Mola-Mola atau Sunfish : Si Ikan Matahari Yang Suka Berjemur dan Penuh Parasit

Mola-Mola atau Sunfish : Si Ikan Matahari Yang Suka Berjemur tapi Penuh Parasit

Sunfish laut atau Mola mola adalah ikan bertulang terberat yang dikenal di dunia.

Seekor ikan dewasa biasanya memiliki berat antara 247 dan 2.500 kg (545-5000 lb) dan memiliki tinggi secara vertikal mencapai 14 kaki (+- 4 meter)

Spesies ini dapat ditemukan di berbagai perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Bentuknya mirip seperti baon zeppelin yang dipergunakan Nazi saat PD II

Kulit Mola-Mola diketahui elastis dan tebal. Kulit ini juga merupakan tempat hidup bagi lebih dari  40 parasit berbeda — begitu banyak, sehingga beberapa parasit mereka memiliki parasit juga.

Satu ikan betina tunggal dapat menghasilkan hingga 300 juta telur per induk. Betul 300.000.000. Fakta ini menempatkan spesies dengan kuat di Guinness Book of World Records .

Beberapa fakta menarik lain dari si Mola-Mola ini adalah

1. Mereka suka berjemur.


Sunfish menghabiskan hingga setengah hari berjemur di bawah sinar matahari dekat permukaan air, yang membantu menghangatkan tubuh mereka setelah penyelaman air dalam untuk berburu.

2. Mereka dapat memiliki berat lebih dari sebuah mobil.


Sunfish lautan rata-rata adalah 10 kaki panjang dan berat £ 2200, tetapi yang terbesar dapat tumbuh hingga 5000 pound atau 2500 Kilogram. Berat sebuah pickup rata-rata hanya 2000 kilogram saja. Ini membuat mereka ikan bertulang terbesar di dunia.

3. Mereka memiliki gigi yang sangat aneh.


Gigi mola mola digabungkan bersama dalam dua piring yang terlihat seperti paruh burung beo.

4. Memakan Sunfish Membawa Nasib Buruk


Menurut situs ahli biologi laut Tierney Thys, OceanSunfish.org, orang-orang Polinesia menyebut “Raja Makarel” mola-mola. Dan, makan si Raja Makarel akan merupakan nasib buruk dan bisa menyebabkan makarel tidak mau datang mendekat.

5. Mereka dinamai berdasarkan batu kilangan.


Nama Mola mola berasal dari kata Latin untuk "millstone". Dinamai demikian karena bentuknya yang kelabu, bulat, dan tekstur kasar , mirip dengan bebatuan.

6. Dalam bahasa Jerman, mereka disebut "kepala berenang"


Istilah Jerman untuk sunfish adalah Schwimmender Kopf, yang berarti "kepala berenang," deskripsi yang cukup tepat tentang penampilan mereka yang seperti hanya terdiri dari bagian kepala saja. Nama Polandia untuk sunfish adalah samogłów, atau "kepala sendiri."

7. Mereka bisa menyelam hingga 2.600 kaki.

Sunfish umumnya nongkrong di kedalaman 160 hingga 650 kaki, tetapi mereka dapat menyelam lebih dalam sekali-sekali. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mencatat seekor ikan air mancur menyelam lebih dari 2600 kaki di bawah permukaan laut.

8. Mereka adalah predator rakus


Para ilmuwan dulu berpikir bahwa mola-mola relatif tidak aktif, menghabiskan hari-hari mereka berjemur dan makan ubur-ubur. Namun, meskipun penampilan mereka murung, mola-mola adalah predator aktif dengan selera cerdas yang melakukan perjalanan beberapa mil per hari.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mengamati mola-mola yang hanya makan di bagian ubur-ubur yang paling kaya energi — gonad dan lengan  - sementara meninggalkan bagian yang kurang bergizi. Mereka juga sesekali makan ikan kecil dan zooplankton.

Mola-Mola atau Sunfish : Si Ikan Matahari Yang Suka Berjemur tapi Penuh Parasit

9. Mereka adalah bentuk pembayaran pajak yang dapat diterima di Jepang abad ke-17 ...


Selama 1600-an dan 1700-an, shogun Jepang menerima Mola-mola sebagai pembayaran pajak

10.… Dan saat ini menjadi subjek dari sebuah gim video Jepang yang populer.

Game seluler bernama "Survive! Mola Mola!" memiliki lebih dari 6 juta unduhan di Jepang. Game ini berputar di sekitar memelihara ikan laut sunfish, seperti Tamagotchi untuk kehidupan laut berbentuk aneh.

11. Mereka mungkin atau mungkin bukan saudara plankton.


Meskipun ukurannya sangat besar, sunfish telah diklasifikasikan selama bertahun-tahun sebagai jenis plankton, karena tampaknya melayang dengan arus daripada berenang. (Plankton melayang naik turun kolom air dengan arus, tidak bisa berenang melawannya.)

Namun, studi yang lebih baru dari Mola mola telah menyangkal gagasan bahwa sunfish adalah makhluk planktonik pasif. Pelacakan telah menunjukkan bahwa mereka dapat bergerak secara independen dari arus, dan dapat berenang dengan kecepatan yang sama dengan ikan besar lainnya.

Subscribe to receive free email updates: