[TERNYATA] Betor (Becak Bermotor) Lampung Beda Dengan Saudaranya Di Medan

Betor atau Becak Bermotor adalah anma jenis kendaraan umum yang termasuk cukup populer di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di beberapa propinsi di pulau Sumatera. Dua diantaranya adalah Medan dan Lampung.

Di Jawa sendiri, memang ditemukan keberadaan betor di beberapa tempat, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak menjadi ciri khas kendaraan roda tiga sebuah kota atau daerah. Sifatnya lebih sporadis.

Berbeda dengan di Sumatera dimana becak bermotor merupakan andalan banyak warganya untuk bepergian dan bisa mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Bagi yang belum pernah bermain ke Medan atau Lampung, tentunya ketika kata betor atau becak bermotor disebutkan, yang terbayang biasanya bentuknya seperti yang di bawah ini.

[TERNYATA] Betor 9Becak Bermotor) Lampung Beda Dengan Saudaranya Di Medan
Sumber Foto :  Bpjsketenagakerjaan.go.id via Okezone
Bisa dimengerti karena bentuk betor medan seperti inilah yang tersebar kemana-mana.

Meskipun demikian, ternyata tidak semua betor bentuknya seperti itu, dimana pengemudi berada di sebelah kabin penumpang. Kabin penumpang hanya memiliki satu roda saja.

Di Lampung, dimana betor termasuk salah satu transportasi umum yang lumayan populer, selain becak biasa, bentuk becak bermotornya jelas berbeda. Pengemudi,  sama seperti becak biasa, tetap berada di belakang kabin penumpang.

Bedanya hanyalah, tidak ada pedal seperti sepeda untuk mengayuh. Yang ada adalah body dari sepeda motor lengkap dengan stang. Hanya badan motor itu digabungkan dengan tempat duduk penumpang becak.

Ini bentuknya.

[TERNYATA] Betor 9Becak Bermotor) Lampung Beda Dengan Saudaranya Di Medan
Betor atau becak bermotor Lampung
Beda kan.

Yang sama hanya satu, yaitu namanya saja, betor.

Pernah mencoba naik betor?

Subscribe to receive free email updates: