33 Fakta Menarik Tentang Jembatan Golden Gate - Tempat Bunuh Diri Terfavorit di Dunia

Fakta Menarik Tentang Jembatan Golden Gate

Jembatan Golden Gate adalah nama sebuah jembatan suspense yang merupakan ikon dari sSan Fransisco, sebuah kota besar di Negara Bagian California. Jembatan ini bukan hanya terkenal di Negara paman Sam saja tetapi juga di dunia dan banyak turis dari luar Amerika Serikat yang datang ke kota ini hanya untuk melihat dan berfoto di jembatan bersejarah ini.

Di balik ketenarannya, jembatan sepanjang kurang lebih 2.700 m ini menyimpan banyak fakta menarik dalam segi fisik maupun sejarahnya.

Lihat saja di bawah ini fakta menarik tentang Jembatan Golden Gate

1. Usul Pertama Pembangunan Lahir di Tahun 1872

Ide pembangunan Jembatan Golden Gate muncul lebih dari 50 tahun sebelum pembangunannya dilakukan.

Seorang eksekutif perusahaan kereta Charles Crocker mengemukakan ide kepada Dewan Pengawas Marin County untuk membangun jembatan yang menghubungkan Marin County dengan Selat Golden Gate.

Pada saat ide ini dikemukanan, banyak yang tidak percaya hal itu bisa dilakukan. Alasannya, pada titik tersempit, selat itu masih lebih dari satu mil lebarnya, dengan turbulensi arus mulai dari 4,5 hingga 7,5 knot.

Proyek ini tidak dipertimbangkan secara serius sampai tahun 1919, ketika Dewan Pengawas San Francisco menugaskan insinyur kota, Michael O’Shaughnessy, melakukan penelitian untuk menentukan kelayakan jembatan. Hasil awal memperkirakan bahwa membangun jembatan akan menelan biaya $ 100 juta.

2. Desain Pertama Ditolak Banyak Kalangan dan Dibatalkan

Desain asli jembatan, yang diproduksi oleh chief engineer Joseph Strauss pada tahun 1921, ditolak banyak kalangan. Banhkan seorang kritikus menyebutnya sebagai  "perangkap tikus terbalik."
Desainnya memang fungsional, tetapi jauh dari elegan.

Pada akhirnya ,Strauss setuju untuk membatalkan rancangannya , dan dia kemudian bekerja sama dengan  insinyur saingan dalam proyek dan kemudian menghasilkan desain jembatan gantung yang lebih anggun.

3. Pembangunannya Harus Disetujui oleh Departemen Perang


Karena Departemen Perang memiliki tanah di kedua sisi selat, ia harus mengesahkan pembangunan jembatan. Izin konstruksi sementara diberikan pada 24 Desember 1924, dan izin terakhir dikeluarkan pada 11 Agustus 1930.

4. Mendapat Banyak Penentangan Dalam Pembangunannya


"Jembatan Golden Gate pada tahun 1930 memiliki 2300 tuntutan hukum terhadapnya," kata ahli transit Rod Diridon kepada NBC Bay Area. Salah satu tuntutan hukum itu dibawa oleh Southern Pacific Railroad, yang memiliki 51 persen dari perusahaan feri yang membawa komuter dan mobil antara San Francisco dan Marin County. Ansel Adams dan Sierra Club juga menentang jembatan itu, yang mereka rasa akan merusak keindahan alam selat itu.


5. STRAUSS Memecat Salah Satu Staf Kunci Sebelum Pembangunan Dimulai


Insinyur mempekerjakan Charles A. Ellis, penulis buku Essentials in the Theory of Framed Structures, pada tahun 1922. Pekerjaan Ellis adalah mengawasi desain jembatan dan mengawasi konstruksi.

Pekerjaan Ellis "termasuk melakukan ribuan perhitungan untuk jembatan, menulis spesifikasi untuk sepuluh kontrak konstruksi jembatan, dan mengawasi tes membosankan dan penentuan tapak, yang melibatkan proses rumit untuk menemukan pijakan perusahaan di pantai Marin." pekerjaannya tanpa lelah selama tiga tahun.

Pada November 1931, Strauss memerintahkan Ellis untuk berlibur. Hanya tiga hari sebelum dia dijadwalkan kembali, Strauss mengirim sepucuk surat yang memberi tahu Ellis bahwa dia akan mengambil liburan yang tidak terbatas (dan tidak dibayar) dan menyerahkan semua pekerjaannya kepada asistennya.

Tidak dapat menemukan pekerjaan lain, Ellis terus bekerja tanpa dibayar di Jembatan Golden Gate,  hingga 70 jam seminggu.

Dia akhirnya mengambil pekerjaan sebagai profesor di Purdue, dan ketika jembatan dibuka pada tahun 1937, Ellis tidak menerima penghargaan atas pekerjaannya, terlepas dari kenyataan bahwa dia telah, dengan kata-katanya sendiri, merancang "setiap mur dan baut pada jembatan ini." Perannya dalam proyek jembatan tidak akan terungkap sampai kematiannya pada tahun 1949.

Fakta Menarik Tentang Jembatan Golden Gate


6. Pembangunannya Akhirnya Mulai Dilakukan Tahun 1933


Setelah bertahun-tahun kemunduran dan penggalangan dana, Strauss dan timnya akhirnya memulai pembangunan konstruksi jembatan pada 5 Januari 1933.

Acara itu dirayakan secara besar-besaran. Dimulai dengan parade ke Crissy Field, di mana , setelah pidato pembukaan diberikan dan sebuah pesan dari Presiden Herbert Hoover dibacakan, ada penghormatan salvo 21 senapan dan sebuah jembatan dilukis di langit.

Berikutnya ada pawai di mana mahasiswa teknik memamerkan model jembatan sepanjang 80 kaki yang berisi merpati pos yang membawa berita tentang terobosan di seluruh California.

Yang terakhir,  Walikota San Francisco saat itu Angelo Rossi dan Direktur Dewan jembatan William P. Filmer memecahkan tanah menggunakan sekop emas dan doa penutup dibacakan. Setidaknya 100.000 orang menghadiri perayaan itu.

7. Panjang Kabel Baja Yang Dipergunakan Sama Dengan 3 Kali Keliling Bumi

Sebagai sebuah jembatan suspensi, Jembatan Golden Gate sangat bergantung pada kabel-kabel yang berperan sebagai penyangganya.

Dan, jumlah kabel baja yang dipergunakan jembatan ini sangat luar biasa panjangnya. Secara totalkabel baja yang dipergunakan mencapai 80.000 mil atau 3 kali keliling bumi di garis katulistiwa
Dua kabel utamanya memiliki panjang 23 kilometer dengan diameter sekitar 1 meter.

8. Keselamatan Menjadi Prioritas Utama


Pada 1930-an, proyek besar semacam ini tidak menguntungkan pekerja. Rata-rata, satu orang terbunuh per juta dolar yang dibelanjakan.

Strauss ingin mematahkan rekor ini, dan menghabiskan banyak uang untuk memastikan keselamatan mereka yang bekerja dalam pembangunan Jembatan Golden Gate ini.

Para pekerja harus mengenakan kacamata anti silau, menggunakan krim tangan dan wajah untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari dan angin kencang. Para pekerja juga harus melakukan diet khusus yang diyakini Strauss akan menangkis pusing.

Insinyur dari E.D. Bullard Company menciptakan topi keras khusus untuk pekerja jembatan, yang harus mereka pakai setiap saat, dan pada tahun 1936, Strauss memasang jaring di bawah jembatan yang berharga $ 130.000.

Perangkat yang mirip dengan apa yang dirangkai di bawah trapeze sirkus, dibuat oleh J.L. Stuart Company dan diperpanjang 10 kaki lebih lebar dari lebar jembatan dan 15 kaki lebih panjang dari panjangnya. Jaring itu membantu mempercepat pembangunan sementara juga memberi pekerja rasa aman. Pemasangan jaring itu  menyelamatkan 19 orang dari jatuh; mereka dikatakan.


9. Kecelakaan Tetap Terjadi


Usaha Strauss untuk memastikan keselamatan pekerja cukup berhasil, tetapi tidak benar-benar bebas dari kecelakaan kerja.

Hanya beberapa bulan sebelum jembatan dibuka, seorang pekerja terbunuh oleh derek yang jatuh.

Beberapa minggu setelah itu, perancah runtuh, jatuh ke jaring dengan 12 pekerja di dalamnya.  Peralatan ini  merobek jaring dan jatuh ke air 220 kaki di bawah.

Sepuluh orang tewas. Satu orang yang selamat, Lambert, 26 tahun, ingat, "Ketika saya jatuh, sebatang kayu jatuh di kepala saya. Saya hampir tidak sadarkan diri. Kemudian air dingin dari saluran membawa saya ke sana. " Dia telah mematahkan bahu, beberapa tulang rusuk, dan beberapa tulang leher, tetapi berhasil berenang ke pantai.

Meskipun demikian, rekor keselamatan pekerja terpecahkan dalam pembangunan Jembatan Golden Gate karena dengan total biaya mencapai US$ 35 juta, hanya ada 11 orang yang meninggal. Artinya 1 orang setiap US$ 3,3 juta, yang di atas rata-rata saat itu, yaitu 1 orang setiap US$ 1 juta.

10. Gempa Terjadi Saat Pembangunan


Sebuah gempa terjadi pada  tahun 1935 saat jembatan sedang dalam pembangunan. Mereka yang mengalami menyebutkan bahwa karena jembatan bergoyang begitu kerasnya akibat gempa, banyak orang yang terpaksa berbaring di dek karena merasa mual dan muntah-muntah. Beberapa pekerja yang berada di menara saat gempa terjadi dan tidak bisa turun karena lift tidak bisa berfungsi karena gempa.

 11. Ada  600.000 Sekrup di Setiap Menara Setinggi 246


Pada Jembatan Golden Gate ada beberapa menara yang juga menjadi tiang tumpu dan menara itu dibentuk dengan menggunakan lebih dari 600 ribu sekrup untuk menyambung tiap bagiannya.


12. Angkatan Laut Ingin Mewarnainya Dengan Hitam dan Putih


Warna yang diusulkan untuk jembatan termasuk karbon abu-abu, aluminium, atau hitam, dan Angkatan Laut AS menginginkan hitam dengan garis-garis kuning (untuk visibilitas yang lebih besar).

Tetapi Irving Morrow, arsitek konsultan (yang juga bertanggung jawab untuk tampilan Art Deco jembatan), tidak menginginkan warna-warna itu: Hitam tidak menarik dan akan mengurangi skala jembatannya; aluminium akan membuat menara tampak kecil.

Pada akhirnya, ia terinspirasi oleh warna merah balok-balok baja yang telah dilapisi di pabrik-pabrik kembali ke timur, dan memutuskan memilih warna "Orange Internasional" yang merupakan percampuran dari Cyan: 0 persen, Magenta: 69 persen, Kuning: 100 persen, Hitam: 6 persen.

Cat untuk jembatan saat ini dipasok oleh Sherwin-Williams.

13. Pembukaan Jembatan Dirayakan Selama 1 Minggu


Butuh waktu lebih dari empat tahun untuk menyelesaikan pembangunan jembatan, dan total biaya proyek adalah $ 35 juta.

Ketika jembatan selesai, San Francisco merayakannya selama seminggu penuh. Sebuah pesta berjudul Golden Gate Bridge Fiesta berlangsung dari 27 Mei hingga 2 Juni.


Hari pembukaan adalah disebut sebagai"Hari Pejalan Kaki," dan 15.000 orang per jam melewati pintu putar, masing-masing membayar 25 sen untuk menyeberang. Beberapa melintasi jembatan di atas panggung dan sepatu roda atau di sepeda.

Penjual makanan hadirdi sepanjang jalan dan menjual sekitar 50.000 hot dog.

Pada tengah hari pada 28 Mei, FDR (Franklin Delano Roosevelt) menekan tombol telegraf di Gedung Putih yang mengumumkan pembukaan jembatan ke seluruh dunia. Pada jam 3 sore. armada 42 kapal Angkatan Laut berlayar di bawah jembatan.

Hari Pembuaan itu ditutup oleh pertunjukan kembang api pada jam 10 malam. Pada titik tertentu selama perayaan, diadakan lomba Ratu dari Jembatan Golden Gate, meskipun laporan berbeda mengenai siapa yang menang.

14. Jembatan Golden Gate Itu Berat


Ketika jembatan dibuka pada tahun 1937, berat jembatan bersama dengan jangkar dan landasannya adalah 894.500 ton. Renovasi yang dilakukan pada tahun 1986 mengurangi berat total menjadi 887.000 ton.

15. Hanya Tiga Kali Ditutup


Penutupan terpanjang dalam sejarah Golden Gate terjadi pada tanggal 3 Desember 1983, ketika angin mencapai 75 mil perjam. Saat itu jalan ditutup selama tiga jam dan 27 menit.

Duapenutupan singkat lainnya adalah untuk menyambut tamu kehormatan Franklin Delano Roosevelt dan Charles de Gaulle.

Fakta Menarik Tentang Jembatan Golden Gate

16. Jembatan Suspensi Tertinggi Di Dunia Hingga Tahun 1964


Gelar itu sekarang milik Jembatan Akashi-Kaikyo Jepang, yang memiliki rentang 3,911 M.

Tetapi , mungkin Golden Gate masih jembatan yang paling banyak difoto di planet ini.

17. Pengemudi Yang Melintasi Jembatan Golden Gate ke 1 Juta Terjadi pada  22 Februari, 1985

Arthur Molinari, seorang dokter gigi dan menjadi pengemudi yang beruntung sebagai pengemudi ke satu juta yang melintasi Golden Gate. Dia mendapatkan topi dan sampanye untuk itu.

18. HUT KE-50 Diwarnai Bencana


Para pejabat mengharapkan maksimum 50.000 orang untuk menghadiri perayaan ulang tahun ke-50 jembatan itu pada 24 Mei 1987. Sebaliknya, 800.000 orang muncul, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah mimpi buruk.

Ditambah dengan angin yang berhembus dengan kecepatan 17 Mil perjam membuat jembatan berayun sangat keras. Ratusan hingga ribuan orang mengalami mual dan muntah akibat goyangan tersebut dan juga padatnya jembatan saat itu.

Ketakutan mewarnai banyak orang karena jumlah orang yang menaikinya melebihi kapasitas.

19.  Jembatan Golden Gate itu Bintang Film


Jembatan ini telah muncul di banyak film, termasuk The Maltese Falcon (1941), Invasion of The Body Snatchers (1978), Interview With the Vampire(1994), dan The Rock (1998). Sutradara film juga suka menghancurkannya dalam film buatan mereka.

20. Jembatan Golden Gate adalah lokasi bunuh diri paing favorit di dunia.

Jembatan ini mengalahkan Hutan Aokigahara di Jepang sebagai lokasi bunuh diri favorit di dunia. Hingga tahun 2012, sejak berdirinya, tercatat 1600 kematian akibat bunuh diri dari jembatan ini.


21. Bunuh Diri Pertama


Pada bulan Agustus 1937, tiga bulan setelah Jembatan Golden Gate dibuka, H.B. Wobber menyusuri rombongan itu bersama seorang turis yang baru saja ditemuinya di bus.

Wobber tiba-tiba berpaling kepada  orang tersebut dan berkata, “Di sinilah saya turun. Saya akan melompat. ”Meskipun ada upaya turis untuk menghentikannya, Wobber melemparkan dirinya ke samping. Empat detik kemudian ia menghantam permukaan Teluk San Francisco pada 75 mil per jam dan menjadi yang pertama dari lebih dari 1.600 orang yang melakukan bunuh diri dengan melompat dari Jembatan Golden Gate.

22. MemilikTelpon Konseling


Dengan rata-rata satu orang bunuh diri hampir setiap tiga minggu. Ada 11 telpon konseling di jembatan yang terhubung dengan penasehat untuk pencegahan bunuh diri yang terlatih.

Fakta Menarik Tentang Jembatan Golden Gate


23. Ayah Dan Anak Pernah Bunih Diri di Jembatan Ini


Empat hari hari setelah ayahnya melompat dari Jembatan Golden Gate, seorang siswa pre-med dari UCLA mengemudikan mobil yang sama yang dilalui ayahnya ke jembatan dan juga melakukan bunuh diri dengan meninggalkan catatan singkat yang mengatakan "" Saya minta maaf. . . . Saya ingin menjaga perusahaan ayah.

24. Tahun 2021 Akan Memiliki Jaring Anti Bunuh Diri


Pada 2021 jembatan golden gate akan memiliki fitur anti-bunuh diri berupa jaring pengaman baru yang terbuat dari stainless steel. Biaya pemasangan jaring anti bunuh diri ini diperkirakan akan menghabiskan US$ 200 juta

22. Kisah Mereka Yang Tidak Mati Bunuh Diri


Orang-orang yang selamat dari upaya bunuh diri dengan melompat dari jembatan Golden Gate sering menyesali keputusan mereka saat melayang di udara.

Kata seorang yang selamat: “Saya langsung menyadari bahwa segala sesuatu dalam hidup saya yang saya pikir tidak bisa diperbaiki benar-benar dapat diperbaiki — kecuali apa yang barus aja saya lakukan yaitu melompat.”

23. Ada Yang Selamat Tanpa Celaka


Seorang remaja San Fransisco berhasil lolos dari maut setelah jatuh dari  jembatan Golden Gate setinggi 220 kaki ketika sedang melakukan kunjungan lapangan tanpa ajaibnya tanpa cedera berat.

26. Namanya Berasal Dari Nama Teluk


Jembatan Golden Gate tidak diberi nama karena warnanya yang keemasan, melainkan untuk merujuk pada nama Teluk San Francisco, yang dinamakan demikian bahkan sebelum demam emas California

27. Paku keling / Sekrup terakhir di Jembatan Golden Gate adalah emas murni


Selama pemasangan pada upacara pendedikasian, itu hancur, karena senjata keling seharusnya bekerja dengan paku keling baja, bukan emas lunak.

28. Jembatan Golden Gate dirancang untuk bergoyang hingga 28 kaki ke samping dan 16 kaki secara vertikal. 


29. Jembatan Golden Gate memiliki bobot 60 kali lebih berat daripada Jembatan Brooklyn.


30. Logo Cisco adalah Jembatan Golden Gate , pendiri perusahaan ini mendapatkan ide ketika sedang dalam perjalanan untuk mendaftarkan perusahaan dan melihat jembatan tersebut

 

31. Jalan melintasi Jembatan Golden Gate naik dan turun hingga 16 kaki tergantung pada suhu.



32. Sebelum sistem pengumpulan tol Golden Gate Bridge beralih ke otomatis penuh pada tahun 2013, gaji rata-rata seorang pengambil tol adalah lebih dari $ 27 per jam. Peralihan ini diharapkan dapat menghemat 16 juta dolar selama delapan tahun


33.  Pembangunannya Dibiayai Masyarakat


Warga setempat menempatkan properti mereka sebagai jaminan untuk membiayai pembangunan Jembatan Golden Gate.

Uang negara atau federal sedikit digunakan untuk membangun jembatan. Sebagian besar pembiayaan berasal dari obligasi yang dijual oleh Golden Gate Bridge dan Highway District. Meskipun berada di tengah-tengah Depresi Besar, para pemilih di enam kabupaten di kabupaten itu pada 1930 menyetujui penerbitan obligasi senilai $ 35 juta yang mengharuskan mereka untuk menempatkan rumah, pertanian, dan bisnis mereka sebagai jaminan.

Persetujuan yang meyakinkan oleh marjin tiga banding satu mencerminkan kepercayaan warga setempat dalam keuntungan ekonomi jangka panjang proyek tersebut. Obligasi konstruksi telah berakhir pada tahun 1971.

---

Catatan : Dirangkum dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: