15 Fakta Menarik Tentang Flamingo

15 Fakta Menarik Tentang Flamingo

15 Fakta Menarik Tentang Flamingo

Flamingo adalah burung yang cukup terkenal. Bahkan, mereka yang belum pernah bertemu langsung dengan hewan yang satu ini,

Burung-burung rawa tropis ini memiliki kaki panjang dengan lutut yang melengkung ke belakang, leher panjang melengkung, dan yang paling mencolok, adalah tubuhnya yang berwarna merah jambu.

Ada cukup banyak fakta menarik tentang flamingo, seperti :

1. Ada enam spesies flamingo yang berbeda, tetapi karena satu dengan yang lain bedanya tipis sekali, untuk membedakannya dibutuhkan mata yang terlatih.

2. Burung yang langsing. Flamingo dewasa memiliki tinggi empat hingga lima kaki, tetapi beratnya hanya antara empat dan delapan pon. Kepadatan tubuhnya yang seperti ini memang sepertinya menyesuaikan dengan standar yang diperlukan untuk terbang.

3. Flamingo cenderung berkumpul di perairan yang berlumpur, seperti danau atau laguna, di mana mereka dapat menemukan mangsal. Kebiasaannya ini juga sebagai perlindungan dari pemangsa yang tentunya sulit untuk mengejar mereka di wlayah penuh air.

15 Fakta Menarik Tentang Flamingo


4. Flamingo makan dengan mengaduk lumpur dengan kaki mereka. Kemudian mereka meraih dan meraup lumpur dan air. Paruhnya dirancang untuk mencaplok hewan dari lumpur.

5. Flamingo Amerika (Phoenicopterus ruber) adalah satu-satunya spesies flamingo asli Amerika Utara, tetapi jarang terlihat di Amerika Serikat lagi. Species ini umumnya lebih berwarna cerah daripada flamingo Greater (Phoenicopterus roseus) yang menghuni pantai Afrika, Asia, dan Eropa selatan. Meskipun flamingo yang lebih besar adalah spesies yang paling banyak tersebar, yang paling banyak populasinya diantara 6 spesies adalah flamingo Lesser (Phoenicopterus minor).

6. Warna merah muda berasal dari beta-karoten di krustasea dan plankton yang dimakan flamingo. Flamingo kebun binatang akan berubah menjadi putih jika makanan mereka tidak dilengkapi dengan udang hidup atau makanan yang mengandung pigmen karotenoid.

7. Bulu-bulu di bawah sayap mereka (bulu terbang) berwarna hitam. Bulu-bulu ini hanya bisa dilihat  mereka ketika burung-burung itu terbang.

15 Fakta Menarik Tentang Flamingo


8. Flamingos hidup dalam kelompok hingga beberapa ratus burung. Mereka sering melakukan tarian kawin bersama-sama meski berbeda spesies. Namun, tarian kawinnya akan berbeda antara satu spesies dengan spesies lainnya.

9. Laki-laki dan perempuan dari pasangan kawin membangun sarang bersama, dan keduanya duduk di atas telur saat mengerami selama sekitar satu bulan.

10. Beberapa flamingo merasa lebih mudah untuk mencuri sarang yang sudah dibangun dan kerap mencuri sarang dari pasangan flamingo lainnya. Jadi setiap pasangan flamingo harus menjaga sarang dari flamingo lain serta pemangsa.

11. Ketika flamingo betina menetas, kedua orang tuanya bergantian memberi makan. Pertama dengan makanan bayi cair khusus yang mereka hasilkan di tenggorokan mereka yang disebut susu tanaman, kemudian dengan makanan flamingo reguler yang dimuntahkan saat usianya beranjak menjadi remaja.

12. Anak flamingo dilahirkan dengan bulu abu-abu dan putih. Mereka tidak berubah merah muda selama satu atau dua tahun. Paruhnya lurus, dan mulai melengkung saat mereka tumbuh dan dewasa.


15 Fakta Menarik Tentang Flamingo


13. Berbagai predator darat akan memakan flamingo dan telur mereka, tetapi karena sarang mereka dibangun di rawa atau dataran lumpur, predator paling umum untuk flamingo adalah burung lain.

14. Flamingos tidak terancam punah; mereka diklasifikasikan sebagai "tidak butuh perhatian" karena jumlah mereka cukup stabil.

15. Flamingo Plastik (Phoenicopterus plasticus) adalah ikon budaya Amerika yang diperkenalkan pada tahun 1957 oleh seniman Don Featherstone. Pada abad 21, mereka dianggap terancam. Berbagai  upaya sedang dilakukan untuk menghidupkan kembali bentuk seni, dan pada tahun 2009, Madison, Wisconsin, menamai pink plamingo plastik burung resmi kota.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar