Patung Budha Tidur Raksasa Ini Bukan Di Thailand Loh!

Patung Budha Tidur Raksasa Ini Bukan Di Thailand Loh!

Kalau mendengar kata "Patung Budha" kebanyakan orang akan langsung membayangkan Thailand atau Muangthai. Mau tidak mau karena negara Gajah Putih ini memang memiliki mayoritas penduduk beragama Budha dan hingga sekarang di Asia merupakan salah satu pusat dimana kebudayaan yang berlandaskan ajaran Sidharta Gautama itu berkembang. Patung Budha sudah biasa ditemukan disana dalam berbagai macam ukuran, dari yang kecil hingga yang raksasa.

Tetapi, Patung Budha Tidur Raksasa yang satu ini (seperti dalam foto) bukanlah berada di negara tersebut. Patung ini berada tidak jauh dari kota paling besar di Indonesia, Jakarta.

Patung ini berlokasi di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan Kota Hujan, Bogor. Tepatnya, berada di Vihara 8 Po Sat.

Patung ini disebut raksasa karena ukurannya memang besar sekali. Panjangnya mencapai 18 meter dan tingginya 5 meter. Patung ini diletakkan dalam ruangan yang luasnya mencapai 300-400 meter persegi.

Proses pembuatan patung Budha Tidur Raksasa di Parung ini memakan 3 tahun dan baru selesai tahun 2012. Dama proses pembuatannya, mereka yang terlibat di dalamnya melakukan ritual khusus, seperti puasa.

Patung Budha Tidur Raksasa Ini Bukan Di Thailand Loh!

Posisi Budha tidur sendiri diambil tidak secara sembarangan karena dalam riwayatnya, biasanya sang Budha akan mendapatkan pencerahan dalam posisi seperti ini.

Selain itu pada dada Budha terdapat lambang swastika. Banyak orang mungkin berpandangan bahwa ini dikaitkan dengan rezim Nazi di masa lalu, tetapi sebenarnya bukan. Lambang swastika sudah dipergunakan sebagai simbol dalam agama Budha sejak ribuan tahun yang lalu, jauh sebelum partai Nazi bentukan Hitler lahir.

Simbol swastika ini melambangkan kesejahteraan dan umur panjang.

Jadi kalau Anda mau melihat patung Budha Tidur Raksasa, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di dalam Indonesia saja paling tidak ada dua, yaitu satu di Mojokerto dan di Bogor ini.

Sumber : Patung Budha Tidur di Vihara 8 Po Sat

Subscribe to receive free email updates: