Keuntungan Internet Banking Bagi Bank

Keuntungan Internet Banking Bagi Bank

Di zaman sekarang internet banking adalah salah satu produk yang gencar dipromosikan oleh bank manapun, baik dari dalam dan luar negeri. Para nasabah bank didorong untuk lebih aktif menggunakan metode ini bahkan oleh pihak banknya sendiri. Berbagai keuntungan internet banking bagi nasabah diiklankan oleh bank agar semakin banyak orang yang menggunakannya.

Lalu, sebenarnya mengapa pihak bank begitu gencar memikat nasabah untuk menggunakan internet banking? Apa keuntungan internet banking bagi sebuah bank?

Ternyata ada udang di balik batu.

Produk atau fitur perbankan ini bukan hanya memberikan kemudahan bagi nasabah, tetapi juga memberikan banyak keuntungan bagi sebuah bank.

Mengurangi Biaya Operasi Sebuah Bank

 Memang untuk membangun sistem internet banking dibutuhkan biaya yang lumayan besar, mulai dari server, kemudian software, dan menyewa tenaga ahli di bidang telekomunikasi. Tetapi, penggunaan internet banking pada akhirnya membuat biaya operasional sebuah bank berkurang.

Bayangkan saja, kalau tidak ada internet banking, sebuah cabang bank untuk 1000 orang nasabah harus menyediakan 20 teller atau kasir. Tentunya, tidak gratis. Ada gaji bulanan, tunjangan, bonus yang harus dibayarkan. Biaya operasionalnya besar.

Belum lagi harus membayar sewa gedung atau ruangan yang mahal. Semakin banyak pegawai yang dipekerjakan dan nasabah yang ada, ruang yang dibutuhkan semakin besar. Artinya biaya sewa ruangan pun semakin besar pula.

Bandingkan, kalau dari 1000 nasabah itu beralih ke internet banking. Mereka tidak perlu datang ke cabang bank terdekat, dan artinya jumlah kasir yang dipekerjakan akan berkurang pula. Gaji, tunjangan, dan bonus yang harus dibayarkan akan berkurang. Ditambah dengan biaya sewa gedung yang otomatis berkurang dengan jumlah pegawai yang lebih sedikit.

Penghematan biaya operasi adalah poin utama keuntungan internet banking bagi bagi.

Perputaran Uang Lebih Cepat

Penabung semakin banyak, uang yang terkumpul semakin besar pula. Cuma, masalahnya adalah uang itu akan membebani pihak bank kalau tidak bisa disalurkan dalam bentuk kredit. Kok bisa? Ya bisa karena uang nasabah akan dikenakan bunga, penabung berharap uang yang mereka simpan akan memberi penghasilan tambahan dalam bentuk bunga.

Siapa yang membayar? Pihak bank.

Dengan kehadiran internet banking, nasabah dipermudah untuk berbelanja dan menggunakan uang mereka. Dengan kata lain, pihak bank juga akan mendapat keuntungan karena uang tersebut tidak akan menumpuk terus dan membuat bunga yang dibayarkan semakin besar.

Penghasilan Dari Biaya Administrasi

Jangan salah juga bahwa kalau menggunakan internet banking nasabah tidak dikenakan biaya. Tetap ada beberapa biaya administrasi yang dikenakan setiap melakukan transfer misalnya.

Dan, hal ini tentu saja menguntungkan pihak bank. Mereka mendapat pemasukan dari "biaya administrasi" setiap transaksi dilakukan via internet banking. Jumlahnya bisa sangat besar sekali mengingat jutaan orang setiap harinya mempergunakannya/

Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Di zaman dulu, orang kalau mau transfer harus ke cabang sebuah bank terdekat.Artinya, kalau tidak ada cabang bank itu di sebuah tempat, maka nasabah akan malas datang. Kemampuan bank menjangkau pasar sangat terbatas, yaitu mereka-mereka yang berlokasi di dekat cabang sebuah bank saja.

Tidak begitu halnya di zaman sekarang. Ketika internet mudah sekali didapat, siapapun bisa melakukan transaksi perbankan, meski tidak ada cabang sebuah bank di daerahnya. Selama ada internet, maka mereka tetap bisa melakukan transaksi, layaknya berada di kantor sebuah bank.

Bank memiliki jangkauan dan pasar yang meluas dibandingkan sebelumnya.

Daya Tarik Untuk Nasabah

Mengingat sibuknya, dan semakin "malasnya" orang zaman sekarang, mereka menghendaki bank melayani mereka saat melakukan transaksi perbankan. Kalau perlu, mereka berharap pihak bank lah yang datang ke tempat mereka untuk mengurus keperluan mereka.

Kehadiran internet banking menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah karena mereka disediakan pelayanan dan kemudahan yang amat sangat. Tidak perlu pergi berpanas-panas ke kantor bank dan ikut dalam antrian. Cukup di meja kerja atau bahkan di tempat tidur sekalipun.

Ketersediaan internet banking sangat membantu bank dalam menarik lebih banyak nasabah bagi banknya.

Itulah beberapa keuntungan internet banking bagi bank. Tentunya masih ada banyak yang lain, yang kebanyakan tidak diungkap secara gamblang oleh pihak bank.

Subscribe to receive free email updates: