Chichen Itza : Pramid Bukan Hanya Ada di Mesir

Chichen Itza : Pramid Bukan Hanya Ada di Mesir

Piramid adalah sebuah kata yang akan selalu membawa pikiran banyak orang langsung berkelana ke benua Afrika, tepatnya ke sebuah negara bernama Mesir. Memang bisa dimengerti karena negara itu terkenal dengan julukan negara 1000 piramid yang merupakan peninggalan dari kehidupan masa lampau negara dimana Terusan Suez berada.

Meskipun demikian sebenarnya piramid bukan hanya ada di Mesir. Banyak piramid juga didirikan di masa lampau baik sebagai tempat pemujaan atau tempat pemerintahan. Salah satu yang piramid di luar Mesir yang paling terkenal adalah Chichen Itza yang merupakan salah satu dari warisan budaya versi Unesco dan juga ditahbiskan sebagai salah sau keajaiban dunia oleh sebuah organisasi di Swiss.

Chichen Itza adalah sebuah "piramid" yang terletak di Semenanjung Yukatan, Negara Bagian Yucatan Meico.

Chichen Itza : Pramid Bukan Hanya Ada di Mesir


Penelitian arkeologi menunjukkan bahwa Chichen Itza dibangun belasan abad yang lalu. Awal pembangunannya diprediksi dimulai pada abad ke-7 Masehi dan selesai 3 abad kemudian di abad ke-10. Jauh sebelum kedatangan bangsa Spanyol ke Amerika.

Nama bangunan bersejarah ini berarti " Di Mulut Sumur Itza". Diperkirakan, nama itu merujuk pada lokasi dimana piramid bersejarah ini berada. Kawasan Semenanjung Yucatan merupakan daerah yang kering dan tandus, mirip padang pasir dan sumber air sangat berharga disana.

Chichen Itza : Pramid Bukan Hanya Ada di Mesir

Chichen Itza : Pramid Bukan Hanya Ada di Mesir

Pembangun dari Chichen Itza adalah Suku Maya, yang pada masa itu terkenal sebagai salah satu bangsa yang memiliki peradaban tinggi, sebelum ditaklukkan oleh bangsa Spanyol.

Pada masanya, Chichen Itza diperkirakan bukan dipergunakan untuk melakukan persembahan kepada dewa-dewa, tetapi lebih kepada pusat perpolitikan dan pemerintahan  selama hampir 300 tahun setelah selesainya. Penelitian sejarah menunjukkan bahwa piramid ini baru ditinggalkan sebagai pusat pemerintahan bangsa Maya pada tahun 1250.

Subscribe to receive free email updates: