Merapikan Meja Kerja Harus Dilakukan Secara Rutin

Merapikan Meja Kerja Harus Dilakukan Secara Rutin

Meja kerja adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh manusia dalam hidupnya. Apalagi jika orang itu adalah seorang karyawan atau pegawai kantoran. Bisa dikata hanya rumahlah yang mengalahkan posisinya sebagai tempat dimana seorang pegawai kantoran menghabiskan waktu dalam hidupnya.

Bayangkan saja, paling tidak, kalau di Indonesia, 8 jam sehari seorang karyawan akan memakai tempat ini dalam sehari. Jumlah waktu yang hanya kalah oleh rumah. Bahkan, bagi para penggila kerja, tidak jarang benda yang kadang hanya berukuran 1 X 1 1/2 meter ini justru mengalahkan rumah sebagai tempat paling sering dipergunakan.

Oleh karena itu, seorang pegawai harus juga mau meluangkan waktunya untuk merapikan meja kerja yang diberikan kepadanya. Ia harus mau menyediakan waktu untuk memastikan meja kerjanya tertata dengan rapi.

Bukan tanpa sebab, sebuah meja kantor yang berantakan bisa menghadirkan masalah bagi sang pegawai kantoran. Terkadang, justru bisa menjadi masalah yang sangat besar dan bisa menyebabkannya kehilang sumber mata pencahariannya.

Sebuah meja kerja yang bersih dan rapi bisa menghasilkan beberapa hal di bawah ini :

1. Mengurangi Resiko File atau Dokumen terselip

File yang berserakan dimana-mana akan menghadirkan resiko terselip atau hilangnya dokumen atau file yang berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini adalah sebuah masalah umum yang dihadapi setiap pegawai.

Kalau dokumen atau filenya tidak begitu penting tidaklah masalah, karena resikonya paling hanya dimarahi boss yang sudah menunggu. Tetapi, kalau yang terselip adalah dokumen kontrat atau faktur pembelian, hasilnya seorang pegawai bisa dianggap ceroboh dan bahkan dianggap melakukan penggelapan. Bisa juga hal seperti ini menimbulkan kerugian secara finansial kepada perusahaan. Dan, ujungnya, sang pegawai bisa menghadapi resiko pemecatan.

Resiko seperti ini akan diminimalisir kalau segala sesuatu yang ada di atas meja kerja tersusun dan terorganisir.

2. Menimbulkan Kepercayaan Atasan

Segala sesuatu yang tersusun dengan benar dan rapi di atas meja kerja akan memberikan kesan baik kepada diri sang pegawai. Atasannya akan melihatnya sebagai orang yang mampu melakukan sesuatu secara terorganisir.

Dan, kalau kesan baik itu timbul, sang pegawai akan memiliki kesempatan untuk diberikan tugas yang lebih menantang, tentunya dengan gaji dan imbalan yang lebih besar.

3. Membuat Kerja Menjadi Lebih Efisien

Jika mencari sebuah arsip saja membutuhkan waktu 15 menit karena harus membuka setiap tumpukan yang ada di meja, lalu berapa lama kalau atasan meminta 10 buah arsip sekaligus? Yah mudah saja jawabannya 10 X 15 Menit alias 150 menit.

Dan, hal itu adalah sangat tidak efektif. Segala sesuatu harus dilakukan secara cepat dan tepat. Tidak akan ada yang mau menunggu 2 setengah jam hanya untuk menunggu sekedar arsip. Apalagi atasan yang biasanya sangat sibuk. Mereka akan selalu menginginkan sesuatu dalam waktu yang singkat.

Hal itu akan mudah dilakukan kalau seorang pegawai selalu merapikan meja kerjanya. Ia akan tahu dengan tepat dimana posisi sebuah arsip berada dan ketika dibutuhkan, ia hanya perlu beberapa detik saja untuk menemukan dan kemudian menyodorkannya kepada yang meminta atau saat ia membutuhkannya.

4. Membuat Betah

Anda betah tinggal di rumah yang berantakan? Mayoritas orang akan menjawab TIDAK. Hal yang sama berlaku pada sebuah meja kantor. Sebagai sebuah tempat dimana sebagian besar waktu dalam kehidupan pegawai dihabiskan, meja kerja yang berantakan membuat timbul rasa ketidaknyamanan dalam dirinya.

Pada akhirnya, hal itu bisa berujung menjadi rasa tidak betah dalam bekerja.

Dengan sebuah meja kerja yang rapi, seorang pegawai bisa membuat dirinya merasa nyaman dan enak saat bekerja. Hal itu bisa membantu seorang pegawai menikmati keberadaannya di sebuah kantor dan mengurangi tekanan dan ketidaknyamanan dalam bekerja.

Oleh karena itu, ada baiknya seorang pegawai atau karyawan menyediakan waktu secara rutin untuk merapikan meja kerjanya. Paling baik adakah setiap hari, yaitu sebelum meninggalkannya dan pulang ke rumah.

Tetapi, mengingat pekerjaan sering datang tidak berhenti, seminggu sekali pun tidak apa. Luangkan waktu saja 2-3 jam untuk memastikan semua tersusun dengan rapi di atas meja kerja. Dimana pensil, pulpen, atau kalkulator berada, dimana arsip ditempatkan.

Jangan satu bulan atau satu tahun sekali karena pada saat itu biasanya arsip sudah menumpuk banyak dan akan memakan waktu lebih banyak untuk merapikannya.

Jadi, bagaimana dengan meja kerja Anda di kantor? Sudah rapi kah?


Subscribe to receive free email updates: