Tempat Terkering Di Dunia : Gurun Atacama

Tempat Terkering Di Dunia : Gurun Atacama

Tempat Terkering Di Dunia : Gurun Atacama

Kemungkinan besar, apabila pertanyaan "Dimana tempat terkering di dunia?" diajukan, sebagian besar orang akan menjawab wilayah jazirah Arab lah tempatnya. Tidak mengherankan kalau jawaban itu diajukan mengingat wilayahnya yang sebagian besar adalah padang pasir.

Tetapi, sebenarnya tempat terkering di dunia bukanlah disana. Justru tempatnya ada ribuan kilometer dari yang diduga banyak orang, yaitu di Amerika Selatan, tepatnya di Chile.

Ya, disanalah ada tempat terkering di dunia.

Namanya adalah Gurun Atacama.

Gurun ini setiap tahunnya hanya menerima hujan sebanyak 15 milimeter saja. Jumlah yang sangat sedikit sekali. Curah hujan yang turun di gurun seluas 105.000 kilometer persegi ini hanya 1/7 dari curah hujan yang diterima Gurun Sahara yang 10 Centimeter pertahun.

Bahkan, beberapa stasiun pengamat cuaca disana melaporkan bahwa sudah tidak ada hujan selama lebih dari 4 tahun di lokasi dimana mereka berada.

Keringnya wilayah Gurun Atacama membuatnya dinilai mirip dengan permukaan Planet Mars dan dijadikan lahan percobaan bagi berbagai kendaraan atau peralatan yang akan dipergunakan untuk misi antariksa ke planet Mars.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar