Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Namanya terlihat garang kalau dalam bahasa Inggris, Lion Fish atau Ikan Singa, tetapi sebenarnya ikan yang banyak hidup di lautan Hindia dan Pasifik ini memiliki nama yang justru terkesan lemah dalam bahasa Indonesia, Ikan Lepu Ayam. Sudah biasa nama sesuatu yang sama berbeda dari satu negara ke negara lain karena perbedaan budaya.

Ikan bernama latin Pterois ini kalau dilihat dari depan memang mirip dengan wajah singa yang memiliki surai. Hal itu dikarenakan banyak sirip yang kalau dikembangkan mirip sekali dengan singa jantan yang berambut gimbal.

Paling tidak telah ditemuan 12 spesies Pterois atau Ikan Singa di berbagai perairan dunia, yaitu :

  •     Pterois andover G. R. Allen & Erdmann, 2008 (Andover lionfish)
  •     Pterois antennata (Bloch, 1787) (Spot-fin lionfish)
  •     Pterois brevipectoralis (Mandritsa, 2002)
  •     Pterois cincta Rüppell, 1838 (Red Sea lionfish)
  •     Pterois lunulata Temminck & Schlegel, 1843 (Luna lionfish)
  •     Pterois miles (J. W. Bennett, 1828) (Devil firefish)
  •     Pterois mombasae (J. L. B. Smith, 1957) (Frill-fin turkeyfish)
  •     Pterois paucispinula Matsunuma & Motomura, 2014
  •     Pterois radiata G. Cuvier, 1829 (Clear-fin lionfish)
  •     Pterois russelii E. T. Bennett, 1831 (Soldier lionfish)
  •     Pterois sphex D. S. Jordan & Evermann, 1903 (Hawaiian turkeyfish)
  •     Pterois volitans (Linnaeus, 1758) (Red lionfish)

Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Selain dilautan, Ikan Singa ini banyak ditemukan di "akuarium". Maklum saja, warna-warna yang dimiliki ikan ini sangat menarik dan mengundang perhatian. Oleh karena itu, banyak sekali penggemar ikan memilihnya untuk mengisi akuarium mereka.

Belum ditambah dengan bentuknya yang unik dengan sirip-sirip yang mirip surai singa. Jadilah, pterois menjadi salah satu ikan favorit pilihan penggemar ikan hias.

Padahal, ikan ini lumayan "berbahaya" bagi manusia.

Iya, karena si Lionfish ini memiliki sirip bertulang yang mengandung racun. Kalau tertusuk dan menimbulkan luka pada manusia bisa menyebabkan mual, muntah-muntah, sakit kepala kalau tidak segera ditangani.

Racun-racunnya ini sebenarnya ditujukan untuk membuat dirinya tidak menjadi sasaran predator di laut sekaligus untuk melumpuhkan mangsanya.

Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Meskipun demikian, Ikan Singa sama juga dengan ikan buntal tetap bisa dimakan oleh manusia, dengan catatan harus diolah dengan benar. Kalau tidak, bisa berbahaya karena racunnya bisa membuat tekanan darah seekor kelinci turun dan membuatnya lumpuh.

Ikan Lepu Ayam termasuk ikan yang sangat invasif dan ganas. Salah satu spesiesnya, Pterois Volitans dijuluki sebagai "salah satu spesies paling invasif di dunia".

Hal itu terjadi karena mereka termasuk ikan yang rakus. Mereka akan menelan ikan-ikan yang lebih kecil, selain makan udang atau kepiting dan ditambah dengan kemampuan berkembang biaknya yang luar biasa (sekali bertelur 15.000 butir) , Ikan Singa bisa menjadi hama yang membahayakan spesies setempat.

Kasus penyebaran ikan Singa yang menunjukkan kemampuannya menyebar secara cepat terjadi di benua Amerika. Lion fish yang bukan merupakan spesies asli wilayah itu ternyata berkembang demikian pesat secara tidak sengaja ketika 6 ekor ikan terlepas dari sebuah akuarium akibat Badai Andrew di Florida, Pantai Timur Amerika Serikat pada tahun 1992.  Ikan-ikan ini kemudian berkembang biak dengan pesat dan menyebar ke bagian Selatan benua itu yang berperairan hangat.

Ikan Singa sekarang mudah ditemukan di perairan Karibia hingga Brazil. Dan, menimbulkan masaah ekologi di banyak tempat karena ikan pemangsa ini melahap banyak spesies ikan asli wilayah itu dan perkembangannya sulit dibatasi karena tidak memiliki predator alami.


Pterois , si Ikan Singa (Lion Fish) Yang Indah Tetapi Beracun

Cantik? Jelas. Menarik? Pasti. Tetapi, rupanya Lion Fish juga berbahaya kalau tidak ditangani dengan benar karena di Amerika Serikat sendiri pemeliharaan ikan jenis ini memerlukan bantuan dari ahli akuarium yang berpengalaman.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar