara Beli Tiket

Anda bisa memilih membeli di loket atau menggunakan Automatic Ticket Vendor Machine atau mesin tiket otomatis.

Yang harus diperhatikan adalah saat membeli tiket belilah tiket dengan menyebutkan tujuan akhir perjalanan, yaitu Ancol atau Tanjung Priok. Kalau mau ke Taman Impian Jaya Ancol atau Dufan, sebutkan Ancol.

Jangan sebutkan stasiun transit karena kalau Anda membeli tiket hanya ke stasiun transit, nanti Anda harus keluar stasiun dan mengisi ulang tiketnya dulu. Membuang waktu lumayan lama.

Jadi, pastikan sebutkan tujuan akhir dan bukan stasiun transit.

Harga tiket akan termasuk uang jaminan sebesar Rp. 10 ribu per orang yang bisa diminta kembali di loket stasiun akhir dengan menyerahkan tiket.

4. Masuk Peron dan Menunggu Kereta

Nah, setelah itu Anda harus masuk ke stasiun dan pergi ke peron tunggu. Caranya, karena sekarang pintu masuk sudah berupa gerbang elektronik, mudah sekali.

Anda hanya perlu menempelkan tiket yang sudah dibeli di bagian yang bertuliskan "TAP DISINI" atau "TAP HERE".

Tunggu sampai lampu berubah menjadi HIJAU dan dorong batang besi ke depan untuk masuk.

5. Naik CL Jurusan Tanah Abang

CL dari Serpong akan mengarah ke Stasiun Tanah Abang, jadi Anda harus menanti kereta di peron yang ditetapkan. Kalau ragu, tanyakan kepada petugas disana. Mereka ramah dan bersedia membantu kok.

Lalu naik dan nikmati perjalanan saja.

6. Di Stasiun Tanah Abang

Sesampainya di stasiun Tanah Abang, turunlah. Ini akhir perjalanan relasi Serpong-Tanah Abang.

Lalu, berpindahlah ke peron dimana relasi Bogor-Depok ke Jatinegara akan lewat. Anda butuh CL ini. Tanyakan kepada petugas harus menunggu dimana kalau Anda ragu.

Nah, kalau sudah tersedia, naik. Hanya jangan terlalu asyik ngobrol dan lebih baik tidak perlu duduk karena perjalanan akan singkat.

Stasiun targetnya adalah Kampung Bandan, yaitu 3 stasiun dari Tanah Abang. Jadi, perjalanannya pendek saja.

7. di Kampung Bandan

Ketika pengumuman tiba di stasiun Kampung Bandan terdengar, turun lah. Anda harus berganti kereta lagi. Yang terakhir.

Keretanya adalah relasi Kota - Tanjung Priok.

Perjalanan ini pun akan pendek. Lebih pendek dari sebelumnya karena kalau mau ke stasiun Ancol Stasiun Ancol adalah stasiun setelah Kampung Bandan. Jadi sangat pendek. Kalau mau ke Tanjung Priok pun tidak lama, karena itu adalah stasiun setelah Ancol.

Kalau kereta sudah datang, silakan naik.

8.  Sesampainya di Ancol

Setelah sampai dan Anda turun, silakan keluar dari stasiun. Caranya sama, yaitu dengan menempelkan tiket ke pintu elektronik.

Jangan lupa, untuk mengambil kembali uang jaminan di loket. Atau, kalau masih akan pulang menggunakan CL saat pulang, tukarnya nanti saja di stasiun Serpong dalam perjalanan kembali.

Selesai.

Catatan tambahan : Bagi yang hendak pergi menuju Taman Impian Jaya Ancol atau Dufan, biasanya ada bis shuttle yang menunggu di stasiun Ancol dan bisa dipergunakan masuk ke lokasi wisata itu. Kalau tidak ada, bisa berjalan kaki walau lumayan jauh sekitar 800 meter dari stasiun atau pergunakan angkutan lain.

Itulah penjelasan cara menuju Ancol-Tanjung Priok dari Serpong dengan menggunakan Commuter Line.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: