Tidak Ada Warna Kain Yang 100% Sama

Tidak Ada Warna Kain Yang 100% Sama

Tidak Ada Warna Kain Yang 100% Sama

Tahun ajaran baru, berarti musim berburu seragam. Hal itu dilakukan banyak ibu-ibu setiap tahunnya. Dan, biasanya pula, musim seperti ini adalah musim dimana para ibu juga keheranan mengapa seragam yang dikenakan anak mereka ternyata berbeda dengan yang dipakai anak tetangga atau temannya yang bersekolah di sekolah yang sama. Padahal, seragam itu dibeli di koperasi sekolah, dengan harga dan bahanyang sama, dan pada bisa jadi pada waktu yang berbarengan pula.

Kerap akhirnya hal itu menjadi awal sebuah komplain atau keluhan kepada pihak penjual karena dianggap memberikan sesuatu yang tidak seragam.

Padahal, sebenarnya perbedaan warna pada kain adalah sesuatu yang wajar saja, selama perbedaannya tidak terlalu jauh. Tidak ada warna kain yang 100% sama.

Memang benar tidak ada yang sama. Jangankan yang dijual di toko yang sama yang mungkin saja dibeli dari produsen kain yang berbeda, bahkan kain yang dibuat oleh produsen yang sama dalam proses produksi yang sama, hasilnya tidak akan serupa seluruhnya.

Akan selalu ada perbedaan antara warna kain dari gulungan yang satu akan berbeda dengan kain gulungan yang ke 2 atau ke-3 dan seterusnya. Tidak jarang warna di bagian sisi kanan dan kiri juga akan berbeda.

Hal itu bisa terjadi karena banyak hal dalam proses pewarnaan kain. Suku, kelembaban, kandungan bahan pewarna, usia mesin, dan masih banyak hal lain yang mempengaruhi proses pewarnaan kain. Dan, hal itu terjadi setiap saat, bukan perhari, bukan perbulan, tetapi hampir setiap "saat".

Perubahan suhu saat proses produksi satu warna akan naik turun meskipun sudah coba dikontrol oleh operator mesin yang berpengalaman sekalipun. Dan, setiap perubahan suhu itu "bisa" menyebabkan tingkat penyerapan zat warna tidak sama di pangkal dan di ujung.

Belum ditambah lagi karena daya serap setiap jenis bahan baku berbeda, misalkan daya serap katun Amerika lebih tinggi dibandingkan katun India.

Semua berperan dan memberikan pengaruh dalam proses pewarnaan kain. Dan, sebagai hasilnya, tidak ada warna kain yang sama 100%, bahkan yang diproduksi pabrik yang sama dan dalam satu "batch" produksi yang sama. Pasti akan berbeda.

Dan, karena itulah, jangan berharap bahwa seragam yang dibeli untuk anak Anda akan sama dengan anak tetangga walau mereka bersekolah di sekolah yang sama. Pasti ada bedanya.

Hanya saja, sebuah pabrik produsen kain yang baik dan berpengalaman bisa membuat perbedaan itu menjadi sangat "tipis" dan "tidak" terlihat dengan jelas. Perbedaan itu biasanya baru akan terlihat kalau kedua kain itu dijejerkan dan dilihat dari dekat. Berbeda dengan produsen kain yang kurang berpengalaman, perbedaan itu bahkan bisa sangat jelas dan terlihat.

Jadi, janganlah buru-buru mengembalikan baju seragam yang Anda beli kalau perbedaannya tidak begitu mencolok. Apalagi kalau yang menjualnya adalah koperasi sekolah, yang tentunya sudah mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah untuk itu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar