Mengapa Kantung Kemasan Keripik Kentang atau Snack Berisi Udara Dan Terlihat Besar?

Mengapa Kantung Kemasan Keripik Kentang atau Snack Berisi Udara Dan Terlihat Besar?
Pernahkah Anda membeli keripik kentang atau snack dalam kemasan seperti Lays, Chitato, Cheetoz atau merk-merk lainnya? Pastilah pernah. Jenis kudapan seperti ini sangat populer, bukan hanya di kalangan anak-anak saja tetapi juga orang dewasa. Jadi, hampir pasti semua dari kita pernah membelinya.

Pernahkah Anda kemudian merasa kecewa ketika menemukan bahwa isi dalam sebuah kantung terlihat lebih sedikit kalau dibandingkan dengan kantung kemasan yang dipergunakan? Sisanya biasanya berisikan udara kosong, sedangkan jumlah makanan yang ada di dalamnya tidak terlalu banyak.

Kemudian Anda merasa dibohongi karena itu. Anda merasa bahwa Anda tidak mendapatkan sesuai dengan ukuran kantung kemasannya.

Sebelum Anda merasa demikian, lebih baik jauhkan pikiran buruk tersebut. Anda tidak dibohongi. Produsen makanan kecil dalam kemasan seperti itu, biasanya menepati janjinya karena kalau tidak mereka bisa dikenakan hukuman karena tidak memberi informasi yang benar.

Hanya saja, yang harus Anda cek dan buktikan bukanlah berdasarkan pada ukuran berapa besar kantung kemasannya. Yang harus diukur adalah apakah berat snack atau keripik kentangnya sesuai dengan ukuran yang tertera pada bagian luar kemasannya.

Jika tertulis isinya 250 gram, silakan timbang isinya. Jika tidak sesuai, barulah Anda boleh melaporkan kepada pihak yang berwenang. Tetapi, biasanya ukurannya kurang lebih akan sama.

Lalu, bagaimana dengan ukuran kantung kemasan keripik kentang atau snack tersebut? Kenapa dibuat lebih besar dari seharusnya?

Memang, masyarakat terbiasa untuk memilih alat untuk membawa sesuatu menyesuaikan dengan apa yang hendak dibawa. Jika hanya membawa 3 potong baju dan 3 potong celana, ransel saja sudah cukup dan tidak perlu koper besar.

Itu adalah kebiasaan standar.

Berbeda dengan industri makanan. Selain dari isi yang akan dijualnya, mereka juga harus memperhitungkan banyak hal lain yang berkaitan dengan agar keripiki atau kudapan yang dijual bisa sampai dalam bentuk utuh dan awet. Tentunya mereka sangat tidak mengharapkan keripik kentang yang dijanjikan berbentuk potongan bulat, tiba di tangan pembeli dalam bentuk remah-remah saja karena hancur saat pengangkutan. Hal ini akan membuat mereka buruk.

Tentu juga, mereka tidak ingin, snack yang dipromosikan akan renyah, ternyata sudah melempem dan tidak mengeluarkan suara kriuk-kriuk saat digigit.

Itulah alasan penggunaan kantung kemasan yang berukuran "kedodoran" dibandingkan isinya. Tujuannya adalah agar :

1. Tidak rusak/remuk saat perjalanan

Istilahnya "slack fill". Para produsen memberikan ruang kosong yang kemudian diisi dengan "gas" agar menjadi bantalan pelindung bagi isinya.

Dengan ada bagian kosong ini, diharapkan benturan atau tekanan yang terjadi di saat pengangkutan dari pabrik hingga ke tangan konsumen bisa diredam. Keripik kentang atau snack bisa tiba di tangan pelanggan secara utuh dan bukan remah-remah.

2. Mencegah Kelembaban

Kelembaban adalah musuh dari makanan kering, seperti keripik kentang atau snack seperti Cheetoz. Jika uap air ada di dalam kemasan, maka hal itu akan membuatnya melempem dan tidak renyah lagi.

Ruang kosong dalam kemasan keripik kentang atau snack ini sebenarnya tidak kosong, tetapi diisi dengan nitrogen. Bukan oksigen yang merupakan gas pembentuk uap air.

3. Memancing Pembeli

Jarang sekali orang sebelum membeli keripik kentang dalam kemasan memperhatikan berapa isi yang dijanjikan oleh produsen. Biasanya mereka melakukan pembelian berdasarkan apa yang terlihat mata.

Dan, dalam hal ini, kemasan yang berukuran besar efektif menarik minat pembeli. Kemasan yang berukuran lebih besar dari semestinya, membangkitkan asumsi bahwa isinya juga akan banyak dan hal ini pada akhirnya mendorong terjadinya pembelian.

Nah, itulah 3 alasan mengapa kantung kemasan keripik kentang atau snack berisi udara dan terlihat lebih besar dibandingkan isinya.

Jadi, telitilah sebelum membeli. Jangan hanya terpancing pada ukuran kemasannya.

Subscribe to receive free email updates: