Mana Yang Lebih Bagus? Foto Hasil Kamera DSLR/Mirrorless atau Kamera Smartphone?

Mana Yang Lebih Bagus? Foto Hasil Kamera DSLR/Mirrorless atau Kamera Smartphone?

Mana Yang Lebih Bagus? Foto Hasil Kamera DSLR/Mirrorless atau Kamera Smartphone?
Jelas kamera DSLR/Mirrorless dong! Rasanya hampir bisa ditebak jawaban para netizen, terutama yang kurang memahami dunia fotografi kalau ditanyakan "Mana yang lebih bagus, foto hasil kamera DSLR / Mirrorless atau Kamera Smartphone?"

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan kunci mengapa semakin banyak orang yang mau mengeluarkan uang untuk membeli kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex atau Mirrorless. Alasan utamanya adalah karena kamera DSLR dianggap akan lebih mampu menghasilkan foto yang bagus dibandingkan dengan hanya sekedar menggunakan smartphone atau ponsel saja.

Banyak orang berpikir kalau dengan berbekal kamera yang dianggap lebih mumpuni, seperti DSLR atau Mirrorless, hasil foto mereka sudah pasti lebih bagus daripada kalau mereka hanya mengandalkan HP.

Kenyataannya, pandangan seperti ini salah! Tidak selamanya hasil foto kamera DSLR/Mirrorless selalu lebih bagus dibandingkan hasil yang dikeluarkan kamera smartphone. Tidak selalu dan tidak ada jaminan bahwa mengganti kamera smartphone dengan DSLR foto Anda bisa lebih mengundang perhatian.

Hal itu karena, sebenarnya untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus dan menarik, ada banyak sekali faktor yang harus diperhitungkan dan bukan sekedar masalah kamera saja. Hal-hal itu seperti :

1. Ide 


Sebuah foto yang baik biasanya berdasarkan sebuah ide yang jelas. Jadi seorang pemotret harus tahu fotonya itu akan menyampaikan ide apa kepada yang melihat

2. Komposisi Foto

Foto adalah sebuah "cerita" dalam bentuk visual. Jadi, seorang pemotret harus bisa menghadirkan "cerita" nya dalam bentuk paduan berbagai obyek dalam sebuah bidang 2 dimensi bernama foto.

Ia harus mampu membuat komposisi yang menarik dalam berbagai hal, seperti obyek, latar belakang, warna, dan banyak hal lainnya.

3. Teknik Memotret

Dimana harus meletakkan obyek utama, dimana obyek pelengkap, bagaimana menghilangkan obyek yang tidak perlu, dan banyak hal lainnya.

Meskipun seseorang membeli sebuah kamera DSLR berharga 100 juta rupiah dan lensa 1 milyar pun, kalau ia tidak menguasai teknik dasar memotret, sangat besar kemungkinan hasil fotonya akan kalah oleh orang lain yang tahu cara memotret, meskipun hanya memakai kamera ponsel saja

4. Kualitas lensa dan sensor

Kamera DSLR itu banyak jenisnya dan terdiri dari berbagai kategori, seperti pemula, menengah, dan pro. Fitur dan fasilitas yang berada di dalamnya tentu berbeda. Sebuah kamera DSLR kelas pemula biasanya akan memakai sensor dan lensa yang kualitasnya "biasa" saja.

Bandingkan dengan kamera pada iPhone yang bahkan ada yang memiliki aperture mencapai F2, yang artinya diafragma bisa dibuka selebar itu. Kamera seperti ini akan menghasilkan latar belakang blur yang keren sekali, dan hal itu akan sulit diimbangi oleh kamera DSLR kelas pemula.

Kalau ditambah dengan skill memotret yang mumpuni, tidak akan heran kalau pemotret dengan iPhone akan bisa membuat foto yang lebih bagus dibandingkan yang memakai DSLR

5. Editting Foto

Jangan lupa. Di masa sekarang jarang ada foto yang tidak melalui proses "post processing" atau "photo editting". Biasanya foto apapun yang keluar dari kamera digital akan diolah kembali di komputer dengan menggunakan software pengedit citra.

Semakin tinggi kemampuan seseorang mengolah foto di komputer, hasilnya juga bisa sangat mencengangkan. Tidak peduli foto aslinya keluar dari kamera smartphone sekalipun, di tangan seorang ahli Photoshop, hasil fotonya bisa sangat keren.


Foto helikopter di atas juga hasil kamera smartphone saja. Tidak memakai DSLR. Kebetulan saat memotretnya, baterai kamera DSLR habis, jadi yang dipergunakan adalah smartphone lawas dan sudah tua, Asus T00N saja.

Jadi, tidak benar sama sekali bahwa hasil foto kamera DSLR pasti lebih bagus daripada kamera smartphone. Tidak ada jaminan. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil, tetapi yang paling penting adalah pengetahuan Anda tentang cara memotret dan juga penguasaan pada kamera di tangan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar