Bangunan Unik : The Crooked House of Sopot (Krzywy Domek)

Bangunan Unik : The Crooked House of Sopot (Krzywy Domek)

Biasanya bangunan, baik rumah atau gedung akan berbentuk simetris. Garis-garis lurus yang terbentuk dari tembok dan sekelilingnya akan membentuk susunan yang sangat simetris. Hanya bagian-bagian tertentu saja yang memiliki lengkung, seperti pintu, jendela. Itupun hanya sebagian kecil saja dan biasanya bukan bagian utamanya, seperti tembok. Belum lagi biasanya bentuk lengkung masih akan dipadukan dengan garis-garis lurus supaya enak dipandang mata.

Tetapi, bangunan unik yang satu ini, berbeda. Namanya The Crooked House of Sopot (Krzywy Domek)  yang berlokasi di Sopot, Polandia.

Bukan hanya bagian kecil saja, tetapi bisa dikata "rumah kecil dari Sopot" ini seperti tidak memiliki garis lurus. Tembok-temboknya berbentuk lengkungan dan lebih anehnya lagi tidak sama dan simetris.

Bangunan Unik : The Crooked House of Sopot (Krzywy Domek)
Tampak Depan - Sumber Foto Wikimedia
Bangunan Unik : The Crooked House of Sopot (Krzywy Domek)
Bagian Samping - Kredit Foto Wikimedia
Dan, lengkung-lengkung aneh itu bukan hanya berada di bagian luar saja, tetapi bagian interiornya.

Interior the Crooked House of Sopot - Sumber Foto Wikimedia
Bangunan ini bukanlah rumah tinggal dan merupakan bagian dari pusat perbelanjaan the Rezydent . Banyak acara digelar di dalam bangunan ini.

Luasnya sendiri termasuk luas sebagai sebuah ruang pertemuan karena memiliki luas sekitar 4000 meter persegi.

Perancang bangunan unik ini adalah SzotyƄscy & Zaleski yang rancangannya terisnpirasi oleh seorang ilustrator Polandia Jan Marcin Szancer yang merupakan profesor di Akademi Seni Warsawa.

Pantas saja kesannya tidak "biasa".
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar