[Kenyataan] Membangun Blog Butuh Waktu dan Usaha Yang Tidak Sedikit

Membangun Blog Butuh Waktu dan Usaha Yang Tidak Sedikit

Bukan hanya dalam membangun blog sebenarnya, waktu dan usaha itu diperlukan untuk membangun hampir semua hal di dunia. Baik dalam bentuk fisik atau sesuatu yang tidak terlihat seperti karakter dan sifat.

Sayangnya, banyak orang mengabaikan kenyataan dan fakta tak terbantahkan yang satu ini. Banyak blogger mengeluh, setelah 2-3 bulan menjalani kehidupan secara blogger, menulis postingan, ternyata jumlah pengunjung ke blognya masih sedikit sekali. Mereka terus mengeluh kesana kemari atau mencari berbagai tips dan trik ajaib yang dianggap bisa mendatangkan jutaan pengunjung dalam waktu singkat.

Sesuatu yang mencerminkan kebodohan dan ketidaksadaran bahwa hal itu sebenarnya adalah sia-sia saja dan justru banyak memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri.

Pada kenyataannya, membangun blog itu akan butuh banyak waktu dan tidak terhitung usaha agar bisa mencapai target yang ditetapkan. Misalkan, untuk bisa menghasilkan uang sebesar 1 juta rupiah perbulan dari ngeblog, banyak blogger harus berjuang hingga tahunan sebelum bisa mencapainya dan bahkan banyak yang bahkan setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun tetap belum bisa mendapatkannya.

Tidak mudah.

Dan, faktanya memang demikian.

Berbeda dari banyak yang diajarkan oleh para internet marketer atau blogger tutorial bahwa ada cara cepat untuk berhasil dalam ngeblog, kenyataan di lapangan tidak ada yang namanya jalan pintas. Setiap blogger harus terus berusaha maju selangkah semi selangkah untuk mencapai tujuannya. Contohnya, pada awal biasanya seorang masih belajar mengatur tampilan, belajar menulis. Kemudian dilanjutkan dengan mencoba mengembangkan ide tulisan. Setelah itu tahap berikut untuk mempromosikan blog harus dilakukan.

Ada banyak sekali tahapan yang harus dilalui agar seorang blogger, dengan blognya, bisa meraih impian yang ditargetkan. Berapa lama waktu untuk setiap tahapan akan berbeda, tergantung pada kemampuannya untuk belajar dan mengembangkan diri.

Jadi, sebenarnya adalah omong kosong kalau ada blogger yang mengatakan bahwa kalau dalam 1 bulan blog belum kedatangan pengunjung berarti blog gagal. Jika ada yang mengatakan demikian, rasanya perlu hati-hati karena mungkin yang menulis juga belum berhasil melakukan yang ditulisnya dan sekedar hanya beromong kosong saja.

Tidak demikian adanya.

Membangun blog yang sukses tidak semudah yang dibayangkan orang.

Ada yang membutuhkan waktu 2 tahun, ada yang 3, ada yang 5, tetapi kebanyakan blogger sukses ketika blognya sudah melalui angka 5 tahun. Bukan kepastian, tetapi hanya rata-tata saja. Itupun tidak banyak membuat blog yang mempunyai nama dan membuat pembaca rajin datang.

Kesadaran tentang kenyataan bahwa membangun blog akan memerlukan waktu dan usaha perlu dipegang oleh semua blogger. Kesadaran ini akan membantu untuk menghindarkan sang blogger dari rasa putus asa, seperti yang kerap dialami oleh orang-orang bermental instan. Dengan adanya kesadaran dalam hal ini, seorang blogger bisa menjadi bak seorang pelari maraton yang tidak kenal menyerah yang akan mengatur langkah dan nafas agar mereka bisa mencapai garis finish dan terhenti di tengah jalan.

Tanpa itu, seperti yang banyak dialami oleh para blogger, maka mentalitas instan akan cenderung mendorong orang untuk mudah berputus asa.

Blog Umum Sekali sudah berusia lebih dari tiga tahun dan tetap saja masih miskin pembaca dan tentunya masih belum bisa memperkaya pemiliknya.

Tetapi, karena saya menyadari berbagai kekurangan dan kelemahan blog ini, dan juga bahwa ngeblog itu makan waktu dan tenaga, maka saya memutuskan untuk enjoy saja. Tidak terlalu memusingkan mau pembaca datang atau tidak.

Dengan begitu saya harapkan blog ini akan berumur panjang, dan tentunya suatu waktu di masa mendatang akan bisa, setidaknya memasukkan recehan ke rekening sang pemilik. Maksudnya dalam jumlah lebih banyak lagi karena sebenarnya blog ini sudah memberikan kontribusi dalam bentuk recehan yang lumayan banyak.

Subscribe to receive free email updates: