Bass Terbesar Di Dunia - Octobass

Kredit Foto : http://nymusikk.no/en/artikler/octobass
Pernah tahu alat musik bernama Bass? Pasti. Alat musik gesek yang satu ini kerap mengundang perhatian karena bentuknya yang bongsor alias besar. Bentuknya menyerupai biola dan memiliki 3 senar. Untuk menghasilkan bunyi darinya senar tersebut digesek.

Alat musik Bass biasanya dipergunakan untuk menghasilkan nada-nada rendah. Oleh karena itulah suara pria yang rendah disebut sebagai suara Bass.

Ukuran standarnya adalah sekitar 2 meter dan pemain bass biasanya akan berdiri saat memainkan alat musik ini.

Tetapi, ternyata ada satu anggota keluarga Bass yang memiliki postur luar biasa besar. Ukurannya mencapai lebih dari 3 kali lipat dari ukuran bass normal, alias 7 meter. Namanya Octobass.

Octobass bisa dikata merupakan alat musik gesek terbesar di dunia. Untuk memainkannya, seseorang bukan hanya harus berdiri tetapi ia memerlukan tambahan kursi atau perlengkapan lain.

Alat musik ini diciptakan oleh Jean Baptiste Villaume , pemusik Perancis yang hidup antara tahun 1798-1875. Karens besarnya dan sulitnya menggunakan alat musik ini hanya sedikit orkestra yang menggunakannya. Sampai saat ini hanya 7 buah Octobass yang pernah diproduksi.

Subscribe to receive free email updates: