Pura Ulun Danu Bratan - Didedikasikan Untuk Dewi Air dan Syiwa

Pura Ulun Danu Bratan, Begudul - Didedikasikan Untuk Dewi Air dan Syiwa

Pura Ulun Danu adalah nama sebuah destinasi wisata yang kerap disebut sebagai tempat yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Dewata, Bali.

Memang wajar saja kalau pura ini selalu dimasukkan sebagai tempat yang idak boleh dilewatkan saat berjalan-jalan ke Bali karena pura ini bukan hanya terlihat indah dipandang, tetapi juga merupakan salah satu ciri khas budaya dan masyarakat di pulau itu.

Pura ini kerap juga disebut dengan candi air yang dibangun sebagai tempat untuk melakukan upacara persembahan kepada Dewi Air, Dewi Danu. Mengingat begitu besarnya peran "air" bagi masyarakat Bali, sebenarnya banyak sekali candi air yang di bangun di kawasan perairan pulau itu. Semua ditujukan untuk menghormati dan melakukan upacara persembahan.

Pura Ulun Danu sendiri kerap disebut juga dengan Pura Bratan. Hal ini disebabkan karena lokasinya terletak di Danau Bratan yang memegang peranan penting dalam sistem pengairan pertanian di Bali.

Pura Ulun Danu Bratan, Begudul - Didedikasikan Untuk Dewi Air dan Syiwa


Wajar juga kalau Pura Ulun Danu ini wajib dikunjungi mengingat sejarah panjangnya. Bangunan yang memiliki 11 "atap" ini dibangun hampir 4 abad yang lalu. Tepatnya di tahun 1633. Jadi, bisa dikata pura ini menunjukkan perwujudan sebuah budaya dan cara hidup masyarakat Bali yang sudah turun temurun. Sesuatu yang seharusnya tidak dilewatkan ketika berkunjung ke suatu tempat.

Kompleks Pura Ulun Danu sendiri sebenarnya tidak hanya terdiri dari satu pura saja, tetapi ada 5 buah pura dan 1 buah stupa.

  • Pura Penataran Agung 
  • Pura Dalem Purwa
  • Pura Taman Beji
  • Pura Lingga Petak (Pura Ulun Danu)
  • Pura Prajapati
  • Stupa Budha
Daam Pura Ulun Danu terdapat sebuah sumur yang dianggap menyimpan TIRTA ULUN DANU atau air suci Ulun Danu.

Di dalam Pura Ulun Danu ini terdapat beberapa peninggalan sejarah lain, seperti sarkofagus yang diperkirakan berasal dari aman Megalitikum atau sekitar 500 tahun Sebelum Masehi. Oleh karena itu diduga lokasi dimana kompleks pura ini berdiri sudah dipergunakan untuk melakukan ritual atau upacara sesembahan di masa itu.

Pura Ulun Danu Bratan - Didedikasikan Untuk Dewi Air dan Syiwa

Disebutkan pula Pura Ulun Danu adalah bentuk dedikasi kepada Dewa Syiwa dan istrinya, Panvathi.

Pernah kesini?

Subscribe to receive free email updates: