LINIKUIS - Iseng-Iseng Berhadiah Daripada Bengong di Commuter Line

LINIKUIS - Iseng-Iseng Berhadiah Daripada Bengong di Commuter Line

LINIKUIS - Iseng-Iseng Berhadiah Daripada Bengong di Commuter Line

Tahu rasanya bengong selama hampir 2 jam? Yah, para penumpang Commuter Line atau KRL Jabodetabek antara Bogor-Jakarta pasti tahu. Karena, hal tersebut harus mereka hadapi setiap hari dalam perjalanan untuk mencari nafkah.

Biasanya, di masa lalu, para komuter biasa membentuk kelompok agar mereka bisa setidaknya menghabiskan waktu di dalam kereta tanpa harus merasa bosan. Tetapi, sejak berubah menjadi CL atau Commuter Line, situasinya berubah dan semakin sedikit pengguna kereta komuter ini yang bepergian berkelompok.

Hasilnya, yah lumayan banyak juga orang yang bengong selama perjalanan yang memakan waktu hampir 120 menit itu.

Rupanya hal ini tertangkap oleh pengelola Commuter Line, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia). Bekerjasama dengan sebuah perusahaan periklanan mereka menghadirkan beberapa program yang ditayangkan di dalam rangkaian CL.

Benar-benar ditayangkan, layaknya sebuah acara televisi. Hal itu dimungkinkah dengan adanya layar LCD yang tergantung di langit-langit kereta.

Salah satu program yang rupanya cukup menarik minat adalah LINIKUIS.

Sesuai namanya, program ini berbentuk "KUIS" alias kami bertanya Anda menjawab. Di layar LCD itu akan ditayangkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa dijawab oleh para penumpang Commuter Line. Siapapun bisa ikut!

Sistemnya berupa kompetisi. Dalam sebulan akan diajukan berbagai pertanyaan dimana siapa yang menjawab benar akan diberikan poin 10. Peserta pertama yang menjawab dengan benar akan diberi tambahan 5 poin.

Selama sebulan, nilai yang dihasilkan dari jawaban-jawaban yang tepat akan diakumulasi dan kemudian peserta kuis dengan nilai akumulasi tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Ada hadiahnya? Ya, ada. Meski tidak besar, tetapi untuk setiap periode kuis tiap bulan, pemenang 1,2,3 akan diberikan hadiah. Hadiahnya bisa disediakan oleh penyedia kuis atau dari pihak sponsor.

Bagaimana para penumpang bisa ikut serta dalam LINIKUIS dan bagaimana cara menjawab pertanyaan yang diajukan? 

Tentunya tidak bisa dengan mengirimkan email atau menjawab ke petugas yah. Mereka sudah repot mengawasi dan memastikan penumpang tertib dan kenyamanan terjaga. Tentunya tidak ada waktu lagi untuk mengumpulkan jawaban kuis dari ribuan orang yang ikut serta.

LINIKUIS - Iseng-Iseng Berhadiah Daripada Bengong di Commuter Line

Untuk ikut serta dalam program LINIKUIS, penumpang Commuter Line yang berminat harus :

1. Memiliki smartphone

Mau tidak mau karena untuk menjadi peserta LINIKUIS ada satu aplikasi android yang harus didownload.

2. Menginstall Aplikasi LINIKUIS

Nama aplikasinya sesuai nama programnya LINIKUIS dan bisa diunduh di Playstore

Nah, setelah itu siapapun bisa ikut serta menjawab pertanyaan.

Selain dua syarat utama tadi, untuk bisa menjadi pemenang itu agak lebih sulit. Bukan sulit pertanyaannya karena kalau diperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan biasa saja. Pengetahuan umum atau yang berkaitan dengan pihak sponsor. Mudah dijawabnya.

Kesulitannya adalah :

Tidak semua rangkaian kereta Commuter Line diperlengkapi dengan layar LCD di langit-langitnya. Jadi, kalau beruntung, ya dapat kereta yang ada layar display di langit-langitnya, kalau tidak ya, hanya iklan saja yang tergantung.

Padahal, menjawab pertanyaan sebanyak mungkin adalah kunci dari memenangkan LINIKUIS. Cuma, karena hal ini, masih diperlukan tambahan nasib baik supaya setiap berangkat atau pulang kerja mendapatkan CL yang ada layar LCD-nya.

Tetapi, karena kebanyakan para penumpang tidaklah terlalu serius dalam hal ini. Program LINIKUIS ini ternyata cukup banyak peminatnya. Buktinya setiap bulan pasti ditayangkan nama-nama pemenangnya, yang berarti tetap saja ada pengguna Commuter Line yang ikut dalam acara kuis ini.

Lumayan sih sebenarnya kalau menang. Ongkos 1/2 bulan setidaknya bisa didapat. Tetapi, yang pasti, setidaknya ada kegiatan kecil yang lebih bermanfaat dibandingkan bengong atau mengkhayalkan yang bukan-bukan di dalam kereta, yaitu menunggu pertanyaan kuis nongol dan menjawabnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar